AKTIVITAS PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN SALT PAINTING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK

Destri Natasya, Evia Darmawani, Fatma Rizki Intan

Abstract

Kemampuan motorik halus merupakan aspek penting dalam perkembangan anak usia dini, memengaruhi kesiapan mereka dalam berbagai aktivitas, termasuk menulis dan menggambar. Karena banyak anak masih mengalami kesulitan dalam mengembangkan kemampuan ini, diperlukan metode pembelajaran kreatif seperti salt painting yang menggabungkan aktivitas sensori dan motorik. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur pengaruh aktivitas pembelajaran menggunakan media salt painting terhadap peningkatan kemampuan motorik halus anak kelompok B di salah satu taman kanak-kanak di Palembang. Metode yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan desain eksperimen one-group pretest-posttest. Subjek penelitian terdiri dari 23 anak yang diberikan perlakuan selama enam kali pertemuan. Data dikumpulkan melalui observasi dan dokumentasi, serta dianalisis menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis dengan paired sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai pre-test adalah 20,65 dan rata-rata nilai post-test meningkat menjadi 38,82. Uji hipotesis menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000, yang berarti terdapat pengaruh signifikan dari penggunaan media salt painting terhadap peningkatan kemampuan motorik halus anak. Penelitian ini menyimpulkan bahwa aktivitas pembelajaran menggunakan media salt painting efektif dalam meningkatkan kemampuan motorik halus anak usia dini.

Keywords

Salt Painting; Kemampuan Motorik Halus; Anak Usia Dini

Full Text:

PDF

References

Adam, G., Divan, S., & Taran, E. G. M. (2024). Analisis prioritas stimulasi motorik halus dan kasar dalam pendidikan anak usia dini: Penyebab dan implikasi. JUPEIS: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 3(4), 34–43. https://doi.org/10.57218/jupeis.Vol3.Iss4.1192.

Andayani, F., & Wijayanti, C. N. (2022). Utilization of imagination-based plasticine media in improving fine motor skills in kindergarten. TEMATIK: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan Anak Usia Dini, 8(1), 1. https://doi.org/10.26858/tematik.v8i1.27535.

Chandra, A., Fitriana, S., Karmila, M., & Widiharto, C. A. (2023). Peningkatan resiliensi dengan project based learning pada anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(4), 4295–4304. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i4.4803.

Dhaifi, I., Husniati, H., & Muslihan, M. (2022). Mengenalkan konsep sains permulaan dengan eksplorasi lingkungan sekitar. Atthufulah: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 37–42. https://doi.org/10.35316/atthufulah.v3i1.2440.

Febriana, A., & Kusumaningtyas, L. E. (2018). Meningkatkan motorik halus anak melalui kegiatan menganyam pada anak kelompok B usia 5–6 tahun. Jurnal Audi, 2(2), 70–75. https://doi.org/10.33061/ad.v2i2.1971.

Hamidah, S., & Rizal, M. S. (2021). Pengaruh kegiatan melukis terhadap kemampuan motorik halus pada anak pra sekolah 4–6 tahun. IJMT: Indonesian Journal of Midwifery Today, 1(1), 41–48.

Kurniasih, S. (2022). Peningkatan keterampilan motorik halus anak melalui fun painting di kelompok B PAUD Nirmala Bandar Lampung. JP2KG AUD (Jurnal Pendidikan, Pengasuhan, Kesehatan dan Gizi Anak Usia Dini), 1(1), 71–88. https://doi.org/10.26740/jp2kgaud.2020.1.1.71-88.

Munar, A., Rahma, R., & Prala, H. W. (2024). Utilization of salt painting media to develop children’s fine motor skills. JOYCED: Journal of Early Childhood Education, 4(2), 141–150. https://doi.org/10.14421/joyced.2024.42-06.

Nisa, K. (2021). Implementasi penggunaan kolase dalam meningkatkan motorik halus anak usia dini. Jurnal Paradigma, 12(1), 138–151.

Nugraheni, T., & Pamungkas, J. (2022). Analisis pelaksanaan pembelajaran seni pada PAUD. Early Childhood Research Journal (ECRJ), 5(1), 20–30. https://doi.org/10.23917/ecrj.v5i1.18689.

Randani, R., Zulkarnain, A. I., & Aghnaitaa, A. (2024). Peningkatan keterampilan motorik halus melalui teknik mozaik TK Islam Nahdatul Ulama Palangka Raya. Tinta Emas: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3(1), 211–218.

Romodhon, R., Hidayad, F., & Kumbara, H. (2023). Hubungan fasilitas olahraga dan motivasi terhadap minat belajar siswa di MTs Negeri 2 OKU Timur. Jurnal Dunia Pendidikan, 3(3), 135–148. https://doi.org/10.55081/jurdip.v3i3.1124.

Sahu, R. J., & Indriani. (2023). Meningkatkan kemampuan mengenal huruf melalui penerapan media salt painting pada anak kelompok B di TK Kartika XXI-17 Kota Gorontalo. Early Childhood Islamic Education Journal, 4(1), 39–46. https://doi.org/10.58176/eciejournal.v4i01.844.

Sari, H., Amanda, R. S., & Rahman, K. (2024). Upaya meningkatkan kemampuan motorik halus anak usia 4–5 tahun melalui kegiatan art and craft di TK Kirana Kota Jambi. JECIE: Journal of Early Childhood and Inclusive Education, 7(2). https://doi.org/10.31537/jecie.v7i2.1407.

Suheti, Sitanggang, T. W., & Dewi, S. R. (2025). Pengaruh stimulasi mewarnai gambar terhadap perkembangan motorik halus pada anak pra sekolah di TPQ Nurul Qolbi Ciputat Kota Tangerang Selatan tahun 2024. Jurnal Kesehatan, 14(1), 55–63. https://doi.org/10.37048/kesehatan.v14i1.637.

Trikesumawati, D., Ishamy, W. M., & Rizqullah, R. M. (2025). Peran media dalam mendukung pengembangan motivasi belajar siswa di era modern. Jurnal Ilmiah Research Student, 2(1), 531–539. https://doi.org/10.61722/jirs.v2i1.3749.

Tripuspa, A., Mujtaba, I., & Damayanti, A. (2024). Upaya meningkatkan keterampilan motorik halus melalui kegiatan finger painting pada anak usia 5–6 tahun di KB TK Lab School Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta. Prosiding SEMNASFIP: Transformasi Pembelajaran Digital Berbasis Pendidikan Karakter untuk Mewujudkan Pendidikan yang Bermutu dan Berakhlaqul Karimah.

Tristya, I., Syafrudin, U., & Nopiana. (2024). Analisis perkembangan fisik motorik anak usia 5–6 tahun dalam kecanggihan teknologi gadget di lingkungan masyarakat. Jurnal Dzurriyat: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(1), 17–22. https://doi.org/10.61104/jd.v2i1.99.

Yayuk, P. (2023). Pengembangan kreativitas seni rupa anak usia dini. Journal of Early Childhood Studies, 1(2), 1–10.

Yusuf, R. N., Al Khoeri, N. S. T. A., Herdiyanti, G. S., & Nuraeni, E. D. (2023). Urgensi pendidikan anak usia dini bagi tumbuh kembang anak. Jurnal Plamboyan Edu (JPE), 1(1), 37–44.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.