PENGARUH PERMAINAN BINGO TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI AWAL ANAK USIA DINI

Filayuliana Filayuliana, Syamsuardi Syamsuardi, Hajerah Hajerah

Abstract

Rendahnya kemampuan literasi awal anak usia dini menjadi tantangan penting dalam pendidikan, khususnya di tingkat Taman Kanak-Kanak. Literasi awal yang meliputi pengenalan huruf, kosakata, dan simbol bahasa merupakan dasar bagi kesiapan anak memasuki tahap membaca dan menulis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh permainan bingo terhadap peningkatan literasi awal anak. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain quasi experiment, melibatkan dua kelompok: eksperimen dan kontrol, masing-masing terdiri dari sembilan anak usia 5–6 tahun yang dipilih secara purposif. Kelompok eksperimen mendapat perlakuan menggunakan permainan bingo, sedangkan kelompok kontrol menggunakan metode konvensional. Instrumen yang digunakan berupa tes literasi awal, dan data dianalisis menggunakan statistik deskriptif serta uji Wilcoxon Signed Rank Test. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan pada kelompok eksperimen, dengan rata-rata skor meningkat dari 12,11 menjadi 21,22. Uji Wilcoxon menunjukkan nilai signifikansi 0,007, menandakan adanya pengaruh positif permainan bingo terhadap literasi awal. Penelitian ini merekomendasikan permainan bingo sebagai media pembelajaran yang efektif dalam mendukung pendekatan Kurikulum Merdeka dan perkembangan literasi anak secara menyenangkan dan bermakna.

Keywords

early childhood; early literacy; bingo game

Full Text:

PDF

References

Aisyah, S., and M. Musa. 2023. “Strategi Guru Dalam Pengembangan LiterasiAwal Anak Usia Dini.” Journal of Educational Research 2(1):115–134. doi: 10.56436/jer.v2i1.218.

Amal, Azizah, Muhammad Akil Musi, and Hajerah. 2019. “PengaruhReggio Emilia Approach DalamBermainPerandanBereritaterhadapKemampuanBahasa Anak.” Golden Age: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 3(1). doi: 10.29313/ga.v3i1.4831.

Amalia, H. 2024. “Pengaruh Bermain Puzzle Geometri Terhadap Kemampuan Mengenal Bentuk Anak Usia 5-6 Tahun Di RA DDI Kanang.” in JurusanPendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan.Universitas Negeri Makassar.

Aulinda, I F. 2020. “Menanamkan Budaya Literasi Pada Anak Usia Dini Di Era Digital.” Tematik 6(2):88–93. doi: 10.26858/tematik.v6i2.15550.

Aulinda, Imanda Fikri. 2020. “Menanamkan Budaya Literasi Pada Anak Usia Dini Di Era Digital.” P. 88 in TEMATIK; jurnal pemikiran dan penelitian pendidikananak usia dini 6,no. Vol. 2.

Dewi, Y. A. S. 2019. “Peningkatan Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini Melalui Metode Membaca Pada Permainankartu Kata.” SELING: Jurnal Program Studi PGRA 5(2):208–216. doi: 10.29062/seling.v5i2.452.

Fahmi, Khairul, Susilawati N, and Rahmullaily. 2021. “Menumbuhkembangkan Budaya Literasi Anak Asuh Panti Asuhan Al Hidayah Kota Padang Melalui Pendampingan Dengan Menggunakan Pendekatan Pedagogi.”

Fajriyah, Lathifatul. 2018. “Pengembangan Literasi Emergen Pada Anak Usia Dini.”

Hajerah, H., S. Syamsuardi, and H. Herman. 2018. “Pembuatan Media Pembelajarandengan Menggunakanbahanbekas Pada Guru TK di Kabupaten Maros.”

Herman, H., and R. Rusmayadi. 2018. “Pengaruh Metode Proyek Terhadap Kemampuankognitifanakdikelompokb2TKaisyiyahmaccinitengah. PEMBELAJAR: Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan.” Dan Pembelajaran 2(1):35–43 10 26858 2 1 5430.

Hulukati, Z., and S. E. Yunitasari. 2024. “Pemanfaatan Media Kartu Bergambar Dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Numerasi Anak Usia Dini.” JIIP- Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan 7(3):2831–2841 10 54371 7 3 3701.

Marwiyati, S., and M. A. Hidayatulloh. 2018. “Peran" Cakruk Baca Bergerak” Dalam Pengembangan Literasi Anak Usia Dini.” AWLADY: JurnalPendidikan Anak 4(2):61–77.

Mustikaati, W., H. Fajrussalam, and A. Sanny. 2021. “Efektivitas Pelaksanaan Literasi Finansial Untuk Anak Di Lingkungan Keluarga Pada Masa Pandemi Covid-19.” Jurnal Al-Qiyam 2(2):149–155 10 33648 2 2 160.

Nasution, D. N., and A. Simare-Mare. 2019. “Pengaruh Permainan Bingo Kata Terhadap Kemampuan Membaca Anak Usia 5-6 Tahun Kelompok B RAAl-Qur’an Kota Padang Sidimpuan TA 2018/2019.” Jurnal Usia Dini E- ISSN 2502:7239. doi: 10.24114/jud.v5i1.14619.

Pratiwi, A., and E. N. K. Asyarotin. 2019. “Implementasi Literasi Budaya Dan Kewargaan Sebagai Solusi Disinformasi Pada Generasi Millennial DiIndonesia.” Jurnal Kajian Informasi & Perpustakaan 7(1):65–80 10 24198 7 1 20066.

Priadana, M. Sidi., and D. S. 2021. Metode Penelitian Kuantitatif. Pascal Books.

Purnomosari, E., I. Indrawati, and S. Pirunika. 2022. “Penerapan Literasi Pada Anakusia5-6tahunsebagaiupayapersiapanmasukkejenjang SD/MI.” Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 6(4):3381–3390. doi: 10.31004/obsesi.v6i4.2348.

Qomariyah, S. S. A., and I. M. P. Utama. 2020. “Bingo Games in Students’ Vocabulary and Reading Comprehension.” EnJourMe (English Journal of Merdeka): Culture, Language, and Teaching of English 5(2):170–177. doi: 10.26905/enjourme.v5i2.5056.

Safitri, M. M., and S. Marlina. 2020. “Efektivitas Permainan Bingo Dalam Menstimulasi Kemampuan Konsep Bilangan Anak.” Jurnal Pendidikan Tambusai 4(2):1361–1373 10 31004 4 2 602.

Saodi, S., and H. Hajerah. 2018. “Penggunaan Model Pembelajaran Pada Taman Kanak-Kanak Kota Makassar.” Jurnal CARE (Children Advisory Research and Education 5(2):1–7.

Saodi, S., H. Hajerah, and N. A. Amri. 2019. “Pengembangan Media Pop-UpBook Pada Guru Taman Kanak-Kanak Di Kecamatan Tanralili Kabupaten Maros ProvinsiSulawesiSelatan.” Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini 3(2):149–157 10 19109 3 2 4566.

Saodi, S., M. A. Musi, A. Manggau, and N. Noviani. 2022. “Metode Storytelling Dengan Musik Instrumental Untuk Meningkatkan Kemampuan Menyimak Dan Berbicara Anak.” Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini,6(1:163– 172. doi: 10.31004/obsesi.v6i1.1196.

Syafni, S. 2020. “Pengaruh Permainan Bingo Dalam Kemampuan Memahami Bahasa Pada Anak Usia 4-5 Tahun Di Kelurahan Kampung Jawa 1 Kota Pariaman.” P. ,9 2 ,1–10 in SPEKTRUM: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah.

Vygotsky. 1978. Mind in Society: The Development of Higher Psychological Processes. Harvard University.

Widianto, E. 2015. “Peran Orangtua Dalam Meningkatkan Pendidikan Karakter Anak Usia Dini Dalam Keluarga.” Jurnal PG-PAUD Trunojoyo: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini 2(1):31–39. doi: 10.21107/pgpaudtrunojoyo.v2i1.1817.

Widyastuti, A. 2018. “Analisis Tahapan Perkembangan Membaca Dan Stimulasi Untuk Meningkatkan Literasi Anak Usia 5-6 Tahun.” Jurnal 31(DOI):10 20961 21 1 15540.

Zunaidah, and Rokhmah. 2023. “Supervisionof SupervisorsinImprovingthe PerformanceofProfessionalTeachersRaudhatulAthfalinJayapura City.” Journal of Quality Assurance in Islamic Education JQAIE),3(2:80– 92. doi: 10.47945/jqaie.v3i2.1195.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.