ACTIVITY BOOK 2P FUN MATH DALAM MENINGKATKAN KONSEP PENGUKURAN DAN PERBANDINGAN ANAK

Rossalia Amanda, Usep Kustiawan, Rosyi Damayani Twinsari Maningtyas

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan kurangnya pemahaman anak usia 5–6 tahun terhadap materi konsep pengukuran dan perbandingan. Tujuan pada penelitian ini yaitu untuk menghasilkan activity book 2P fun math untuk meningkatkan pemahaman konsep pengukuran dan perbandingan pada anak usia 5–6 tahun serta mengetahui tingkat kelayakan produk media activity book 2P fun math yang dikembangkan. Penelitian ini menggunakan metode R & D atau research and development dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis Design Development Implementation and Evaluation). Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dokumentasi, angket dan tes. Hasil dari penelitian dan pengembangan media activity book 2P fun math menunjukkan kategori sangat layak diujicobakan dengan memperoleh persentase kelayakan dari para validator ahli yaitu ahli materi sebesar 91%, ahli media sebesar 88% dan ahli praktisi sebesar 94%. Pada saat uji coba activity book 2P fun math hasil post-test yang dikerjakan anak setelah mengerjakan activity book 2P fun math rata-rata memperoleh kategori nilai sangat bagus. Sehingga dapat disimpulkan bahwa anak dapat meningkatkan pemahaman konsep pengukuran dan perbandingan dengan menggunakan activity book 2P fun math.

Keywords

activity book; konsep pengukuran; konsep perbandingan; anak usia dini

Full Text:

PDF

References

Arikunto, S. (2013). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Argarini, D. F. & Wahyuhidayat, I. P. (2024). Pengembangan media monopoli berbahan loosepart untuk meningkatkan kemampuan logika matematika. Prismatika: Jurnal Pendidikan dan Riset Matematika, 6(2), 444–459. https://doi.org/10.33503/prismatika.v6i2.4034.

Fitri, A. W. & Amelia, D. (2024). Pengaruh model self directed learning terhadap kemampuan mengenal ukuran pada anak usia 4-5 tahun di TK Tunas Bhakti PGRI Sidomulyo. Jurnal Edusiana: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 62–75.

Guslinda & Kurnia, R. (2018). Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Surabaya: Jakad Media Publishing.

Istiqomah, N. (2021). Konsep dasar teori perkembangan kognitif pada anak usia dini menurut jean piaget. Jurnal Khazanah Pendidikan, 15(2), 151–158. https://doi.org/10.30595/jkp.v15i2.10974.

Janah, S. (2021). Implementation of rewards to increase early childhood learning motivation. Journal International Conference of Humanities and Social Science 2(1), 836–839.

Kofan, P. A. P., Utami, B. S., & Pratiwi, P. (2024). Perancangan buku aktivitas interaktif sebagai media edukasi dalam meningkatkan kepercayaan diri pada anak usia 4-6 tahun. Jurnal Pendidikan Indonesia, 5(12), 1751–1769.

Krisdiana, Iriyanto, T., & Astuti, W. (2021). Pengembangan media pembelajaran smart book untuk menunjang aktivitas belajar anak usia 5–6 tahun. Seling: Jurnal Program Studi PGRA, 7, 123–141.

Kurnia, M, D., Arfiyanti, R., & M. (2021). Desain activity book dalam pembelajaran menulis kalimat sederhana pada siswa tunarungu SLB Beringin Bhakti. Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus, 5:127–134.

Kustiawan, U., Rahman, A., Cholila, I. L., Zakaria, M. Z., Rahmalia, A. N., Sogen, A. G. J., Khairunnisa, S., & W. (2024). Pemanfaatan media pembelajaran puzzle terhadap pengetahuan keanekaragaman nusantara siswa kelas 4 SD Laboratorium UM. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 09:663–675. doi: https://doi.org/10.23969/jp.v9i04.20253.

Nurjannah, H, A. &, & Fitrianingtyas, A. (2025). Peningkatkan kemampuan berpikir kritis melalui kegiatan eksperimen sains anak usia 5–6 tahun. Jurnal Kumara Cendekia, 13(2), 164–172. https://doi.org/10.20961/kc.v13i2.99917.

Riawan, M, R, I., Sukamto, S. Subekti, E, E. (2020). Keefektifan media pembelajaran buku aktivitas peta si pintar dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Jurnal Penelitian dan Pengkajian Ilmu Pendidikan, 4(2), 95–104. https://doi.org/10.36312/e-saintika.v4i2.193.

Rizki, E., Oktariana, R., & Hayati, F. (2021). Pengembangan permainan busy book untuk stimulasi kemampuan mengenal konsep bilangan anak usia 5–6 tahun TK Save The Kids Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 2(1).

Rupindah, R., & Suryana, D. (2022). Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Jurnal PAUD Agapedia, 6(1), 49–58.

Rusdi. (2018). Penelitian Desain dan Pengembangan Kependidikan. Depok: RajaGrafindo Persada.

Sa’ida, N., Kurniawati, T., & W. (2017). Problem based learning sebagai upaya pengenalan konsep pengukuran pada anak usia dini. PEDAGOGI: Jurnal Anak Usia Dini dan Pendidikan Anak Usia Dini, 3. https://doi.org/10.30651/pedagogi.v3i3c.1076.

Shiddiq, K. H., Palupi, W., & Dewi, N. K. (2021). Measurement ability profile for children aged 4-6 years. Early Childhood Education and Development Journal, 3(1), 33–46.

Sudaryono. (2019). Metodologi Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, dan Mix Method Edisi Kedua. Depok: Rajagrafindo Persada

Sufa, F. F., Gunardi, Akhyar, M., & Yusuf, M. (2022). Mengenalkan Konsep Matematika Melalui Bermain Imajinasi pada Anak Usia Dini. Surakarta: Unisri Press.

Toala, D. S., Mansoer, Z., & Mappapoleonro, A. M. (2020). Upaya meningkatkan kemampuan mengenal konsep ukuran (perbandingan lebih dari-kurang dari) melalui media manipulatif. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara II, 1, 91–98.

Utoyo, S. (2017). Metode Pengembangan Matematika Anak Usia Dini. Gorontalo: Ideas Publishing.

Vega, N. (2024). Analisis peran visual media cetak dalam meningkatkan minat konsumsi sayuran pada anak. Jurnal Penelitian Mahasiswa Desain, 4(1), 100–111.

Wahyuningsih, S., Suswantoro, E., & Subagia, A. (2016). Model Pengenalan Matematika melalui Permainan Kreatif Anak Usia 5–6 Tahun. Jakarta: Pusat Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.