PENERAPAN METODE DEMONSTRASI MELALUI KEGIATAN MEMBATIK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MOTORIK HALUS PADA ANAK KELOMPOK B TK BERINGIN, PURWOREJO TAHUN 2013/2014

Febriana Mutiara Puspitasari, Amir Amir, Ruli Hafidah

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan motorik halus dengan penerapan metode demonstrasi melalui kegiatan membatik pada anak kelompok B TK Beringin, Purworejo tahun 2013/2014. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dengan dua siklus, setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Subjek penelitian adalah anak kelompok B TK Beringin, Purworejo tahun 2013/2014 dengan jumlah 14 anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan keterampilan motorik halus dengan penerapan metode demonstrasi melalui kegiatan membatik dari prasiklus ke siklus I, dan ke siklus II. Persentase ketuntasan prasiklus sebesar 35,71%. Pada siklus I meningkat menjadi 57, 15% dan siklus II meningkat kembali menjadi 82,14%. Ketuntasan kecepatan, pada prasiklus sebesar 7,14%, siklus I 39,29%, sedangkan siklus II sebesar 82,15%. Ketuntasan pada ketepatan yaitu pada prasiklus sebesar 35,71%, siklus I sebesar 57,15%, siklus II sebesar 82,14%. Ketuntasan pada keterampilan menggerakkan tangan yaitu pada prasiklus sebesar 35,71%, siklus I sebesar 64,29%, sedangkan pada siklus II sebesar 82,14%.


Kata kunci: metode demonstrasi, membatik, keterampilan motorik halus

References

Decaprio, R. (2013). Aplikasi Teori Pembelajaran Motorik di Sekolah. Yogyakarta: DIVA Press.

Desmita. (2008). Psikologi Perkembangan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Hurlock, E. B. (1978). Perkembangan Anak. Terj. Tjandrasa, Meitasari dan Zarkasih, Muslichah. Jakarta: Erlangga.

Moeslichatoen, R. (2004). Metode Pengajaran di Taman Kanak-kanak. Jakarta: Rineka Cipta.

Nisa, D. Z.(2013). Mengembangkan Kreativitas Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Membatik di Taman Kanak-kanak Negeri Pembina Kota Pekalongan. Jurnal Nasional, 2 (1), 1-4. Diperoleh 18 Januari 2014, dari http://journal.unnes.ac.id/ sju/index.php/ijeces/search/titles.

Oparinde, S. S. (2012). Batik as a Cultural Identity of The Yoruba: Hand Colouring Techniques and Applications, Possibility of Adaptations. Journal of Arts, Science & Commerce, 3 (3), 31-41. Diperoleh 21 Januari 2014, dari http://www.researchersworld.com/vol3/issue2/vol3_issue2_3/Paper_ 04.pdf.

Rahayu, L. (2010). Fun Activities for Toddler. Solo: Indiparent.

Rizqiyah, N. (2012). Penerapan Metode Demonstrasi Mencetak untuk Meningkatkan Kemampuan Seni Anak Kelompok A di RA.M.NU.32 "Al-Hikmah" Cangkring Malang Beji – Pasuruan. Diperoleh 13 Desember 2013 dari http://library.um.ac.id/ptk/index.php?mod=detail&id=54079.

Samiasih, E. (2013). Penerapan Model Contextual Teaching and Learning Pada Bidang Pengembangan Motorik Halus Anak Kelompok B TK Al-Fajru Colomadu Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi Tidak Dipublikasikan, Universitas Sebelas Maret, Surakarta.

Sari, R. P. (2013). Keterampilan Membatik Untuk Anak. Surakarta: Arcita.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.