PENGARUH DIAMOND PAINTING TERHADAP KREATIVITAS ANAK USIA 5-6 TAHUN

Dewi Sawitri, Indryani Indryani, Masyunitas Siregar

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil observasi di lapangan yang menunjukkan pembelajaran yang dilakukan guru untuk meningkatkan kreativitas anak masih kurang bervariasi. Kegiatan yang diberikan di sekolah lebih berfokus pada menggambar di atas kertas dan mewarnai. Anak-anak juga mengalami kesulitan dalam menggenggam alat tulis seperti pensil dan krayon dengan benar. Masalah utama yang ditemukan adalah kurangnya variasi media dalam pembelajaran kreativitas. Berdasarkan  hal tersebut, penelitian  ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media diamond painting terhadap kemampuan kreativitas anak usia 5–6 tahun. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pre-experimental design berbentuk one group pretest-posttest. Populasi penelitian adalah seluruh anak di Kecamatan Jambi Luar dan Kabupaten Muaro Jambi dengan teknik pengambilan sampel total sampling. Instrumen yang digunakan berupa lembar observasi dan teknik analisis data meliputi uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai t-hitung sebesar 19,16, dengan t hitung > t tabel tabel 2,074, sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Artinya terdapat pengaruh signifikan terhadap peningkatan kreativitas anak. Interpretasi kekuatan pengaruh berada pada kategori kuat (strong effect) dengan nilai 4,99.

Keywords

diamond painting; kreativitas; anak usia 5-6 tahun

Full Text:

PDF

References

Anto, R. P., Nur, N., Yusriani, Ardah, F. K., Ayu, J. D., Nurmahdi, A., Apriyeni, B. A. R., Purwanti, Adrianingsih, Arita, Y., & Putra, M. F. P. (2024). Metode penelitian kualitatif: Teori dan penerapannya (Vol. 2). Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952.

Askandari, L., Fadillah, F., & Yusuf, A. (2014). Peningkatan kemampuan motorik halus melalui pembelajaran melukis dengan jari pada anak usia 5–6 tahun. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 3(8), 1–14. http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/6101

Assa, F. J. J. (2023). Membuat lukisan manik-manik dengan diamond painting (Elementa Media, Ed.).

Christianti, M. (2015). Profesionalisme pendidik anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak, 1(1). https://doi.org/10.21831/jpa.v1i1.2923

Haura, S., & Fitriani, D. (2024). Metode pembelajaran proyek pada kurikulum operasional madrasah di Raudhatul Athfal. Kumara Cendekia, 12(4), 320. https://doi.org/10.20961/kc.v12i4.94690

Hermansyah, H. (2019). Pembelajaran melalui sentra seni dalam mengembangkan kreatifitas anak usia dini. Nur El-Islam: Jurnal Pendidikan dan Sosial Keagamaan, 6(1), 108–127. https://doi.org/10.51311/nuris.v6i1.120

Hikmawati, H., Takasun, T., & Purwati, S. (2021). Penggunaan bahan alam untuk melatih kreativitas peserta didik dalam kegiatan mewarnai di TK PKK 27 Jambean. Kreasi: Jurnal Inovasi dan Pengabdian kepada Masyarakat, 1(1), 71–79. https://doi.org/10.58218/kreasi.v1i1.59

Sudiro, I. M., & Oktaviani, R. F. (2024). Pengaruh current ratio, debt to equity ratio, total asset turnover dan return on equity terhadap harga saham. Pajak dan Manajemen Keuangan, 1(4), 85–102. https://doi.org/10.61132/pajamkeu.v1i4.401

Khaira, N. (2022). Tinjauan terhadap kegiatan outdoor learning oleh guru di TK Al-Azhar Siem. JIM PAUD, 7(2), 1–10.

Mayar, F., Natari, R., Cendana, H., Hutasuhut, B. R. S., Aprilia, S., & Nurhikmah, N. (2022). Peran dongeng dalam meningkatkan kreativitas anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4600–4607. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2615

Murdiani, N. S. (2014). Pengaruh kegiatan mewarnai gambar dalam meningkatkan motorik halus anak di Kelompok B TK Jaya Kumara Desa Balinggi Jati Kecamatan Balinggi Kabupaten Parigi Moutong. Bungamputi, 2(3), 106–114. http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/Bungamputi/article/view/2041

Ningsih, H. P., & Santoso, B. H. (2019). Pengaruh struktur modal, ukuran perusahaan, dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan pada perusahaan otomotif. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, 8, 1–18.

Puspitasari, E. (2018). Alat permainan edukatif anak usia dini. Guepedia.

Rusmayadi, Musi, M. A., Ilyas, S. N., & Chafidah, N. (2023). Pengaruh PjBL terhadap kemampuan literasi baca tulis pada anak usia 5–6 tahun. Jurnal Tunas Siliwangi, 9(1), 17–23.

Handayani, E. S., Wijaya, I. P., & Lestariningrum, A. (2021). Peningkatan kreativitas anak melalui kegiatan melukis memanfaatkan bahan bekas. Pernik: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 93–103. https://doi.org/10.31851/pernik.v4i2.5338

Vionnita, W. D., & Suyadi. (2020). Kegiatan kreativitas seni warna anak usia dini melalui permainan cat air di masa pandemi. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 74–87. https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v

Widiastuti, T., Musi, M. A., & Rahmatiah, R. (2021). Peningkatan kreativitas anak usia dini Kelompok A melalui kegiatan mengecap menggunakan pelepah pisang di TK Siwidhono Kab. Ngawi Jawa Timur. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran, 3(4), 66–76. http://ejournal-jp3.com/index.php/Pendidikan/article/view/185

Zyra, S. N., Alamsyah, T. P., & Yuliana, R. (2022). Penggunaan e-learning berbasis Edmodo terhadap hasil belajar kelas 4 sekolah dasar. Jurnal PGSD: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 15(2), 97–106. https://doi.org/10.33369/pgsd.15.2.97-106

Refbacks

  • There are currently no refbacks.