PENERAPAN METODE EKSPERIMEN MELALUI PENGENALAN SAINS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF PADA ANAK KELOMPOK B TK MANDIRI GONDANG SRAGEN TAHUN AJARAN 2013/ 2014

Dwi Puji Hastuti, Siti Wahyuningsih, Idam Ragil Atmojo

Abstract

Abstrak

 

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan kognitif dengan penerapan metode eksperimen melalui pengenalan sains pada anak kelompok B di TK Mandiri Tahun Ajaran 2013/2014. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dengan dus siklus, setiap siklus terdiri dari pertemuan. Subjek penelitian adalah anak kelompok B TK Mandiri Gondang Sragen yang berjumlah 22 anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan kemampuan kognitif dengan penerapan metode eksperimen melalui pengenalan sains dari prasiklus ke siklus I, dan ke siklus II. Persentase ketuntasan prasiklus sebesar 36%. Pada siklus I meningkat menjadi 64% dan siklus II meningkat kembali menjadi 82%.

References

Atmojo, I. R. W. (2013). Pendidikan IPA dan Gizi untuk Anak Usia Dini. Surakarta: UNS Press.

Djamarah, S. B dan Zain, A. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Departemen Pendidikan Nasional. (2007). Pedoman Bidang Pengembangan Kognitif di Taman Kanak-kanak. Jakarta.

Jannah. A. N. (2012). Peningkatan Kemampuan Berpikir dalam Pengenalan Sains melalui Model Quantum Teaching Anak Kelompok A TK Islam Al Falah Baturetno. Skripsi Tidak Dipublikasikan, Universitas Sebelas Maret, Surakarta.

Musbikin, I. (2010). Buku Pintar PAUD. Jogjakarta: Laksana.

Ozturk, Y. E & Feyza, T. E. (2011). Early Childhood Teachers’ Views About Science Teaching Practices. Western Anatolia Journal of Educational Science. (http://web.deu.edu.tr/baed/giris/baed/ozel_sayi/161-168.pdf, diakses pada tanggal 17 Januari 2014).

Santrock, John W. (2007). Perkembangan Anak. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Solichah. (2014). Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Dengan Metode Eksperimen melalui Permainan Sains Kelompok B TK Hang Tuah 10 Sidoarjo. Hasil Penelitian Universitas Negeri Surabaya Tahun 2014.

Suliati. (2010). Penerapan Permainan Magnet untuk meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Kelompok B di TK Qurrota A’yun III Malang. Kumpulan Abstrak Hasil Penelitian Universitas Negeri Malang Tahun 2010. UPT Perpustakaan UM.

Trimulyati. (2011). Penerapan Metode Eksperimen untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Kelompok B TK PKK 7 Plinggisan Kraton Pasuruan. Kumpulan Abstrak Hasil Penelitian Universitas Negeri Malang Tahun 2011. UPT Perpustakaan UM.

Wahyuni, C. A. (2012). Penerapan Metode Eksperimen Pencampuran Warna dengan Media Ampas Kelapa untuk Meningkatkan Kognitif Anak Kelompok A di TK Satu Atap SDN C Angkring Malang 3 Beji- Pasuruan. Kumpulan Abstrak Hasil Penelitian Universitas Negeri Malang Tahun 2012. UPT Perpustakaan UM.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.