PENGEMBANGAN BUKU CERITA PERMACIL UNTUK MENINGKATKAN LITERASI BUDAYA ANAK USIA 5-6 TAHUN

Galuh Resa Wulandari, Nurhenti Dorlina Simatupang, Yes Matheos Lasarus Malaikosa, Melia Dwi Widayanti

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya peluang untuk meningkatkan kemampuan literasi budaya anak kelompok B TK Negeri Pembina Surabaya melalui program kegiatan Gerbaku (Gerakan Baca Buku). Di samping itu, literasi budaya anak di sekolah tersebut juga masih perlu ditingkatkan karena beberapa anak tumbuh dengan paparan budaya yang terbatas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan, validitas, dan efektivitas media buku cerita Permacil untuk meningkatkan literasi budaya anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media buku cerita Permacil yang dikembangkan termasuk dalam kategori valid dan sangat layak digunakan dengan perolehan validasi dari ahli materi sebesar 96% dan ahli media sebesar 92,5%, sementara untuk uji kepraktisan oleh guru dan anak masing-masing memperoleh 100% dan 97%, sehingga dikategorikan sangat praktis. Selanjutnya, hasil output pada uji N-gain skor nilai mean yang didapatkan sebesar 0,8782 yang berarti bahwa efektivitas penggunaan media buku cerita Permacil tinggi. Selain itu, N-gain persennya memperoleh nilai rata-rata 87,82%, sehingga dapat ditafsirkan sebagai efektif. Dapat disimpulkan bahwa media buku cerita Permacil efektif digunakan untuk meningkatkan literasi budaya anak usia 5-6 tahun.

Keywords

Anak usia dini, Buku cerita Permacil, Literasi budaya

Full Text:

PDF

References

Aisyah R, R., RuqoFitri, R., Khotimah, N., Mustaji, M., & Patria Saroingsong, W. (2024). Analisis kebutuhan video pembelajaran untuk menstimulasi literasi budaya dan motorik halus anak usia dini. Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 1234–1246. https://doi.org/10.37985/murhum.v5i1.677.

Aisyah, S., Ningrum, M. A., Malaikosa, Y. M., & Adhe, K. R. (2024). Pengembangan media GAMAKE (Game Pemadam Kebakaran) untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif anak usia 5-6 tahun. Generasi Emas, 7(1), 76-91.

Fauziyah, D. L, Widayati, S., Ningrum, M. A., & Adhe, K. R. (2024). Meningkatkan kemampuan literasi budaya dan kewargaan menggunakan big-book bertema local tourism pada anak usia dini. Jurnal PAUD Teratai, 13(01). https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/paud-teratai/article/view/63366

Haryaningrum, V. (2023). Pengembangan media buku cerita bergambar digital berbasis kearifan lokal untuk mengembangkan kecerdasan moral pada anak usia dini. Jurnal Pendidikan Indonesia, 12(1), 218–235.

Hasibuan, R., Malaikosa, Y. M. L., Rakhmawati, N. I. S., Marlita, N. A., & Mayshita, N. E. (2025). Menuju generasi emas: Upaya pencukupan gizi melalui pengetahuan ibu dan pemberian MP-ASI dalam mencegah stunting pada anak usia dini. Jurnal Mutiara Pendidikan, 5(1), 168-183.

Husnah, S. L. (2023). Pengembangan buku cerita sembara untuk mengembangkan perilaku prososial pada anak usia 5-6 tahun. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 4(2), 1903–1916. https://doi.org/10.62775/edukasia.v4i2.521.

Lestari, F. A., Adhe, K. R., Khotimah, N., & Simatupang, N. D. (2024). Pengaruh unplugged coding terhadap kemampuan literasi anak usia 5-6 tahun. Global: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 2(1), 13-20.

Mahdavikia, A., Reza, M., Rakhmawati, N. I. S., & Fitri, R. (2024). Pengembangan media buku cerita bergambar berbasis digital untuk meningkatkan pemahaman anti perundungan relasional pada anak usia dini. TARBAWI: Journal on Islamic Education, 9(1), 74-85.

Maulidah, M. H. & Rakhmawati, N. I. S. (2023). Pengaruh media game Child Indonesian Culture (Cicu) terhadap kemampuan literasi budaya anak usia 5-6 tahun. TARBAWI: Journal on Islamic Education , 1(1), 58–71.

Muniroh, S., Khasanah, N. & Irsyad, M. (2020). Pengembangan literasi budaya dan kewargaan anak usia dini di sanggar allegro Desa Podo Kec. Kedungwuni Kab. Pekalongan. Jurnal Lentera Anak, 1(1), 81–91.

Nugrohowati, K., & Adhe, K. R. (2023). Pengembangan buku cerita bergambar acita tema kesehatan dan keselamatan pada anak usia 4-5 tahun. Jurnal Teknologi Pembelajaran, 3(01).

Nurhayati, I. D., Bachri, B. S., & Fitri, R. (2024). Pengembangan buku cerita bergambar berbasis proyek dalam meningkatkan kemampuan kognitif anak usia 5-6 tahun. Aulad: Journal on Early Childhood, 7(2), 600-609.

Oktavia, A. R., Adhe, K. R., Khotimah, N., & Simatupang, N. D. (2024). Pengaruh media buku digital tema cuaca terhadap literasi sains anak usia 5-6 tahun. Global: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 2(1), 21-28.

Pagarra, H. & Syawaludin. (2022). Media Pembelajaran. Malang: Penerbit UNM.

Putri, S., Reza, N. M., Dwi, M., & Komalasari, N. D. (2022). Efektivitas penggunaan media busy book dalam meningkatkan pengetahuan mitigasi bencana banjir pada anak usia 5-6 tahun. Kiddo Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3(2), 66–77. https://doi.org/10.19105/kiddo.v3i2.6483

Rizkiyah, P. & Ningrum, M.A. (2022). Pengembangan buku cerita bergambar digital untuk meningkatkan kecakapan literasi digital anak usia dini. Indonesian Journal of Early Childhood, 4(1). https://doi.org/10.35473/ijec.v4i1.1230.

Rosvita, A., & Anugraheni, I. (2021). Pengembangan media pembelajaran buku cerita bergambar berbasis kemampuan membaca pada pembelajaran tematik. Jurnal Pendidikan Rokania, 6(1), 23-34.

Rustanty, D. (2022, September). Implementasi Literasi Budaya dan Kewargaan di PAUD. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (PROSNAMPAS), 5(1), 274-278).

Sholichah, S. A., & Simatupang, N. D. (2022). Pengaruh aktivitas bernyanyi terhadap perkembangan bahasa anak di TK Kurnia Putra. Jurnal Pelita PAUD, 6(2), 239-247.

Simatupang, N. D, Widayati, S, Adhe, K. R. & Sholichah. S. A. (2023). Pengembangan buku cerita big book kalender meja dalam meningkatkan kemampuan literasi anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 1130–1141. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.4067

Simatupang, N. D., Sholichah, S. A., & Simanjuntak, I. A. (2023). Pelatihan musik untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan bermusik guru PAUD. Jurnal Pelita PAUD, 8(1), 29–38. https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v8i1.3225

Simatupang, N. D., Widayati, S. & Adhe, K. R. (2023). Pengembangan buku cerita big book kalender meja dalam meningkatkan kemampuan literasi anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 1(1), 1130–1141. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.4067.

Widayati, S., & Simatupang, N. D. (2019). Kegiatan bercerita dengan menggunakan buku cerita sederhana untuk meningkatkan kemampuan menyimak anak. Preschool, 1(1), 53–59. https://doi.org/10.18860/preschool.v1i1.8177

Winda, P., Pangestu, W. T., & Malaikosa, Y. M. L. (2022). Pengaruh penggunaan media pop-up book terhadap hasil belajar siswa kelas V di sekolah dasar. Jurnal Holistika, 6(1), 1-7.

Yulia, R. (2021). Pengembangan literasi bahasa anak usia dini. Universitas Negeri Padang, V(1), 2549–8371. https://doi.org/10.29313/ga.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.