IMPLEMENTASI PERMAINAN TRADISIONAL DALAM KETERAMPILAN SOSIAL ANAK USIA 5-6 TAHUN
Abstract
Keterampilan sosial merupakan kemampuan anak untuk berinteraksi, bekerja sama, berkomunikasi, mematuhi aturan, dan menyelesaikan konflik dalam konteks sosial. Permainan tradisional seperti makkaddaro dan asing-asing memberi kesempatan bagi anak untuk bermain dalam kelompok, sehingga dapat menstimulasi keterampilan sosial mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi permainan tradisional dalam pengembangan keterampilan sosial anak usia 5–6 tahun di salah satu TK di Kota Makassar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Subjek penelitian meliputi pendidik, 18 anak usia 5–6 tahun, dan orang tua. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, kemudian dianalisis melalui proses pengumpulan data, reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data diuji menggunakan triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi permainan tradisional makkaddaro dan asing-asing dilakukan dengan baik melalui pendekatan tematik. Kegiatan ini mendorong anak untuk berpartisipasi aktif, berinteraksi, dan beradaptasi dengan teman sebaya. Selain itu, permainan tradisional juga meningkatkan kepercayaan diri, menumbuhkan kerja sama, serta merangsang imajinasi dan kemampuan berpikir anak dalam konteks sosial.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Bili, D. L. (2023). Keterlibatan orang tua dalam perkembangan sosial emosional anak usia dini. International Journal of Cross Knowledge, 1(2), 302–313.
Buadanani, & Eliza, D. (2022). Perencanaan pembelajaran berbasis permainan tradisional sebagai implementasi literasi budaya pada anak usia dini. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 5(1).
Heryanto, D. A. P., Mulyadi, S., & Sianturi, R. (2024). Permainan gobak sodor sebagai media perkembangan keterampilan sosial anak usia 5–6 tahun. JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education), 7(2), 305–311. https://doi.org/10.31537/jecie.v7i2.1307
Jaoza, S. N., & Kanda, S. A. S. (2024). Pentingnya pendidikan anak usia dini bagi tumbuh kembang anak. GLORY (Global Leadership Organizational Research in Management), 2(2), 1–9.
Kristina, M., & Sari, R. N. (2021). Pengaruh edukasi stimulasi terhadap perkembangan kognitif anak usia dini. JDER Journal of Dehasen Education Review, 2(1), 1–5. http://jurnal.unived.ac.id
Lestariningsih, D., Cahyani, B. H., & Nisa, A. F. (2024). Penerapan permainan tradisional bakiak dan gobak sodor untuk menstimulus keterampilan sosial siswa. Jurnal PERSEDA, 7(1), 85–96.
Lien, J. (2024). Pengaruh game online dalam perkembangan sosial dan kognitif anak: Pendekatan teori Vygotsky. Proceedings of the 8th ACIECE Conference, 27–31. http://confereance.uin-suka.ac.id/index.php/aciece
Musi, M. A., & Hikrawati. (2020). Antropobiologi Anak Usia Dini (1st ed.). Kencana.
Okta, B., Novia, R., & Listiana, A. (2023). Peran pendidik anak usia dini berdasarkan kajian teori belajar sosial kognitif Albert Bandura. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3).
Prala, H. W., Rahma, & Munar, A. (2024). Peran guru pendidikan anak usia dini dalam menumbuhkembangkan perilaku prososial. Jurnal Cerlang Pendidikan Anak Usia Dini (JCPAUD), 1(2). https://doi.org/10.37640/jcpaud.v1i02
Rahmatunnisa, S., & Halimah, S. (2018). Upaya meningkatkan kecerdasan naturalis anak usia 4–5 tahun melalui bermain pasir. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 67–82.
Salaysa, C. (2023). Implementasi Permainan Tradisional terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini di KB Islam Al Azhar Al Mustaqim Karanganyar. Skripsi Sarjana, UIN Raden Mas Said Surakarta.
Sit, M., & Rakhmawati, F. (2022). Integrasi Permainan Tradisional dalam Pendidikan STEAM Untuk Anak Usia Dini (1st ed.). Merdeka Kreasi Group.
Waruwu, M. (2023). Pendekatan penelitian pendidikan: Metode penelitian kualitatif, metode penelitian kuantitatif dan metode penelitian kombinasi (mixed method). Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 2896–2910.
Witara, K., Gunawan, G. D., Maisaroh, S., Jannah, M., Junizar, Ifadah, E., Riyadi, S., Husnita, L., Hamdanah, & Asriningsih, T. M. (2023). Metodologi Penelitian Bidang Pendidikan (E. Rianty, Ed.; 1st ed.). Green Pustaka Indonesia.
Yogman, M., Garner, A., Hutchinson, J., Hirsh-Pasek, K., Golinkoff, R. M., Committee on Psychosocial Aspects of Child and Family Health, & Council on Communications and Media. (2018). The power of play: A pediatric role in enhancing development in young children. Pediatrics, 142(3).
Refbacks
- There are currently no refbacks.