PENGEMBANGAN MEDIA SMARTBOX SEKAR UNTUK MENSTIMULASI MOTORIK HALUS ANAK USIA 4-5 TAHUN

Dyah Sekar Wijayanti, Usep Kustiawan, Munaisra Tri Tirtaningsih

Abstract

Kemampuan motorik halus merupakan keterampilan penting yang melibatkan koordinasi otot jari dan perlu dikembangkan sejak dini untuk mendukung aktivitas sehari-hari anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran inovatif bernama Smartbox Sekar yang dapat menstimulasi keterampilan motorik halus anak usia 4–5 tahun. Penelitian melibatkan uji coba kelompok kecil sebanyak 10 anak dan kelompok besar sebanyak 33 anak di tiga taman kanak-kanak di Kota Malang. Smartbox Sekar berbentuk balok vertikal berbahan triplek dengan berbagai sisi aktivitas, seperti menulis, menggunting, meronce, menjahit, serta mengklasifikasikan warna dan bentuk. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Hasil validasi oleh ahli media dan materi menunjukkan tingkat kelayakan sangat tinggi dengan skor 96,75%. Uji coba juga menunjukkan peningkatan ketertarikan dan kemampuan motorik halus anak, dari 77,89% pada kelompok kecil menjadi 91,1% pada kelompok besar. Temuan ini menunjukkan bahwa Smartbox Sekar merupakan media pembelajaran yang valid, efektif, dan menarik untuk pendidikan anak usia dini dalam mendukung perkembangan motorik halus melalui kegiatan bermain yang interaktif dan bermakna.

Keywords

media pembelajaran; anak usia dini; motorik halus

Full Text:

PDF

References

Akbar, S. (2015). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Alifa, J., Listyarini, I., & Putriyanti, L. (2024). Pengembangan media smart box untuk meningkatkan keterampilan menulis surat pribadi pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas IV sekolah dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(3), 426–438. https://doi.org/10.23969/jp.v9i3.17606

Anugrah, D. P., Chairilsyah, D., & Puspitasari, E. (2021). Pengembangan media busy board untuk meningkatkan kemampuan motorik halus anak usia 4–5 tahun di RA Al-Hidayah Pekanbaru. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 10339–10347. https://doi.org/10.26877/paudia.v11i2.11919

Ansari, U. (2024). Meningkatkan kecerdasan logis-matematis dengan permainan kartu uno pada anak usia 5–6 tahun. Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8(1), 7–13. https://doi.org/10.24853/yby.8.1.7-13

Ariani, I., & rekan. (2022). Perkembangan motorik pada anak usia dini. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK, 4(6), 12347–12354.

Ardiansyah, Risnita, & Jailani, M. S. (2023). Teknik pengumpulan data dan instrumen penelitian ilmiah pendidikan pada pendekatan kualitatif dan kuantitatif. IHSAN: Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 1–9. https://doi.org/10.61104/ihsan.v1i2.57

Damayanti, E., & Nasrul, M. A. (2020). Capaian perkembangan fisik motorik dan stimulasinya pada anak usia 3–4 tahun. As-Sibyan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 67–80.

Elizabeth, B. H. (1978). Perkembangan Anak (Jilid 1, Edisi ke-6). Inggris: PT Gelora Aksara Utama.

Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika: Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 21(1), 33–54. https://journal.uny.ac.id/index.php/humanika/article/view/38075

Hawkes, M., & Romiszowski, A. (2001). Meneliti hasil refleksi komunikasi asinkron yang dimediasi komputer terhadap pengembangan guru dalam jabatan. Jurnal Teknologi dan Pendidikan Guru, 9(2), 285–308.

Husna, K., & Supriyadi, S. (2023). Peranan manajemen media pembelajaran untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Al-Mikraj: Jurnal Studi Islam dan Humaniora, 4(1), 981–990. https://doi.org/10.37680/almikraj.v4i1.4273

Imroatun, I., Nirmala, I., Juhri, J., & Muqdamien, B. (2020). Kajian literatur pengasuhan anak usia dini dalam Islam. As-Sibyan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 57–66. https://doi.org/10.32678/as-sibyan.v5i1.2703

Kustiawan, U. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Anak Usia Dini (Cetakan 1). Malang: Penerbit Gunung Samudra.

Kustiawan, U., Astuti, W., & Tirtaningsih, M. T. (2020). Pengembangan media belajar model-model boneka dari bahan kain flanel berdasarkan tema kegiatan untuk pembelajaran anak usia dini. Edcomtech, 5(2), 137–144. https://www.neliti.com/publications/334899

Larasati, N., Kustiawan, U., & Tirtaningsih, M. T. (2025). Pengaruh kegiatan menggambar ekspresif di luar ruangan terhadap kreativitas anak usia dini. Jurnal CARE (Children Advisory Research and Education), 13(1), 31–40. https://repository.um.ac.id/308103/

Marinda, L. (2020). Teori perkembangan kognitif Jean Piaget dan problematikanya pada anak usia sekolah dasar. An-Nisa’: Jurnal Kajian Perempuan dan Keislaman, 13(1), 116–152. https://doi.org/10.35719/annisa.v13i1.26

Maryanti, R., Bayu, A., Nandiyanto, D., Hufad, A., & Sunardi, S. (2021). Jurnal pendidikan sains dan masyarakat bagi siswa berkebutuhan khusus di Indonesia: Dari definisi, tinjauan sistematis, sistem pendidikan, hingga kurikulum. Jurnal Pendidikan Sains dan Masyarakat, 1(1), 1–8. https://doi.org/10.17509/ijcsne.v1i1.32653

Moleong, L. J. (2016). Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi revisi). Bandung: Remaja Rosdakarya.

Muhtar, N. A., Nugraha, A., & Giyartini, R. (2020). Pengembangan media pembelajaran IPA berbasis informasi komunikasi dan teknologi (ICT). Pedadidaktika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(4), 20–31. https://doi.org/10.17509/pedadidaktika.v7i4.26455

Peningkatan motorik halus anak melalui media box pintar pada kelas B2 TK Pertiwi I Muara Bungo. (2024). Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran, 1(3), 483–487. https://jurnal.kopusindo.com/index.php/jtpp/article/view/87

Tirtaningsih, M. T., Kustiawan, U., Wulandari, R. T., & Astuti, W. (2023). Art innovation learning guidance for kindergarten teacher. International Journal of Educational Research & Social Sciences, 4(4), 641–647.

Tirtaningsih, M. T., Kustiawan, U., Wulandari, R. T., & Astuti, W. (2023, February). Development of integrated early childhood art innovations to improve artistic abilities of group B children. In International Conference on Educational Management and Technology (ICEMT 2022) (pp. 348–358). Atlantis Press. https://www.atlantis-press.com/proceedings/icemt-22/125984283

Usep, K., Wulandari, R. T., & Tirtaningsih, M. T. (2023). Development of integrated early childhood art innovations to improve artistic abilities of group B children. International Conference on Educational Management and Technology (ICEMT 2022), 348–358.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.