PENGEMBANGAN MEDIA DAMKAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS ANAK USIA 5-6 TAHUN
Abstract
Berpikir kritis merupakan salah satu kemampuan kognitif yang perlu ditingkatkan di pendidikan abad 21 ini. Kemampuan berpikir kritis penting untuk dikembangkan sebagai dasar kehidupan mendatang, yaitu mencakup tentang pengambilan keputusan dalam memecahkan masalah dimulai dari lingkungan sekitar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui validitas kelayakan dan keefektifan media Damkar (video animasi mitigasi kebakaran) dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis anak usia 5-6 tahun. Jenis penelitian ini yaitu Research and Development dengan menggunakan model ADDIE. Penelitian ini dilakukan dengan teknik penelitian data observasi dan angket pada subjek penelitian sebanyak 20 anak usia 5-6 tahun. Validitas media dilakukan melalui uji validasi ahli materi dengan skor 81,8%, dan validasi skor validasi ahli media 90% yang artinya media video animasi mitigasi kebakaran sangat layak digunakan. Uji efektivitas dilakukan dengan uji Wilcoxon SPSS 22 dan menunjukkan asymp. Sig (2-tailed) sebesar 0,000 dengan nilai signifikansi < 0,05 atau 0,000 < 0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya terdapat perbedaan signifikan pada pre-test dan post-test sehingga dapat dikatakan bahwa media Damkar efektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis anak usia 5-6 tahun.
Full Text:
PDFReferences
Anggraini, G. F., Pradini, S., Sasmiati, Haenilah, E. Y., & Wijayanti, D. K. (2020). Pengembangan Kemampuan Berpikir Kritis Anak Usia Dini Melalui Storytelling di TK Amartani Bandar Lampung. Jurnal Pengabdian Dharma Wacana, 1(1), 15–25.
Anti, Y. T., Wijayanti, A., & Koesmadi, D. P. (2022). Pengembangan buku smart geomtry book untuk pengenalan geometri anak usia 5-6 tahun. Al-hikmah: Indonesian Journal of Early Childhood Islamic Education, 6(1).
Astuti, A. P., & Yulianto, E. (2015). Pendidikan kebencanaan bervisi SETS, upaya membangun critical thinking skill siswa dalam antisipasi bencana. Proceeding Biology Education Conference: Biology, Science, Enviromental, and Learning, 12(1), 271–275.
BSKAP. (2022). Penjelasan Lingkup Capaian Pembelajaran Fase Fondasi. Jakarta: Kemendikbudristek.
Halim, A. (2022). Signifikansi dan implementasi berpikir kritis dalam proyeksi dunia pendidikan abad 21 pada tingkat sekolah dasar. Jurnal Indonesia Sosial Teknologi, 3(3), 404–418.
Haryaningrum, V., Reza, M., Setyowati, S., & Ningrum, M. A. (2023). Pengembangan media buku cerita bergambar digital berbasis kearifan lokal untuk mengembangkan kecerdasan moral pada anak usia dini. Jurnal Pendidikan Indonesia, 12(1).
Ibda, F. (2015). Perkembangan kognitif: teori jean piaget. Intelektualita: Journal of Education Sciences and Teacher Training, 3(1).
Ilhafa, U., & Rakhmawati, N. I. S. (2022). Analisis pelaksanaan pembelajaran sains analisis pelaksanaan pembelajaran sains dalam kemampuan berpikir kritis anak usia 5-6 tahun. Indonesan Journal of Instructional Technology, 3(2), 36–51.
Maharani, P. A., Azizah, E. N., & Susdarwati. (2021). Pengaruh video animasi pembelajaran jarak jauh terhadap kemampuan berpikir logis anak usia dini. Journal of Childhood Education, 5(1), 159–173.
Naningtias, S. A., Wijayanti, A., & Kusuma, W. S. (2023). Pengembangan buku cerita predictable book untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis anak usia dini. Early Chilhood: Jurnal Pendidikan, 7(1), 37–49.
Nasrullah, A. C., & Reza, M. (2020). Pengembangan buku panduan kegiatan pembelajaran mitigasi bencana kebakaran pada anak usia 5-6 tahun. Jurnal PAUD Teratai, 09(01).
Priyanti, N., & Warmansyah, J. (2021). Improving critical thinking skills of early childhood through inquiry learning. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 2241–2249. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1168.
Rahmasari, T., Pudyaningtyas, A. R., & Nurjanah, N. E. (2021). Profil kemampuan berpikir kritis anak usia 5-6 tahun. Jurnal Kumara Cendekia, 9(1), 41–48.
Reswari, A. (2021). Efektivitas pembelajaran berbasis steam terhadap kemampuan berpikir kritis (hots) anak usia 5-6 tahun. Journal of Childhood Education), 5(1), 1–10. http://journalfai.unisla.ac.id/index.php/JCE.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Suryawati, E. A., & Akkas, M. (2021). Capaian Pembelajaran Elemen Dasar-Dasar Literasi & STEAM. Jakarta: Kemendikbudristek.
Widayanti, M. D., & Abidin, M. Z. (2020). Pengembangan buku panduan pembelajaran metode proyek untuk guru tk. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 8(2).
Refbacks
- There are currently no refbacks.