PEMBELAJARAN KONSEP MATEMATIKA PERMULAAN MELALUI MEDIA EDUKATIF ANAK USIA 4-5 TAHUN DI PAUD TUNAS MULIA
Abstract
Guru di PAUD Tunas Mulia memanfaatkan media pembelajaran untuk membantu anak memahami konsep matematika awal secara lebih mudah. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi media yang digunakan dalam pembelajaran matematika di PAUD dengan pendekatan kualitatif studi kasus. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi, lalu dianalisis menggunakan model Miles dan Huberman yang mencakup reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan secara berkelanjutan. Keabsahan data diperkuat melalui triangulasi sumber, teknik, dan waktu. Penelitian dilakukan di PAUD Tunas Mulia, Desa Tunas Aur, Indralaya. Hasil menunjukkan bahwa penggunaan media konkret yang sesuai dengan tahap perkembangan anak dapat menstimulasi kemampuan kognitif seperti pengenalan angka dan pola pikir logis. Peran guru yang aktif dan responsif serta pemberian motivasi terbukti mendukung keterlibatan anak dan menciptakan pengalaman belajar yang menyenangkan dan bermakna.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Afif, T. R. H, Hamdan, M., Munthe, H., & Julaiha, J. (2024). Adab seorang guru dalam perspektif hadits Rasulullah. Counselia: Jurnal Bimbingan dan Konseling Islam, 5(2), 584-599.
Anggraini, P. D., & Permana, N. S. (2024). Media Pembelajaran Berbasis Permainan. 24(1), 90-105.
Annisa, S. I., & Mailani, E. (2023). Analisis faktor penyebab kesulitan siswa dalam pembelajaran tematik. INNOVATIVE: Journal of Social Science Research, 3(2), 6469-6477. https://j-innovative.org/index.php/Innovative%0AAnalisis.
Ashari, N., Indah, H., Suridha, Nurrahmah, S., & Putri, R. (2023). Pengenalan matematika permulaan melalui papan angka pada kelompok A di RA Ittihad Labatu. Abata: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3(1), 48-60. https://doi.org/10.32665/abata.v3i1.1382.
Astriyani, G. A., ‘Ulhaq, J. D., Ramandhani, R., Fakhriyah, F., & Ismaya, E. A. (2023). Systematic literature review (SLR): Meningkatkan hasil belajar siswa SD menggunakan media lagu. JISPENDIORA Jurnal Ilmu Sosial Pendidikan Dan Humaniora, 2(1), 198-208. https://doi.org/10.56910/jispendiora.v2i1.670.
Fajar, R., & Zega, W. (2023). Manfaat penggunaan permainan edukatif dalam pembelajaran anak usia dini. Anak Usia Dini, 4(2), 53-64.
Fatimah, F. N., Afifah, H. U. N., Auliani, R., & Larasati, S. A. (2023). Alat permainan edukatif sebagai sumber dan media pembelajaran anak usia dini. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 7(1), 44-56. https://doi.org/10.19109/ra.v7i1.15436.
Gunawan, M. T. R., Afriliani, A. T. N., Fitri, D. A. N., Farida, N. A., & Awaliyah, F. N. (2024). Implementation of early childhood mathematics learning at PAUDQU Al-Anshor. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8(2), 272-278. https://doi.org/10.31004/obsesi.v8i2.5455.
Hariadi, F., Jumalia, J., & Talakua, A. C. (2023). Pengenalan game edukasi untuk meningkatkan perbendaharaan kosa kata benda dalam bahasa inggris. Mitra Mahajana: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 78-84. https://doi.org/10.37478/mahajana.v4i2.2685.
Hasbar, Wardiah, & Arsyam, M. (2024). peranan kepemimpinan guru dalam meningkatkan aktifitas belajar mengajar. Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 5(2), 52-62. https://doi.org/10.55623/au.v5i2.320.
Meka, M., Nafsia, A., Wau, M. P., Guru, P., Anak, P., & Dini, U. (2025). Meningkatkan kemampuan kognitif melalui media bangun datar di TKK Satap Rutosoro. Jurnal Widya Laksmi 5(1), 204-207.
Puspitasari, M. C., Lintang Pinilih, G., & Zudhah Ferryka, P. (2023). Metode bernyanyi pada matematika SD kelas 3. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 4(3), 525-528
Mukhlisin, M., & Lestari, K. (2023). penerapan konsep matematika pada anak usia dini. Masa Keemasan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 47-51. https://doi.org/10.46368/mkjpaud.v3i2.1933.
Mukminin, A., Rismanto, D., & Prihatin, Y. (2022). Pelatihan metode FGD dan bernyanyi untuk pembelajaran akidah akhlak di TPQ. Transformatif: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 1-12. https://doi.org/10.22515/tranformatif.v3i2.5514.
Mutamimah, S., Wahyuningsih, R., & Iskandar Bahari, J. (2022). Stimulasi kemampuan pra-matematika anak usia 4-5 tahun dalam mengklasifikasikan warna dan bentuk geometri melalui permainan sorting color di TK Khadijah 150. Jurnal Al-Ihsan: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 03(2), 2745-8253.
Putri, B. K. M. (2020). Analisis pertanggungjawaban keuangan pondok pesantren tipe D di Kecamatan Praya Barat. Journal of Accounting and Digital Finance, 4(3), 11-12.
Rahman, A. T., Fitri, N. L., & Aulia, A. (2022). Implementasi model pembelajaran sentra untuk mengoptimalkan kecerdasan majemuk. Al-Hikmah: Indonesian Journal of Early Childhood Islamic Education, 6(02), 145-157. https://doi.org/10.35896/ijecie.v6i02.411.
Syafdaningsih, Hasmalena, Rantina, M., Utami, F., & Dwi Ayu Pagarwati, L. (2023). Pelatihan dan pendampingan pembuatan media pembelajaran konsep sains dan matematika menggunakan barang bekas bagi guru PAUD di Kabupaten Musi Rawas Utara. E-DIMAS: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 14(4), 863-871.
Syahruddin, M., Herdah, & Effendy, R. (2022). Penggunaan ice breaking dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran pendidikan agama islam kelas VIII SMP Muhammadiyah Pinrang. Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan Islam, 20(2), 179-186. https://doi.org/10.35905/alishlah.v20i2.3318.
Widiyastuti, A., & Hermawan, R. (2022). Strategi pembelajaran matematika pada anak usia dini. JPP PAUD FKIP Untirta, 9(1), 1-10.
Wityastuti, E. Z., Masrofah, S., Haqqi, T. A. F., & Salsabila, U. H. (2022). Implementasi penggunaan media pembelajaran digital di masa pandemi COVID-19. Jurnal Penelitian Inovatif, 2(1), 39-46. https://doi.org/10.54082/jupin.39.
Yulianasari, N., Salsabila, L., Maulidina, N., & Maula, L. H. (2023). Implementasi etnomatematika sebagai cara untuk menghubungkan matematika dengan kehidupan sehari-hari. SANTIKA: Seminar Nasional Tadris Matematika, 3, 462-472.
Refbacks
- There are currently no refbacks.