MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP POLA MELALUI MEDIA REALIA PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN

Ahma Nur Aisyah, siti wahyuningsih, novita eka nurjanah

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal konsep pola melalui media realia. Jenis penelitian ini adalah penelitian tidakan kelas dilaksanakan selama dua siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah anak usia 4-5 tahun dengan jumlah 12 anak yang terdiri dari 7 perempuan dan 5 laki-laki. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis kuantitatif deskriptif komparatif dan analisis kualitatif model interaktif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa melalui media realia, anak dapat menemukan pola ABC-ABC, melanjutkan pola AABB-AABB, meniru pola ABB-ABB, dan menyalin pola ABBB-ABBB. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat peningkatan pada kemampuan mengenal konsep pola melalui media realia, yaitu persentase ketuntasan pada pratindakan sebesar 41,67%, peningkatan kemampuan mengenal konsep pola pada siklus I sebesar 58,33 ditandai dengan anak yang sudah memperhatikan guru dan menyelesaikan tugas dengan media realia. Peningkatan pada siklus II sebesar 83,33%, anak dengan mudah menemukan benda yang hilang pada pola ABC-ABC. Kesimpulan dari penelitian ini adalah melalui media realia dapat meningkatkan kemampuan mengenal konsep pola pada anak usia 4-5 tahun. 

 

Kata kunci: Konsep pola, media realia, anak usia 4-5 tahun

 

ABSTRACT

This study aimed to improve the ability to recognize the concept of patterns through real life materials. This type of research is classroom action research carried out for two cycles. Subjects in this study were children aged 4-5 years with a total of 12 children consisting of 7 girls and 5 boys. Data collection techniques in this study used observation, interviews, tests, and documentation. Data analysis in this study uses comparative descriptive quantitative analysis and interactive model qualitative analysis. The results of this study indicate that through real life materials, children can find ABC-ABC patterns, continue AABB-AABB patterns, imitate ABB-ABB patterns, and copy ABBB-ABBB patterns. The results of this study indicate there is an increase in the ability to recognize the concept of patterns through real life materials, namely the percentage of completeness in pre-action by 41.67%, an increase in the ability to recognize the concept of the pattern in the first cycle of 58.33 marked by children who have paid attention to the teacher and completed the task with the real life materials. Increased in the second cycle of 83.33%, children easily find missing object in the ABC-ABC pattern. The conclusion of this study is that through real life materials can improve the ability to recognize the concept of patterns in children aged 4-5 years.

 

Keywords: Concept of pattern, real life materials, early chilhood

 

Full Text:

PDF

References

Asyhar, R. (2012). Kreatif mengembangkan media pembelajaran. Jakarta: Referansi Jakarta.

Bachtiar, M. Y. (2016). Meningkatkan kreativitas anak usia dini melalui metode cerita bergambar (studi kasus pada anak TK Tunas Harapan di Bulukumba). Jurnal Publikasi Pendidikan. 6(1).

Beaty, J.J. (2013). Observasi perkembangan anak usia dini: PT Fajar Interpratama Mandiri. Jakarta.

Bujak, K. R., Radu, I., Catrambone, R., MacIntyre, B., Zheng, R., & Golubski, G. (2013). A psychological perspective on augmented reality in the mathematics classroom. Computers & Education, 68.536- 544.

Collin, M. A., & Laski, E.V. (2015). Preschoolers’ strategies for solving visual pattern tasks. Early Chilhood Research Quarterly, 32, 204-214.

Fyfe, E. R., Evans, J. L., Matz, L. E., Hunt, K. M., & Alibali, M. W. (2017). Relation between patterning skill and differing aspects of early mathematics knowledge. Cognitive Development, 44, 1–11.

Fyfe, E. R, McNeil, N. M, Son Ji Y. & Goldstone, R. L. (2014). Concreteness fading in mathematics and science instruction: a systematic review, Educational Psychology Review, 26, 9-25.

Jannah, L. A. (2013). Kesalahan- kesalahan guru Paud yang dianggap sepele. Yogyakarta: DIVA Press.

Jhonson, B. R., Zippert, E. L., & Boice, K. L. (2019). The roles of patterning and spatial skills in early mathematics development. Early Childhood Research Quarterly. 46, 166-178.

Mills, G. E. (2011) Action Research: A guide for the teacher researcher (edisi ke empat). London: Printice-Hall International (UK) Limited.

Munadi, Y. (2013). Media pembelajaran, sebuah pendekatan baru. Jakarta: Gaun Persada Press.

Partini. (2010). Pengantar pendidikan anak usia dini. Yogyakarta: Grafindo Litera Media.

Permendikbud No. 137, (2014). Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Sanjaya, W. (2014). Media dan komunikasi pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sanaky, A. H. (2009). Media pembelajaran. Yogyakarta: Safiria Insania Press.

Seefeldt, C & Wasik, B.A. (2008). Pendidikan anak usia dini. Jakarta: PT Indeks.

Sudarna. (2014). Pendidikan anak usia dini berkarakter. Yogyakarta: Genius.

Uno, B H. 2009. Model pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Wibawa, B & Mukti, F. (2001) Media pengajaran. Bandung: CV MAULANA.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.