PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK KANCING GEMERINCING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENJUMLAHAN 1-10 PADA ANAK KELOMPOK A TKIT NUR HIDAYAH TAHUN AJARAN 2013/2014
Abstract
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan penjumlahan 1-10 melalui penerapan model pembelajaran kooperatif teknik kancing gemerincing pada anak kelompok A TKIT Nur Hidayah tahun ajaran 2013/2014. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah anak kelompok A TKIT Nur Hidayah yang berjumlah 13 anak dan satu orang guru. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes unjuk kerja dan dokumentasi. Validitas data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis diskriptif komparatif, analisis kritis, dan analisis interaktif. Hasil penelitian menujukkan bahwa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif teknik kancing gemerincing dapat meningkatkan kemampuan penjumlahan 1-10 pada anak kelompok A TKIT Nur Hidayah.
Kata Kunci: Kemampuan Penjumlahan, Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Kancing Gemerincing.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Isjoni. (2011). Pembelajaran Kooperatif Meningkatkan Kecerdasan Komunikasi Antara Peserta Didik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Majid, A. (2013). Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Rusman. (2012). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Supriadi, D. (2013). Matrik Menjadikan Matematika Lebih Mudah dan Menyenangkan. Bandung: Nuansa.
Susanto, A. (2011). Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Prenada Media Group.
Suprihatiningrum, Jamil. (2013). Strategi Pembelajaran Teori & Aplikasi. Jogkjakarta: AR-Ruzz Media.
Suprijono, A. (2012). Cooperative Learning Teori & Aplikasi Paikem. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Sugiyanto. (2009). Model-Model Pembelajaran Inovatif. Surakarta: Panitia Sertifikasi Guru Rayon 13Fkip UNS.
Saputra, Y. M. & Rudyanto. (2005). Pembelajaran Kooperatif untuk Meningkatkan Keterampilan Anak TK. Jakarta: Depdiknas.
Refbacks
- There are currently no refbacks.