MENINGKATKAN KETERAMPILAN COLLABORATIONANAK USIA DINI MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY BERBASIS PROJECT

Pascalian Hadi Pradana, Siti Romlah, Hisbiyatul Hasanah

Abstract

Di era pembelajaran modern, keterampilan collaboration merupakan salah satu aspek soft skill yang perlu diperhatikan dalam proses pembelajaran. Permasalahan yang ditemukan berdasarkan hasil pengamatan antara lain: rendahnya sikap kolaborasi anak dalam menyelesaikan masalah, minimnya penerapan metode pembelajaran inquiry berbasis project untuk meningkatkan kolaborasi anak. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan collaboration anak usia dini melalui model pembelajaran Inquiry berbasis project. Metode yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas (PTK) dengan metode pengumpulan data yang diterapkan dalam penelitian ini, meliputi: (1) observasi, mengumpulkan data tentang keterampilan kolaborasi peserta didik dan aktivitas guru dalam menerapkan model pembelajaran berbasis project; dan (2) dokumentasi, yang merekam kegiatan dengan memanfaatkan gambar sebagai bagian dari proses penelitian. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh keberhasilan tindakan pembelajaran pada siklus I yang awalnya mencapai 70% setelah melakukan tindakan Siklus II mencapai 90%. Pembelajaran berbasis proyek sebagai pendukung berjalannya pembelajaran inquiry memberikan kesempatan kepada anak untuk lebih mudah mengerti dan mengeksplor pembelajaran yang nyata di lingkungan sekitar. Dihasilkan kesimpulan bahwa penerapan model pembelajaran inquiry berbasis proyek mampu meningkatkan keterampilan kolaborasi anak. Oleh karena itu, penerapan pembelajaran inquiry memberikan dampak positif dalam meningkatkan kolaborasi anak.

Keywords

anak usia dini; pembelajaran inquiri berbasis proyek; keterampilan kolaborasi

Full Text:

PDF

References

Afriani, M. A., Harjono, H. S., & Rustam, R. (2023). Penerapan model pembelajaran berbasis proyek pada materi menulis teks deskripsi. Jurnal Basicedu, 7(1), 52–61. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4235.

Agista, H., Haliza, N. A., Husaini, N. A., Setiawati, D., & Noviani, D. (2023). Aplikasi metode inquiry: Kelebihan dan kelemahannya dalam pembelajaran fiqih. Pengertian: Jurnal Pendidikan Indonesia (PJPI), 1(1), 77–86. https://doi.org/10.00000/pjpi.v1n12023.

Ahmad, A. (2024). Pengaruh model guide inquiry learning terhadap kemampuan kerja sama anak di RA Tri Putri. Journal Buah Hati, 11(1), 1–14.

Aini, N., Sodik, M. M., Ningsih, S., Sumirat, E. S., & Umar, S. Y. (2024). Efektivitas model pembelajaran berbasis proyek terhadap meningkatkan kemandirian dan kerjasama dalam anak usia 4-5 tahun. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Asuhan, Kesehatan Dan Gizi, 05(2), 432–446. https://doi.org/10.26740/jp2kgaud.2024.5.2.432-446.

Akmaliani, N. (2025). Pengembangan sikap gotong royong pada anak usia dini melalui tema budaya betawi. Jurnal AUDHI: Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif, 07(02), 113–120. https://jurnal.uai.ac.id/index.php/AUDHI/article/view/3625.

Anggraeni, A., Aeni, A. N., & Ismail, A. (2024). Pengaruh ,,odel PjBL terhadap keterampilan kolaborasi siswa pada pembelajaran IPA di kelas V. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(3), 1491–1496. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i3.1131.

Arlina, A., Ramadhan, M. R., Pohan, N., Mandasari, D., & Nurhasanah, N. (2023). Penerapan strategi inquiry dalam pembelajaran pendidikan agama islam. Anwarul, 3(5), 888–898. https://doi.org/10.58578/anwarul.v3i5.1418.

Cucum Nurjanah, Suci Utami Putri, N. A. (2023). Penerapan STEAM Untuk mengembangkan kemampuan kolaborasi anak usia dini. Prosiding Seminar Nasional PGPAUD UPI Kampus Purwakarta, 2(1), 56–61. https://doi.org/10.24114/jud.v9i2.52533.

Fauzi, I. R., Kusdiono, K., & Widiyatmoko, A. (2021). Penerapan model pembelajaran inquiry terbimbing untuk meningkatkan keterampilan kolaborasi siswa SMP Negeri 22 Semarang. Seminar Nasional IPA XIII, 133–141. https://proceeding.unnes.ac.id/snipa/article/view/2297.

Guswita, R. (2024). Peningkatan keterampilan berbicara dengan menggunakan model collaborative learning: Studi penelitian tindakan kelas. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Teknologi Informasi (JIPTI), 5(1), 58–67. https://doi.org/10.52060/pti.v5i1.1817.

Hulu, P., Harefa, A. O., & Mendrofa, R. N. (2023). Studi model pembelajaran inquiry terhadap pemahaman konsep matematika siswa. Educativo: Jurnal Pendidikan, 2(1), 152–159. https://doi.org/10.56248/educativo.v2i1.97.

Lathifah, A., Sofyan, H., & Hasni, U. (2023). Pengembangan panduan model problem based learning dalam menstimulasi keterampilan 4Cs (critical thinking, communication, collaboration, dan creativity) Anak Usia Dini. AWLADY: Jurnal Pendidikan Anak, 9(2), 17. https://doi.org/10.24235/awlady.v9i2.14246.

Made, N., Suryaningsih, A., & Pura, U. D. (2024). Studi literatur: Implementasi experiential learning terhadap kemampuan 4C anak usia dini. AULAD: Journal on Early Childhood, 7(3), 820–827. https://doi.org/10.31004/Aulad.V7i3.807.

Maisaroh, F. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Terbimbing Berbantuan Bing Chat Terhadap Keterampilan Kolaborasi Siswa. Skripsi Sarjana, UIN Raden Intan Surakarta. https://repository.radenintan.ac.id/36264/.

Ningsih, Y., & Rohita, R. (2024). Peningkatan kemampuan kerjasama melalui media balok kayu pada anak usia 5-6 tahun. Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI), 6(2), 49. https://doi.org/10.36722/jaudhi.v6i2.2635.

Pramudya, P. A., & Safrul, S. (2022). Analisis model pembelajaran inquiry terbimbing terhadap minat belajar matematika siswa sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 8131–8138. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3749.

Ramdhayani, E., Syafruddin, & Dekayanti, L. (2023). Pengaruh model pembelajaran inquiry terhadap berpikir kritis siswa pada materi pertumbuhan. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(6), 93–99. https://doi.org/10.5281/zenodo.7774851.

Rosdiana, Nasrah, & Nur, A. M. (2023). Peningkatan hasil belajar IPA melalui model pembelajaran inquiry pada murid sekolah dasar. Edubase: Journal of Basic Education, 4(2), 153–162. https://doi.org/10.47453/edubase.v4i2.1189.

Sadaruddin, Nasaruddin, & Naba, A. H. (2025). Penerapan pembelajaran berbasis proyek untuk meningkatkan kemampuan kolaborasi anak. Profesi Pendidikan, 5(1), 184–193. https://doi.org/10.29303/jmp.v5i1.8679.

Sari, A. P. K., & Mawardi. (2023). Implementasi model pembelajaran berdiferensiasi dalam meningkatkan keterampilan kolaborasi siswa sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 08, 1–24. https://doi.org/10.23969/jp.v8i2.9174.

Sarifah, F., & Nurita, T. (2023). Implementasi model pembelajaran Inquiry terbimbing untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan kolaborasi. Pendidikan Sains, 11(1), 22–31.

Sastradiharja, E. J., & Febriani, F. (2023). Pembelajaran berbasis projek (project based learning) dalam meningkatkan kreativitas siswa di sekolah penggerak SMP Al Azhar Syifa Budi Cibinong-Bogor. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 12(01), 601–614. https://doi.org/10.30868/ei.v12i01.3839.

Setiyawan, H., Ramadhani, T. P. L., & Ramadila, C. D. (2024). Pengaruh model pembelajaran inquiry based learning dalam mata pelajaran ipas ( ilmu pengetahuan alam. Jurnal Pendidikan Kreativitas Pembelajaran, 06(4), 211–218.

Sodik, N. A. M., Ningsih, S., Sumirat, E. S., Umar, S. Y., Putri, F. I., & Mannaasai, A. F. (2024). Efektivitas model pembelajaran berbasis proyek terhadap meningkatkan kemandirian dan kerjasama dalam anak usia 4-5 tahun. JP2AKG AUD: Jurnal Pendidikan, Pengasuhan, Kesehatan dan Gizi Anak Usia Dini, 05(2), 432–446.

Sonia, T., Alberida, H., Arsih, F., & Selaras, G. H. (2023). Pengaruh model pembelajaran inquiry terbimbing terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik pada pembelajaran biologi. Bioilmi: Jurnal Pendidikan, 9(1), 78–86. https://doi.org/10.19109/bioilmi.v9i1.14081.

Suherta, E., Hamid, R., & Yasin, M. (2023). Penerapan model pembelajaran inquiry untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep sains dan keterampilan proses sains pada pembelajaran IPA. Jurnal Wahana Kajian Pendidikan IPS, 7(1), 61–71. https://doi.org/10.33772/JWKP-IPS.

Taher, T. (2023). Analisis keterampilan komunikasi dan kolaborasi siswa introvert dengan pendekatan culturally responsive teaching. Jambura Journal of Educational Chemistry, 5(1), 21–27. https://doi.org/10.34312/jjec.v5i1.17463.

Utomo, P., Asvio, N., & Prayogi, F. (2024). Metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK): Panduan praktis untuk guru dan mahasiswa di institusi pendidikan. Pubmedia Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Indonesia, 1(4), 19. https://doi.org/10.47134/ptk.v1i4.821

Refbacks

  • There are currently no refbacks.