STRATEGI GURU DALAM MENGATASI PERILAKU AGRESIF DI ERA DIGITAL

Hana Masalwa, Titin Kusayang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi guru dalam mengatasi perilaku agresif anak usia dini. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah 3 orang guru, sedangkan data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik validitas data menggunakan triangulasi, sedangkan analisis data menggunakan reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Hasil menunjukkan bahwa strategi utama yang diterapkan guru meliputi regulasi emosi melalui metode bermain dan bercerita, serta pemberian teladan positif. Strategi ini unik karena menekankan pembatasan gawai secara sistematis dan mendorong keterlibatan aktif orang tua. Strategi tersebut bertujuan membantu anak mengembangkan kontrol emosi dan keterampilan sosial secara positif dan konstruktif.

Keywords

strategi guru; perilaku agresif; anak usia dini; era digital

Full Text:

PDF

References

Af’idah, I. N., Rosyadah, I. F., & Putri, R. A. (2022). Analisis gangguan kecemasan sosial anak berkebutuhan khusus pada usia dini. Tinta Emas: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(2), 167–184. https://doi.org/10.35878/tintaemas.v1i2.540

Amira, D. (2024). Strategi guru dalam mengatasi perilaku agresif pada anak usia 4–6 tahun di TK Tarbiyah Islamiyah Tebas tahun pelajaran 2022–2023, Jurnal Samawa: Sakinah Mawaddah Warahmah, 7(2).

Aquami, A. (2018). Hubungan kompetensi guru dan peran orang tua terhadap hasil belajar siswa di MIN Se-Kota Palembang. JIP Jurnal Ilmiah PGMI, 4(1), 1–12. https://doi.org/10.19109/jip.v4i1.2211

Aulina, C. N. (2019). Metodologi Pengembangan Bahasa Anak Usia Dini. Umsida Press. https://doi.org/10.21070/2019/978-623-7578-09-3

Diana, R. (2023). Dampak negatif gadget pada perilaku agresif anak usia dini. Generasi Emas, 6(1), 21–28. https://doi.org/10.25299/ge:jpiaud.2023.vol6(1).9365

Fitriani, N. (2022). Meningkatkan kemampuan bahasa ekspresif (berbicara) anak usia 5–6 tahun melalui metode bercerita dengan media wayang kartun di TK Anak Sholeh Muslimat NU Tuban. AUDIENSI: Jurnal Pendidikan dan Perkembangan Anak, 1(2), 72–82. https://doi.org/10.24246/audiensi.vol1.no22022pp72-82

Hafidz, N, Maemonah, & Baryati. (2022). Eksistensialisme menurut Maria Montessori dalam pendidikan anak usia dini. Jurnal Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 1(1), 18-27.

Janah, I. A., & Diana, R. (2023). Dampak negatif gadget pada perilaku agresif anak usia dini. Generasi Emas, 6(1), 21–28. https://doi.org/10.25299/ge:jpiaud.2023.vol6(1).9365

Karim, A., Utoyo, S., & Laiya, S. W. (2024). Strategi guru dalam mengatasi perilaku agresif anak usia dini di TK Negeri Kihadjar Dewantoro 1. Student Journal of Early Childhood Education, 4(1), 108–119. https://doi.org/10.37411/sjece.v4i1.2055

Kulbiah, A., & Afriyanto, A. (2021). Metode dongeng sebagai media pembentuk karakter pada anak usia dini. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (JIMAKUKERTA), 1(1), 80–84. https://doi.org/10.36085/jimakukerta.v1i1.2510

Lubis, M. Y. (2019). Mengembangkan sosial emosional anak usia dini melalui bermain, Generasi Emas: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(1).

Luvita, Z. O., & Rahma, A. (2025). Upaya guru meningkatkan kemampuan sosial emosional anak di TK Aba Sekampung Lampung Timur, Bunayya,: Jurnal Pendidikan Anak, 11(1).

Marpaung, J. (2018). Pengaruh penggunaan gadget dalam kehidupan. Kopasta: Jurnal Program Studi Bimbingan Konseling, 5(2). https://doi.org/10.33373/kop.v5i2.1521

Masliati, T., & Mayasri, E. (2023). Penerapan metode bercerita untuk meningkatkan kemampuan bahasa anak usia 5–6 tahun di RA Insan Tamam Pamarayan Kabupaten Serang Provinsi Banten. Jurnal Anak Bangsa, 2(2), 205–214. https://doi.org/10.46306/jas.v2i2.40

Mudianti, H., & Rizqiyani, R. (2025). Pengembangan media buku cerita digital dalam meningkatkan moral anak usia 4–5 tahun, Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak, 11(1).

Mustika, H. (2020). Strategi guru dalam menangani perilaku agresif anak usia dini di TK IT Mon Kuta Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa.

Nikmah, F. J., & Lubis, H. (2021). Hubungan intensitas penggunaan gadget dengan perilaku agresif pada anak pra-sekolah (4–6 tahun). Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 9(2), 417. https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v9i2.5982

Ningsih, D. (2023). Penerapan metode bercerita berbasis edukatif untuk meningkatkan konsentrasi dan kemampuan berbicara anak kelompok B TKIT Ummi di Kota Bengkulu. DIADIK: Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 13(1)

Nurachadijat, K., & Selvia, M. (2023). Peran lembaga pendidikan anak usia dini dalam implementasi kurikulum dan metode belajar pada anak usia dini. Jurnal Inovasi, Evaluasi dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP), 3(2), 57–66. https://doi.org/10.54371/jiepp.v3i2.284

Permatasari, D. A., Sugito, S., & F, A. S. (2017). Dinamika perilaku agresif anak yang bermain game pada anak kelompok B4 di TK Aba Wonocatur Banguntapan Bantul. Jurnal Pendidikan Anak, 6(2), 149–160. https://doi.org/10.21831/jpa.v6i2.17702

Rahayu, S. P., Mutya, M. F. T., Rahmi, & Muliati, R. (2022). Pengaruh gadget terhadap tumbuh kembang anak pada masa early childhood, Psyche 165 Journal, 15(4).

Suryana, E., Hamdani, M. I., Bonita, E., & Harto, K. (2022). The golden age: Perkembangan anak usia dini dan implikasinya terhadap pendidikan Islam, 6.

Ulya, L., Sucipto, S., & Fathurohman, I. (2021). Analisis kecanduan game online terhadap kepribadian sosial anak. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(3), 1112–1119. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1347

Yasin, N. S., & Istiqomah, S. (2024). Implementasi Metode Bercerita dalam Menanamkan Nilai Moral dan Agama Siswa di TK Arridho Cengkareng Jakarta Barat. Skripsi Sarjana, Institut Ilmu Al-Quran Jakarta

Refbacks

  • There are currently no refbacks.