Upaya Peningkatan Kemampuan Berhitung Melalui Pendekatan Matematika Realistik Pada Anak Kelompok B TK 01 Ngepungsari Tahun Ajaran 2013/2014

Sari Rahmawati, Suharno Suharno, Warananingtyas Palupi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berhitung pada anak kelompok B TK 01 Ngepungsari Jatipuro Karanganyar Tahun Ajaran 2013/2014 melalui pendekatan matematika realistik. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan selama dua siklus. Setiap siklus terdiri dari 3 pertemuan dengan empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitiannya adalah anak kelompok B TK 01 Ngepungsari Jatipuro Karanganyar tahun ajaran 2013/2014. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, penilaian kinerja (unjuk kerja), wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis model interaktif yang terdiri dari tiga komponen analisis, yaitu reduksi data, sajian data, dan penarika kesimpulan atau verifikasi. Penggunaan pendekatan matematika realistik dapat meningkatkan kemampuan berhitung pada anak kelompok B TK 01 Ngepungsari Jatipuro Karanganyar tahun ajaran 2013/2014. Persentase ketuntasan belajar anak dengan kriteria ketuntasan 2,33 pada kondisi awal sebelum dilaksanakan tindakan sebesar 37,5%, pada siklus I mengalami kenaikan menjadi 62,5%, dan pada siklus II mengalami kenaikan lagi menjadi 81,25%. Simpulan penelitian ini adalah penggunaan pendekatan matematika realistik meningkatkan kemampuan berhitung anak kelompok B TK 01 Ngepungsari tahun ajaran 2013/2014.
Kata kunci: kemampuan berhitung, pendekatan matematika realistik

References

Aisyah, N., Hawa, S., Somakim, Purwoko, Hartono, Y., Masrinawatie, A. S. (2007). Pengembangan Pembelajaran Matematika SD. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Cruikshank, D. E., Fitzgerald, D. L., & Jensen, L. R. (1980). Young Children Learning Mathemathics. Boston: Allyn and Bacon, Inc.

Marks, J. L., Hiat, A. A., & Neufeld, E. M. (1985). Metode Pengajaran Matematika Untuk Sekolah Dasar. Terj Bambang Sumantri. Jakarta: Erlangga.

Panhuizen, M. V. D. H. (2003). The Didactical Use Of Models In Realistic Mathemathics Education: An Example From a Longitudinal Trajectory On Percentage. Educational Studies In Mathemathics, 54: 9-35. Diperoleh 12 Februari 2014, dari http://web.a.ebscohost.com.

Povey, H. (2013). Real Maths= Real Maths: Sometimes, Always, Never True. Journal of the Association of Teacher of Mathematics, 237: 14-19. Diperoleh 12 Februari 2014, dari http://web.a.ebscohost.com

Simanjuntak, L., Manurung, P., & Matutina, D. C. (1993). Metode Mengajar Matematika. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Supinah & Agus, D. W. (2009). Strategi Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Susanto, A. (2011). Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.

Wijaya, A. (2012). Pendidikan Matematika Realistik. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.