Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Bamboo Dance Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Pada Anak Kelompok A Tk Islam Bakti Ix Kerten Surakarta Tahun Pelajaran 2013/2014

Ernawati Ernawati, Anayanti Rahmawati

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara pada anakkelompok A Tk Islam Bakti Ix Kerten Surakarta Tahun Pelajaran 2013/2014. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok A yang berjumlah 19 anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai ketuntasan keterampilan berbicara anak mengalami peningkatan setiap siklusnya. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif teknik bamboo dance dapat meningkatkan keterampilan berbicara pada anak kelompok A Tk Islam Bakti Ix Kerten Surakarta tahun pelajaran 2013/2014.
Kata kunci : keterampilan berbicara, pembelajaran kooperatif, teknik bamboo dance

References

Anita L. (2002). Cooperative Learning Memperaktikkanv Cooperative Learning di Ruang-ruang Kelas. Jakarta : PT. Grasindo

Hurlock E. 1978. Jilid I. Pisikologi Perkembangan.Jakarta : Erlanga

Isjoni. (2012) Pembelajaran Kooperatif Meningkatkan Kecerdasan Komunikasi Antara Peserta Didik. Yogyakarta : Pustaka Pelajar

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional (Permendiknas) Nomor 58 Tahun 2009 Tingkat Pencapaian Perkembangan (TPP).

Rusman. (2012). Model-model Pembelajaran Mengebangkan Profesional Guru. Jakarta : PT. Raja Grapindo Persada.

Saputra, Y.M & Rudyanto. (2005). Pembelajaran Kooperatif Untuk Meningkatkan Keterampilan Anak TK. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional.

Sunarto & Hartono, A. (2008). Perkembangan Peserta Didik. Jakarta : PT. Rineka Cipta

Suprijono A. (2012). Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yohyakarta : Pustaka Pelajar.

Tarigan H.G,. (2008). Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung : Percetakan Angkasa

Trianto. (2007). Model–model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Kontruktivistik. Jakarta : Prestasi Pustaka Publisher

Refbacks

  • There are currently no refbacks.