Pengaruh Science Activities terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Anak

Roihanah Hardiyani, Yudianto Sujana, karsono karsono

Abstract

Abstrak

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh science activities terhadap kemampuan berpikir kreatif anak. Metode penelitian yang digunakan adalah true eksperimen dengan desain between-subject design (two experiment control group design). Sampel penelitian adalah 42 anak usia 5-6 tahun dari TK di gugus Srikaya Surakarta. Metode pengumpulan data dengan skala berpikir kreatif, tes, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan t-test dengan SPSS 17 for windows. Hasil penelitian ini adalah science activities berpengruh terhadap kemampuan berpikir kreatif anak.

References

Abruscato, J. (1996). Teaching Children Science a Discovery Approach. United State of America: A Simon & Schuster Company.

Aflalo, M., & Offir, B., (2010). Activation of Community Television and its Influence on Students Creative Thinking Level. Jurnal of psychology, 2010(1), 65-79.

Al-Khayat, M.M., (2012). The Level of Creative Thinking and Metacognitive Thinking Skills of Intermediate School in Jordan: Survey Study. Canadian Sosial Science, 8(4), 52-61.

Arnyana, I.G.P.(2007). Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Inovatif pada Pelajaran Biologi terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMA. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran. 2007(3), 670-683.

Chronopoulou, E., Riga. V. (2012). The Contribution of Music and Movement Activities to Creative Thinking in Pre-School Children. Helenic Open University, 3(2), 196-240.

Dogru, M., Seker. F. (2012). The Effect of Science Activities on Concept Acquisition of Age 5-6 Children Groups. Educational Consultancy and Research Center. Akdemiz University. 3011-3024.

Mokarom, A.K., Al-Shabatat, A.M., Fong, F.S., Abdallah, A.A., (2011). Enchancing Creative Thinking through Designing Electronoic Slides. Canadian Center of Science and Education, 4(1), 39-43.

Munandar, U. (2004). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.

Nugraha, A. (2005). Pengembangan Pembelajaran Sains pada Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Szabiova, E., (2006). The Five Personality Dimensions in Relation to Creative Thinking of Andolescents. Studia Psycologica. 48(3), 241-249.

Wonorahardjo, S. (2010). Dasar-dasar Sains Menciptakan Masyarakat Sadar Sains. Jakarta: PT. Indeks.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.