PENERAPAN METODE PROYEK UNTUK MENINGKATKAN SIKAP TANGGUNG JAWAB PADA ANAK KELOMPOK A TKIT NUR HIDAYAH SURAKARTA TAHUN AJARAN 2013/2014

Siti Arbiah, Endang Sri Markamah, Warananingtyas Palupi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan sikap tanggung jawab anak dan mendeskripsikan hasil penerapan metode proyek pada anak kelompok A di TKIT Nur Hidayah Surakarta Tahun Ajaran 2013/2014. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam tiga siklus dan setiap siklus merupakan perbaikan yang didasarkan atas hasil refleksi dari siklus sebelumnya. Setiap siklus meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasilnya menunjukkan bahwa penerapan metode proyek dapat meningkatkan sikap tanggung jawab anak kelompok A TKIT Nur Hidayah Surakarta tahun ajaran 2013/2014.
Kata kunci: metode proyek, sikap tanggung jawab anak

References

Andrian, B.A. (2011). Manusia dan Tanggung Jawab. Di peroleh 9 Januari 2014. http://baguspemudaindonesia.blogdetik.com/2011/04/20/manusia-dan-tanggung-jawab/.

Asmawati, S. (2013). Peningkatan Kemampuan Kognitif Anak Melalui Penerapan Metode Proyek. Diperoleh 24 Januari 2014, dari http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/KSDP/article/view/25550.

Depertemen Pendidikan Nasional. 2004. Kurikulum 2004 Taman Kanak-Kanak Dan Raudhatul Athfal. Jakarta: Depertemen Pendidikan Nasional.

Djamarah, S.B. (2005). Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.

Lickona, T. (2012). Mendidik untuk Membentuk Karakter. Bagaimana Sekolah dapat Memberikan Pendidikan tentang Sikap Hormat dan Bertanggung Jawab. Jakarta: Bumi Aksara.

Mahmud. (2010). Psikologi Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.

Masitoh, Setiasih, O & Djoehaeni, H. (2005). Pendekatan Belajar Aktif di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Depdiknas.

Syamsuddin, E. (2012). Pedoman Pendidikan Karakter pada Anak Usia Dini. Jakarta: Direkturat Pembinaan PAUD.

Yusuf, S. & Nurihsan, A.J. (2006). Landasan Bimbingan dan Konseling. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.