PENGARUH PERMAINAN UNPLUGGED CODING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KOMPUTASIONAL ANAK USIA 5-6 TAHUN

Safa Abidah Karimah, Vera Sholeha

Abstract

Kemampuan berpikir komputasional merupakan keterampilan penting abad ke-21 yang perlu dikenalkan anak sejak dini. Salah satu metode efektif untuk mengembangkan kemampuan ini adalah permainan unplugged coding, yaitu pembelajaran konsep pemrograman tanpa perangkat digital melalui permainan yang interaktif dan menyenangkan. Penelitian ini menguji pengaruh permainan unplugged coding terhadap kemampuan berpikir komputasional anak usia 5-6 tahun pada salah satu TK di Boyolali. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain pre-experimental one group pretest-posttest, data diperoleh dari tes pada anak usia 5-6 tahun yang dipilih dengan teknik probability sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui tes unjuk kerja, dengan validitas isi dan konstruksi. Analisis data menggunakan teknik analisis data statistik parametrik dengan uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum treatment, kemampuan berpikir komputasional anak masih rendah. Setelah diberikan treatment berupa permainan unplugged coding seperti coding station dan tic-tac-toe, terjadi peningkatan signifikan. Uji statistik menunjukkan perbedaan signifikan antara pre-test dan post-test dengan nilai signifikansi <0,001 (𝜌<0,05). Rata-rata hasil pre-test 14,96 meningkat menjadi 21,46 pada post-test, yang menunjukkan terdapat peningkatan kemampuan berpikir komputasional setelah treatment. Sehingga, permainan unplugged coding terbukti memberikan pengaruh positif. Oleh karena itu, metode ini disarankan untuk diterapkan lebih luas dalam pembelajaran guna mengembangkan keterampilan berpikir komputasional anak secara optimal

Keywords

Unplugged coding; kemampuan berpikir komputasional; anak usia 5-6 tahun.

Full Text:

PDF

References

Bers, M. U., González-González, C., & Armas-Torres, M. B. (2019). Coding as a playground: Promoting positive learning experiences in childhood classrooms. Computers & Education, 138, 130–145. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2019.04.013

Bers, M. U., & Sullivan, A. (2019). Computer science education in early childhood: the case of ScratchJr. Journal of Information Technology Education: Innovations in Practice, 18, 113–138. https://doi.org/10.28945/4437

Bhatt, S., Verbert, K., & Noortgate, W. Van Den. (2024). A method for developing process-based assessments for computational thinking tasks. Journal of Learning Analytics, 11(2), 157–173. https://doi.org/10.18608/jla.2024.8291

Chalmers, C. (2018). Robotics and computational thinking in primary school. International Journal of Child-Computer Interaction, 17, 93–100. https://doi.org/10.1016/j.ijcci.2018.06.005

Christi, S. R. N., & Rajiman, W. (2023). Pentingnya berpikir komputasional dalam pembelajaran matematika. Journal on Education, 5(4), 12590–12598. https://doi.org/10.31004/joe.v5i4.2246

Fitriyah, Q. F., Saputri, L. R., & Aljawad, H. I. (2023). Praktik unplugged coding berbasis daily lives dalam meningkatkan computational thinking pada anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak, 12(2), 176–185. http://dx.doi.org/10.21831/jpa.v12i2.57349

Hasbi, M., Nugraha, A., Mudarwan, Mumpuni, N. D., Warsito, I. H., & Sylvia, N. (2020). Konsep pembelajaran coding serta peran PTK, orang tua, mitra dan komunitas dalam penerapan pembelajaran coding di satuan PAUD. Modul I, 1–48.

Hasjiandito, A., Waluyo, E., Nugroho, A. A. E., Wantoro, W., & Listanto, V. (2022). Active distance learning to improve kindergarten teachers’ computatitonal thingking skills. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 10(2), 235–252. https://doi.org/10.21043/thufula.v10i2.16120

Kong, S.-C., & Abelson, H. (2019). Computational Thinking Education. https://doi.org/10.7551/mitpress/13375.003.0002

Kotsopoulos, D., Floyd, L., Dickson, B. A., Nelson, V., & Makosz, S. (2022). Noticing and naming computational thinking during play. Early Childhood Education Journal, 50(4), 699–708. https://doi.org/10.1007/s10643-021-01188-z

Kumala, R. A. D., Rasmani, U. E. E., & Dewi, N. K. (2021). Profil kemampuan computational thinking anak usia 5-6 tahun. JIV-Jurnal Ilmiah Visi, 16(1), 81–96. https://doi.org/10.21009/jiv.1601.9

Lee, J., & Junoh, J. (2019). Implementing unplugged coding activities in early childhood classrooms. Early Childhood Education Journal, 47(6), 709–716. https://doi.org/10.1007/s10643-019-00967-z

Lee, T. Y., Mauriello, M. L., Ahn, J., & Bederson, B. B. (2014). CTArcade: Computational thinking with games in school age children. International Journal of Child-Computer Interaction, 2(1), 26–33. https://doi.org/10.1016/j.ijcci.2014.06.003

Lin, S. Y., Chien, S. Y., Hsiao, C. L., Hsia, C. H., & Chao, K. M. (2020). Enhancing computational thinking capability of preschool children by game-based smart toys. Electronic Commerce Research and Applications, 44(August), 101011. https://doi.org/10.1016/j.elerap.2020.101011

Maulita, P. P., Harianti, P., Andriani, R., & Marini, A. (2022). Membangun karakter siswa melalui literasi digital dalam menghadapi pendidikan abad 21. Jurnal Pendidikan Dasar dan Sosial Humaniora, 2(2), 395–402. https://doi.org/10.53625/jpdsh.v2i2.4195

Mutoharoh, Hufad, A., Faturrohman, M., & Rusdiyani, I. (2021). Unplugged coding activities for early childhood problem-solving skills. JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 15(1), 121–140. https://doi.org/10.21009/jpud.151.07

Mutoharoh, Munawar, M., & Diyah, D. P. (2023). Kegiatan unplugged coding untuk meningkatkan kemampuan berpikir logis dan kritis anak usia dini. Prosiding Seminar Nasional Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini “Transisi Paud Ke SD Yang Menyenangkan.”

Nurhopipah, A., Nugroho, I. A., & Suhaman, J. (2021). Pembelajaran pemrograman berbasis proyek untuk mengembangkan kemampuan computational thinking anak. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 27(1), 6–13.

Özden, C., & Tezer, M. (2018). The effect of coding teaching on students’ self-efficacy perceptions of technology and design courses. Sustainability, 10(10), 3822. https://doi.org/10.3390/su10103822

Parham-Mocello, J., Nelson, A., & Erwig, M. (2022). Exploring the use of games and a domain-specific teaching language in CS0. Annual Conference on Innovation and Technology in Computer Science Education, ITiCSE, 1(1), 351–357. https://doi.org/10.1145/3502718.3524812

Silvia, P. (2022). Analisis kemampuan computational thinking melalui pembelajaran coding pada anak usia dini 0-8 tahun. Journal of Islamic Early Childhood Education (JOIECE): PIAUD-Ku, 1(2), 50–59. https://doi.org/10.54801/piaudku.v1i2.140

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: CV Alfabeta

Threekunprapa, A., & Yasri, P. (2020). Patterns of computational thinking development while solving unplugged coding activities coupled with the 3s approach for self-directed learning. European Journal of Educational Research, 9(3), 1025–1045. https://doi.org/10.12973/eu-jer.9.3.1025

Refbacks

  • There are currently no refbacks.