PENINGKATAN KEMAMPUAN BERHITUNG MELALUI METODE BERMAIN KERETA ANGKA PADA ANAK KELOMPOK B TK MERPATI POS KECAMATAN LAWEYAN TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Nining Zarqiah, Jenny IS Poerwanti, Anayanti Rahmawati

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berhitung melalui metode bermain kereta angka pada anak kelompok B TK Merpati Pos Kecamatan Laweyan tahun pelajaran 2013-2014. Penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian adalah anak kelompok B berjumlah 15 anak. Analisis data yang digunakan adalah teknik analisis interaktif Milles dan Huberman kegiatan pokok analisis meliputi reduksi data, penarikan kesimpulan atau verivikasi. Hasilnya menunjukkan melalui metode bermain kereta angka mengalami peningkatan kemampuan berhitung pada anak kelompok B TK Merpati Pos Kecamatan Laweyan tahun pelajaran 2013/2014.
Kata kunci : kemampuan berhitung, metode bermain kereta angka

References

Adiningsih, U.N. (2008). Permainan Kreatif Asah Kecerdasan Logis Matematis. Bandung: Karya Kita

Adityasari, A. (2013). Main Matematika Yuk! Cara Mudah dan Menyenangkan Mengajarkan Dasar-dasar Matematika pada Balita. Jakarta: Gramedia

Chaplin. 1997. Pengertian Kemampuan. Diunduh tanggal 14 Januari 2014 dari http: http://ian43.wordpress.com/2010/12/23/pengertian-kemampuan/

Depdiknas. (2007). Pedoman Pembelajaran Permainan Berhitung Permulaan di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Depdiknas

Djamarah. S.B. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta

Hurlock, B. (2005). Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga

Rasyid, Harun, Mansyur dan Suratno. (2012). Asesmen Perkembangan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Gama Media

Suwandi, S. (2010). Model Asesmen dalam Pembelajaran. Surakarta: Yuma Pustaka

Suprihartiningrum, J. (2013). Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: ArRuzz Media.

Triharso, A. 2013. Permainan Kreatif dan Edukatif untuk Anak Usia Dini.

Yogyakarta: Andi Offset

Refbacks

  • There are currently no refbacks.