UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI PERMAINAN ULAR TANGGA HURUF UNTUK ANAK USIA 5 - 6 TAHUN
Abstract
Membaca adalah langkah awal yang penting bagi anak usia dini. Pada tahap ini, anak mulai mengenali bunyi, huruf, suku kata, dan kata-kata yang mewakilinya. Membaca merupakan indikator penting keberhasilan di masa depan, baik dalam dunia akademis, aktivitas sosio-emosional, dan kehidupan sehari-hari. Tujuan dari penelitian ini yaitu meningkatkan kemampuan membaca permulaan melalui permainan ular tangga huruf pada anak usia 5-6 tahun. Subjek penelitian ini yakni anak usia 5-6 tahun yang berjumlah 20 anak. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas selama 2 siklus. Data penelitian dikumpulkan dengan cara observasi, tes unjuk kerja, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan uji validitas dengan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis data kuantitatif dilakukan dengan menggunakan persentase untuk mengukur besar peningkatan kemampuan membaca anak setelah penerapan permainan ular tangga huruf. Analisis kualitatif memakai model Miles & Huberman. Hasil dari penelitian ini menunjukan adanya pengaruh permainan ular tangga huruf dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak. Hal ini dibuktikan dengan peningkatan keberhasilan siklus, yaitu dari 50% menjadi 90%. Penelitian ini bermanfaat bagi peneliti lain untuk mengembangkan kemampuan membaca permulaan melalui permainan ular tangga huruf. Penelitian selanjutnya diharapkan dapat menciptakan media yang lebih awet, inovatif, serta mengeksplorasi faktor lain agar kegiatan lebih menarik dan sesuai kebutuhan mereka.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Afrianti, M.N. & Marlina, M. (2020). Peningkatan kemampuan membaca pemahaman melalui strategi probing-prompting bagi anak berkesulitan belajar, Jurnal Basicedu, 5(1), 272–279. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.653.
Alfina, A. & Anwar, R.N. (2020). Manajemen sekolah ramah anak paud inklusi. AL-TANZIM: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(1), 36–47. https://doi.org/10.33650/al-tanzim.v4i1.975.
Aulina, C.N., Sausan, D.L. & Kunci, K. (2024). Peningkatan kemampuan membaca anak usia 5-6 tahun melalui permainan karpet ular tangga baca (kartaca). 5(1), 254–266. https://doi.org/10.37985/murhum.v5i1.520.
Aviandini, E., Asikin, I. & Aziz, H. (2021). Penanganan gangguan konsentrasi pada anak dengan GPPH di PAUD inklusi. Golden Age: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 31–40. https://doi.org/10.29313/ga.
Fitri, N.K. & A.W. (2021). Meningkatkan kemampuan mengenal kata melalui permainan ular tangga untuk anak usia 5-6 tahun. STIMULUS: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 53–62. http://jurnal.umnu.ac.id/index.php/sti/article/download/139/66
Havisa, S., Solehun, S. & Putra, T.Y. (2021). Pengaruh metode suku kata mengunakan permainan kartu huruf terhadap kemampuan membaca permulaan siswa kelas i SD Muhammadiyah Majaran Kabupaten Sorong. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 3(1), 23–31. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v3i1.765
Irmayati, S. (2022). Meningkatkan kemampuan membaca huruf hijaiyah melalui permainan ular tangga iqro’ pada anak usia 5-6 tahun di PAUD Darussalam Dusun Tirta Mulya Kabupaten Bungo. ALAYYA: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 1–34.
January, S.A.A. & Klingbeil, D.A. (2020). Universal screening in grades K-2: A systematic review and meta-analysis of early reading curriculum-based measures. Journal of School Psychology, 82(August), 103–122. https://doi.org/10.1016/j.jsp.2020.08.007
Maronta, Y., Sutarto, J. & Isdaryanti, B. (2023). Pengaruh permainan kartu kata berbasis digital terhadap kemampuan membaca awal anak usia 5-6 tahun’ Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 1142–1161. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.4152
Meriyati. (2019). Snake and ladder game integrated with asmaul-husna: development of learning permainan. Journal of Physics: Conference Series, 1155(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1155/1/012024.
Mualli, C. (2022). Concentration of children’s learning in motor-sensory play management development framework, Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 3807–3816. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2140.
Nironi, E. & Jumiatin, D. (2023). Pengembangan permainan permainan ular tangga untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada anak usia dini, Ceria, 6(4), 2614–6347.
Pratama, Y.A., Wagiran, W. & Haryadi, H. (2022). Peran orang tua dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan di sekolah dasar. Journal of Elementary School (JOES), 5(2), 348–360. https://doi.org/10.31539/joes.v5i2.4291.
Prihantoro, A., & Hidayat, F. (2019). Melakukan penelitian tindakan kelas. Ulumuddin: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 9(1), 49-60. https://doi.org/10.47200/ulumuddin.v9i1.283.
Volkmer, S., Galuschka, K. & Schulte-Körne, G. (2019). Early identification and intervention for children with initial signs of reading deficits - A blinded randomized controlled trial. Learning and Instruction, 59(June), 1–12.
Widayati, S.N. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas II SDN 1 Gribig Untuk Tema 2 Subtema 1: Bermain Di Lingkungan Rumah Dengan Menggunakan Metode Example Non Example. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 1(2). https://doi.org/10.24176/jpp.v1i2.3432.
Winarti, W. & Suryana, D. (2020). Pengaruh permainan puppet fun terhadap kemampuan membaca anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 873. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.462.
Refbacks
- There are currently no refbacks.