Efek Model Pembelajaran Kontekstual Berbasis Lingkungan Terhadap Pengenalan Warna Pada Anak

Refina Sita, Muhammad Shaifuddin, Warananingtyas Palupi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efek model pembelajaran kontekstual berbasis lingkungan terhadap pengenalan warna pada anak. Metode penelitian yang digunakan adalah true eksperiment dengan desain Pretest-Posttest Kontrol Group Design. Populasi penelitian ini adalah 96 anak kelompok A dari 5 TK di gugus Melon Surakarta, dengan sampel sejumlah 65 anak. 42 anak sebagai kelompok eksperimen dan kontrol, sedangkan 23 anak sebagai kelompok uji coba instrument. Teknik pengambilan sampel yang digunakan cluster random sampling. Validitas instrumen menggunakan construct validity. Metode pengumpulan data dengan tes, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan t-test dengan SPSS 17 for windows. Hasil penelitian ini adalah model pembelajaran kontekstual berbasis lingkungan berpengaruh terhadap pengenalan warna pada anak.
Kata Kunci: anak-anak, kontekstual berbasis lingkungan, pengenalan warna.

References

Gafrani & Mulyanratna. (2013). Penerapan Pembelajaran Kontekstual Berbasis Lingkungan Dengan Keterampilan Proses Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI pada Materi Fluida Statis di SMA Negeri 2 Tanggul – Jember. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika, 2 (3), 44-49

GECI, M. (2010). Categorical generalization of basic colors by children. Journal for Research in Studia Psichologica, 52 (4), 301-307.

Johnson, E.B. (2002). Contextual Teaching & Learning. California: Corwin Press.

Kasmiati. (2013). Meningkatkan Kemampuan Anak Mengenal Warna Melalui Eksperimen Di Kelompok A TK Pertiwi Palu. Jurnal Ilmu Pendidikan, A 450 08 010, 248-255.

Mastija & Widajati. (2012). Peningkatan Kemampuan Pengenalan Warna Melalui Permainan Edukatif Dengan Styrofoam Pada Anak Usia Dini Kelompok A di TK Islam Al Fajar. Jurnal Penelitian Anak Usia Dini. 11(1), 12-30.

Musfiroh, T. (2005). Bermain Sambil Belajar Dan Mengasah Kecerdasan. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Nugraha, A. (2008). Pengembangan Pembelajaran Sains Pada Anak Usia Dini. Bandung: Jilsi Foundation

Soemarjadi. (1993). Pendidikan Keterampilan. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Suwarti, Markhamah, & Sabardila, A. (2011). Upaya Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Berita Siswa Kelas VIII pada SMP Negeri 1 Bringin Melalui Model Pembelajaran Kontekstual Berbasis Lingkungan. Jurnal Penelitian Humaniora, 12 (1), 74-90.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.