Peningkatan Pemahaman Huruf Hijaiyah Melalui Permainan Kartu Huruf Pada Anak Kelompok B TK Aisyiyah Bustanul Athfal (ABA) Bulurejo Juwiring Klaten Tahun Ajaran 2013-2014

Indah Widiyastuti Ningrum, Usada Usada, Anayanti Rahmawati

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman huruf hijaiyah dengan menggunakan permainan kartu huruf pada anak kelompok B TK ABA Bulurejo Juwiring Klaten Tahun Ajaran 2013-2014. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan di TK Aisyiyah Bustanul Athfal (ABA) Bulurejo Juwiring KLaten pada bulan Januari-Juni 2014 dengan subjek penelitian sebanyak 25 anak kelompok B2. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif komparatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan dalam setiap siklusnya. Pada pra siklus terdapat skor rata-rata 58,7 atau 28% atau 7 anak yang mencapai kriteria nilai tuntas, siklus I terdapat skor rata-rata 64,3 atau 48% atau 12 anak, siklus II terdapat skor rata-rata 74,6 atau 64% atau 16 anak, dan siklus III terdapat skor rata-rata 79,84 atau 80% atau 20 anak yang mencapai kriteria nilai tuntas.
Kata kunci: pemahaman huruf hijaiyah, permainan, kartu huruf

References

Ahmad, A & Sholeh, M. (2005). Psikologi Perkembangan. Jakarta: Rineka Cipta

Fathul, M & Nailur, R. (2013). Permainan Edukatif Pendukung Pembelajaran Bahasa Arab (2). Jogjakarta: Diva Press

Hurlock, E.B. (2005). Perkembangan Anak. Jakarta: PT. Gelora Aksara Pratama

Ismail, A. (2006). Education Games. Yogyakarta : Pilar Media

Istiyaningsih. (2011). Upaya Meningkatkan Kemampuan Menghafal Huruf Hijaiyah Melalui Metode Reading Aloud Di Kelas I MI Gubug Cepogo Boyolali Tahun Pelajaran 2010/2011. Diperoleh 13 Agustus 2013, dari http://www.ijfm.org/PDFs_IJFM/29_2_PDFs/IJFM_29_2-Decker&Injiiru.pdf

Rifa, I. (2012). Koleksi Games Edukatif Di Dalam Dan Luar Sekolah. Jogjakarta: Flashbooks

Sirojuddin, D. (2000). Seni Kaligrafi Islam. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Suwaid, M. N. H. (2012). Prophertic Parenting Cara Nabi Mendidik Anak. Yogyakarta: Pro-U Media

Suwandi, S. (2008). Modul Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Dan Penelitian Karya Tulis Ilmiah. Surakarta: Panitia Sertifikasi Guru Rayon 13 Surakarta

Waluyandari. (2011). Pemanfaatan media flashcard hijaiyah dengan pendekatan beyond centers and circle time (BCCT) untuk meningkatkan kemampuan menghafal huruf hijaiyah pada kelompok bermain play group di Paud Aisiyah Trenggalek. Diperoleh 13 Agustus 2013, dari http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jmtp/article/view/1573/baca-artikel

Refbacks

  • There are currently no refbacks.