PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK KANCING GEMERINCING UNTUK MENINGKATKAN KONSENTRASI ANAK KELOMPOK B TK ISLAM PERMATA HATI JAJAR LAWEYAN SURAKARTA TAHUN AJARAN 2013/2014

Indah Rukmana Sari, Amir Amir, Yudianto Sujana

Abstract

Tujuan penelitian ini Untuk meningkatkan konsentrasi anak setelah dilakukan tindakan dengan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Kancing Gemerincing pada anak kelompok B pada TK Islam Permata Hati Tahun Ajaran 2013/2014. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian adalah anak kelompok B dengan jumlah 24 anak. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus dan yang terdiri dari dua kali pertemuan. Hasil penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan metode observasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan setelah penerapan teknik Kancing Gemerincing pada konsentrasi anak pada siklus I mencapai 79,7% dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 91,6%.
Kata-kata kunci: konsentrasi, kooperatif, Kancing Gemerincing

References

Arikunto, S, Suhardjono & Supardi.( 2012). Penelitian Tindakan Kelas.Jakarta: PT Bumi Aksara.

Daud (2010). Tujuan Konsentrasi. Diproleh 25 maret 2013 http://www.konsistensi.com/2013/01/teori-konsentrasi-belajar.html

Isnawati, N. (2009) konsentari belajar siswa Jakarta: prestasi pustaka

Jubaedah,S. (2010) dengan mengadakan penelitiannya yang berjudul Upaya Meningkatkan motivasi belajar anak TK melalui model pembealajaran kooperatif teknik kancing gemerincing di TK Al – Amin kecamatan parongpong kabupaten bandung Barat). Tahun pelajaran 2009/2010.

Lie, N. (2008). Cooperative Learning Mempraktekan Cooperative Learning Di Ruang – Ruang Kelas. Jakarta : PT Gramedia Widiasarana Indonesia.

Majid, (2013). Strategi Pembelajaran . Bandung : PT REMAJA ROSDAKARYA.

Mukhtar. (2013). Metode Praktis Penelitian Deskriptip Kualitatif . Jakarta :Referensi

( GP Press Group ).

Ningsih, S. (2012). Berjudul Penerapan Model Pembelajaran Audia Visual untuk Meningkatkan Konsentrasi anak TK di TK Al – Amin kecamatan parongpong kabupaten bandung Barat). Tahun pelajaran 2009/2010.. Skripsi Tidak Dipublikasikan, Universitas Sebelas Maret, Surakarta.

Sugiyanto. (2009) . Model – Model Pembelajaran Inovatif Riadi, Muchlisin Model Pembelajaran Lingkaran dalam dan Luar Inside-outside circle (IOC) Surakarta: Panitia Sertifikasi Guru Rayon 13 FKIP UNS Surakarta.

Undang –Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional

Refbacks

  • There are currently no refbacks.