PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBICARA MELALUI ROLE PLAY PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN

Citra Fitriyani, Siti Kamsiyati, Adriani Rahma Pudyaningtyas

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbicara melalui metode role play.  Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dilaksanakan selama tiga siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah anak usia 5-6 tahun dengan jumlah 32 anak yang terdiri dari 16 anak perempuan dan 16 anak laki-laki. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan unjuk kerja, observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik uji validitas data yang digunakan adalah triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian tindakan kelas ini menunjukkan bahwa melalui metode role play, anak dapat menyusun kalimat sederhana dalam struktur lengkap, mampu berkomunikasi secara lisan, dan menjawab pertanyaan yang lebih kompleks. Hasil keseluruhan peningkatan persentase setelah diterapkan metode role play, pada siklus I diperoleh ketuntantasan sebesar 40,62%. Peningkatan persentase pada siklus II sebesar 56,62%, dan pada siklus III sebesar 78,12%. Berdasarkan uraian tersebut maka dapat ditarik kesimpulan bahwa melalui metode role play dapat meningkatkan kemampuan berbicara pada anak usia 5-6 tahun.

Kata kunci: Kemampuan berbicara, metode role play, anak usia dini

 

ABSTRACT
This research aimed to improve speaking ability through role play methods. This type research is Classroom Action Research (CAR), were conducted in three cycles. The subject in this research were 32 children consisted of 16 girls and 16 boys. The technique of data collection in this research used by work performance, observation, interviews, and documentation. Analyzed test the validity of the data used is a triangulation of sources and triangulation techniques. Research result show that class actions through role play methods, children can compose simple sentences in a complete structure, be able to verbal communicate, and answer more questions complex. The overall result show increase in the percentage after applied role play methods, in the first cycle acquired 40.62%. The percentage increase in the second cycle was 56.62%, and the third cycle by 78.12%. Based on the descriptions can be drawn the conclusion that through role play methods could increase the speaking ability children aged 5-6 year.

Keywords: Speaking ability, role play methods, early childhood

Full Text:

PDF

References

Abidin, Y. (2012). Pembelajaran bahasa berbasis Pendidikan Karakter. Bandung: PT Refika Aditama.

Aulina, C.N. (2015). Pengaruh bermain peran terhadap kemampuan sosial anak usia dini. Jurnal Pedagogia. 4 (1), 59-69.

Bleses, D., dkk. (2018). An educator-

administered measure of

language development in young children. Infant Behavior and Development, 52, 104-113.

Joyce, B., Weil, M., & Calhoun, E. (2015). Models of teaching. Englewood Cliffs, New Jersey: Prentice Hall, Inc.

Madyawati, L. (2016). Strategi pengembangan bahasa pada anak. Jakarta: Prenadamedia Group.

Martani, W. & Alfiyah, S. (2015). Validasi modul bermain peran “aku sayang kawan” untuk meningkatkan pengetahuan perilaku prososial pada anak usia dini. Journal of Professional Psychology. 1 (2), 120-137.

Meacham, S., dkk. (2014). Preschool teachers’ questioning in sociodramatic play. Early Childhood Research Quarterly. 29, 562-573.

Mursid. (2017). Pengembangan pembelajaran PAUD. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset.

Ngalimun & Alfulaila, N. (2014). Pembelajaran keterampilan berbahasa indonesia. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Rusman. (2017). Belajar & pembelajaran: berorientasi standar proses pendidikan. Jakarta: Kencana.

Sanjaya, W. (2013). Perencanaan dan desain sistem pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Seefeldt, C. & Wasik, B. (2008). Pendidikan anak usia dini. Jakarta: PT. Indeks.

Soetjiningsih. (2014). Tumbuh kembang anak. Jakarta: Penerbit Buku Kedokteran EGC.

Sugito & Saleh, S.M. (2015). Implementasi metode bermain peran untuk meningkatkan kecerdasan interpersonal anak usia 5-6 Tahun di TK barunawati. Jurnal Pendidikan dan Permberdayaan Masyarakat. 2 (1), 85-93.

Tahmores, A. (2011). Role of play in social skills and intelligence of children. Procedia - Social and Behavioral Sciences 30, 2272 – 2279

Tarigan, H.G. (2013). Berbicara sebagai suatu keterampilan berbahasa. Bandung: CV. Angkasa.

Uno, H. (2012). Model pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Zaini, H., Munthe, B., Aryani, S.A. (2008). Strategi pembelajaran aktif. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.