PENGARUH PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP NILAI KARAKTER ANAK DI RA SUDIRMAN KARANGMOJO, TASIKMADU, KARANGANYAR
Abstract
faktor. Salah satu faktor yaitu strategi pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui pengaruh penggunaan problem based learning nilai karakter anak di RA
Sudirman Karangmojo, Tasikmadu, Karanganyar. Penelitian ini merupakan penelitian
kuantitatif jenis pre-eksperimental design menggunakan within sample t-test. Populasi
penelitian adalah seluruh anak kelompok A2 RA Sudirman Karangmojo sebanyak 19 anak.
Sampel penelitian sebanyak 19 anak. Data penelitian didapat dengan menggunakan
observasi. Data tersebut dianalisis dengan menggunakan uji peringkat bertanda wilcoxon
menggunakan SPSS 15. Berdasarkan hasil analisis terhadap uji peringkat bertanda
wilcoxon diperoleh nilai p=0,001; α=0,05 karena nilai probabilitas < alpha, dengan
demikian maka H1 diterima dan H0 ditolak yang artinya terdapat pengaruh penggunaan
problem based learning terhadap nilai karakter anak khususnya kemandirian anak di RA
Sudirman Karangmojo, Tasikmadu, Karanganyar. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah
terdapat pengaruh kemandirian anak setelah diberikan problem based learning pada anak.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Fadlillah, M & Khorida, L, M. (2013). Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Yogyakarta:
Ar-Ruzz Media.
Fakhruddin, A, U. (2010). Sukses menjadi Guru TK-PAUD. Yogyakarta: Bening.
Hamruni. (2012). Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Insan Madani.
Herlina. (2013). Hubungan Pola Asuh Keluarga dengan Kemandirian Perawatan Diri Anak
Usia Sekolah di Kelurahan Cisalak Pasar Kecamatan Cimanggis Kota Depok.
Universitas Indonesia. Diperoleh 1 April 2014 dari
https://www.google.co.id/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=60&cad=rja
&uact=8&ved=0CFsQFjAJODI&url=http%3A%2F%2Flontar.ui.ac.id%2Ffile%3Ffil
e%3Ddigital%2F20334363-T32623-
Herlina.pdf&ei=pnw6U9WzMoeLrQe51oHABQ&usg=AFQjCNE9496q7S_0ifblywt
r7rOO6pl1Q&bvm=bv.63934634,d.bmk
Oda, Y & Mori, M. (2006). Current Challenges of Kindergarten (Yochien) Education in
Japan: Toward Balancing Children’s Autonomy and Teachers’ Intention. Childhood
Education, 82 (6), 369-373. Diperoleh 4 Maret 2014 dari http://eresources.
pnri.go.id:2056/docview/210391090/fulltextPDF/7E95E8A08E644C7PQ/9?
accountid=25704
Ramli, M. (2005). Pendampingan Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen
Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Direktorat Pembinaan
Pendidikan Tenaga Kependidikan dan Ketenagaan Perguruan Tinggi.
Rusmono. (2012). Strategi Pembelajaran dengan Problem Based Learning itu Perlu. Jakarta:
Ghalia Indonesia.
Sari, L, P. (2012). Hubungan Urutan Kelahiran Anak dalam Keluarga Terhadap Tingkat
Kemandirian Anak di TK Sentosa Bhakti Kecamatan Baturaja Timur Tahun 2012.
Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Darul Ma’arif Al-Insan. Diperoleh 1 April 2014 dari
https://plus.google.com/112034788187039480691/posts/Gm2vmp5hwFC
Seifert, K, A, H. (2008). The Impact of a Metacognitive Reflection Component in a Problem-
Based Learning. Office of Graduate Studies of Texas A&M University. Diperoleh 4
Maret 2014 dari http://eresources.
pnri.go.id:2056/docview/304348880/fulltextPDF/B81641D9D8304405PQ/1
?accountid=25704
Solikhati, S. Upaya Meningkatkan Kemandirian Anak Menggunakan Pembelajaran Metode
Dramatisasi di TK Sunan Gunungjati. Diperoleh 19 Maret 2014 dari
http://eprints.uny.ac.id/6464/1/Siti%20Solikhati.pdf
Suseno, D, D & Irdawati. Hubungan Antara Pola Asuh Orang Tua Dengan Kemandirian
Anak Usia Prasekolah di TK Aisyiyah Mendungan Sukoharjo. Diperoleh 19 Maret
dari
https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=10&cad=rja
&uact=8&ved=0CG4QFjAJ&url=http%3A%2F%2Fportalgaruda.org%2Fdownload_a
rticle.php%3Farticle%3D66332%26val%3D4798&ei=ujIpU7GvComyrgeI1YH4Dw
&usg=AFQjCNEQ0Hkv1xJ4sTH84IREuWmmBKVStg&bvm=bv.62922401,d.bmk
Suyadi. (2013). Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Refbacks
- There are currently no refbacks.