PENGARUH PEMANFAATAN YOUTUBE SEBAGAI ALAT BANTU BERCERITA TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA ANAK

Selbi Meisy Kardila, Yuniarti Yuniarti, Sudarti Sudarti

Abstract

Kemampuan berbahasa sangat berperan penting dalam perkembangan anak usia dini. Ini mencakup kemampuan berpikir, mengekpresikan diri, dan berkomunikasi dengan lingkungan sekitar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pemanfaatan aplikasi YouTube sebagai alat bantu bercerita terhadap kemampuan berbicara anak usia dini. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan pre-experimental dengan jenis one group pretest posttest design. Subjek penelitian adalah anak usia dini yang dipilih secara purposif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes kemampuan berbicara anak usia dini, dan dokumentasi. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat peningkatan signifikan pada kemampuan berbicara pada anak usia dini. Berdasarkan hasil paired sample t-test aspek-aspek yang dinilai pada pre-test dan post-test yakni dengan taraf signifikansi alfa sebesar 5% diperoleh nilai t-hitung sebesar -36.927 dengan tingkat Sig.(-tailed)<0,001 pada taraf signifikansi (ɑ<0,005) dengan df , N-1 (13-1=12). Maka keputusan yang dapat diambil adalah Ha diterima sedangkan Ho ditolak. Artinya, terdapat pengaruh pemanfaatan aplikasi YouTube sebagai alat bantu bercerita terhadap kemampuan berbicara pada anak usia dini.

Keywords

anak usia dini; kemampuan berbicara; youtube

Full Text:

PDF

References

Fadhillah, N., Kusumawardani, R., & Rosidah, L. (2023). Pengaruh penggunaan YouTube untuk kemampuan berbicara pada anak usia 4-5 tahun. Generasi Emas, 6(1), 15–20. https://doi.org/10.25299/ge.2023.vol6(1).11210

Fajriyah, I. D., Ashadi, F., Trianggono, M. M., & Kurniawan, N. (2023). Pengaruh kebiasaan menonton YouTube terhadap penguasaan kosa kata anak usia dini pada kelompok A di TK Gita Nusa. EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi, 10(2), 475–485. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v10i2.733

Herawati, N. H., & Katoningsih, S. (2023). Kemampuan bahasa anak usia prasekolah. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 1685–1695. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i2.4122

Hadi, G. K. (2021). Pengaruh metode bercerita terhadap kemampuan mengungkapkan bahasa anak usia 5-6 tahun di TK Pertiwi 1 Banjarsari. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 5(2), 1–7. https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v5i2.5441

Hadianti, A. N. (2023). Penerapan STEAM untuk mengembangkan kemampuan anak dalam menyelesaikan masalah. Prosiding Seminar Nasional PGPAUD UPI Kampus Purwakarta, 2(1), 20–25. http://repository.upi.edu/id/eprint/78735

Jauhari, U., Herlina, H., & Asti, A. S. W. (2023). Pengaruh bermain monopoli huruf terhadap kemampuan berbicara anak usia 5-6 tahun di TK Telkom Makassar. Fashluna, 4(2), 142–150. https://doi.org/10.47625/fashluna.v4i2.528

Lingga, G. & Kusuma, A. (2022). Pemanfaatan animasi promosi dalam media YouTube. Prosiding Seminar Nasional Desain dan Arsitektur (SENADA), 2, 259–265.

Mujianto, H. (2020). Pemanfaatan YouTube sebagai media ajar dalam meningkatkan minat dan motivasi belajar. Jurnal Komunikasi Hasil Pemikiran dan Penelitian, 5(1), 135–159.

Ningsih, I. J., Lubis, M. Y., & Pulungan, S. H. (2024). Pengaruh aplikasi YouTube terhadap kemampuan komunikasi anak di PAUD Al-Ikhlas Desa Aektinga Kecamatan Sosa. Khirani: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 39–56.

Putri, E. A. B., & Kamali, N. A. (2023). Perkembangan berbicara anak usia dini. Smart Kids: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 5(1), 35–45. https://doi.org/10.30631/smartkids.v5i1.131

Putri, A. Y., & Anggraini, G. (2020). Metode bercerita untuk meningkatkan kemampuan berbicara pada anak usia 5-6 tahun. Jurnal Ilmiah Potensia, 5(1), 1–7.

Riyan, M. (2021). Penggunaan media pembelajaran berbasis Android pada pembelajaran teks eksposisi. Diksi, 29(2), 205–216. https://doi.org/10.21831/diksi.v29i2.36614

Rizki, A. E., Rachmawati, A., & Farida, S. (2021). Meningkatkan perkembangan bahasa anak usia dini dengan metode bercerita. 1(1), 1–14.

Setiyana, N. F., & Badu Kusuma, A. (2021). Potensi pemanfaatan YouTube dalam pembelajaran matematika. EduMatSains: Jurnal Pendidikan, Matematika dan Sains, 6(1), 71–90. https://doi.org/10.33541/edumatsains.v6i1.2945

Surandika, A., Gunandi, A. A., & Jaya, S. A. (2020). Penggunaan YouTube sebagai media pembelajaran jarak jauh pada kelas III Sekolah Dasar Islam An-Nizomiyah. Prosiding SEMNASLIT LPPM UMJ, 161–171.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.