EFEKTIVITAS PRACTICAL LIFE SKILLS TERHADAP SIKAP KEMANDIRIAN ANAK USIA 4-5 TAHUN
Abstract
Rendahnya tingkat kemandirian anak usia dini menjadi tantangan dalam mendukung perkembangan anak secara optimal. Kurangnya pembiasaan kegiatan sehari-hari yang terstruktur membuat anak masih bergantung pada bantuan orang dewasa dalam menyelesaikan tugas-tugas sederhana. Aspek kemandirian pada anak tidak hanya penting untuk kehidupan anak usia dini saat ini, tetapi juga berpengaruh besar terhadap masa depan anak saat dewasa. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen untuk mengetaui tingkat kemandirian merawat diri anak usia 4-5 tahun di Taman Kanak-kanak Kota Surakarta, dengan berpedoman pada indikator kemandirian anak usia dini. Penelitian terdiri dari 16 anak usia 4-5 tahun. Pengumpulan data menggunakan observasi. Uji validitas memenuhi kriteria valid, uji normalitas menghasilkan nilai signifikan berada di atas 0,05 sehingga data berdistribusi normal, dan uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji-t berpasangan untuk melihat signifikansi perbedaan antara hasil pre-test dan post-test. Hasil uji-t menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000 (< 0,05) dan nilai t hitung sebesar 13,175, yang lebih besar dari t tabel 1,753. Hal ini membuktikan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari kegiatan practical life skills terhadap peningkatan kemandirian anak usia 4-5 tahun. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis, dapat disimpulkan bahwa kegiatan practical life skills berpengaruh signifikan terhadap kemandirian anak usia 4-5 tahun Taman Kanak-kanak Kota Surakarta.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Daviq, C. (2019). Analisis kemandirian anak usia dini. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3 (1), 88–98.
Indriyani, E. (2022). Pemanfaatan Kegiatan Practical Life Untuk Perkembangan Kemandirian Anak Usia 4-5 Tahun. Skripsi Sarjana, FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
Isjoni, H. (2019). Model Pembelajaran Anak Usia Dini. Bengkulu: Alfabeta.
Larasati, T. D. (2023). Pengaruh model pembelajaran practical life terhadap kemandirian mengurus diri pada anak usia dini. Nanaeke: Indonesian Journal of Early Childhood Education, 4(1), 1–27.
Maryani, R. (2022). Pengaruh model pembelajaran practical life terhadap kemandirian anak usia dini di PAUD KB Muara Timur Kecamatan Tanjung Raya Kabupaten Mesuji. Journal of Economic Perspectives, 2(1), 1–4. https://doi.org/10.1080/23322039.2017
Maulida, L. (2019). Pengaruh Metode Demonstrasi Terhadap Kemandirian Anak Usia 5-6 Tahun Di Raudhatul Athfal (RA) Ash-Shobirin Lingkungan III Medan Labuhan Tahun Ajaran 2018/2019. Disertasi Doktor, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
Putri, S., Marlina, L., Sofyan, F. A., Oktamarina, L., Muhtarom, M., Cindrya, E., & Susana, S. (2022). Pelatihan membangun kelekatan antara orang tua dan anak melalui kegiatan practical life. Jurnal Pengabdian Masyarakat Sabangka, 1(03), 68-75.
Rivana, A. O. (2022). Penerapan Metode Montessori Dalam Mengembangkan Motorik Halus Pada Anak Kelompok A di Raudhatul Athfal UMDI Ujung Baru Parepare Disertasi Doktor, IAIN Parepare.
Riyadi, E. N. (2016). Tingkat Kemandirian Anak Taman Kanak- Kanak Islam Terpadu Mutiara Insani Brosot Galur Kulon Progo. Skripsi Sarjana, Universitas Negeri Yogyakarta.
Rohmah, T. (2013). Meningkatkan kemandirian anak melalui kegiatan practical life kelompok-a di RA Al-Ikhlas Medokan Ayu Rungkut Surabaya. Jurnal PAUD Teratai, 2(1).
Sulistiani, S. (2024). Pengaruh Kegiatan Practical Life terhadap Keterampilan Merawat Diri Anak Usia 5-6 Tahun di RA Iqra'Sabila Kota Jambi. Disertasi Doktor, Universitas Jambi.
Suryana, D. (2016). Pendidikan Anak Usia Dini: Stimulasi & Aspek Perkembangan Anak. Jakarta: Prenada Media.
Tanu, I. K. (2017). Pentingnya pendidikan anak usia dini agar dapat tumbuh dan berkembang sebagai generasi bangsa harapan di masa depan. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(2), 19-29. https://doi.org/10.25078/aw.v2i2.960.
Wijayanti, T., Syamsuddin, M. M., & Pudyaningtyas, A. R. (2019). Upaya meningkatkan kemandirian anak melalui practical life activity pada anak usia 5-6 tahun. Kumara Cendekia, 7(4), 440-450. https://doi.org/10.20961/kc.v7i4.31774
Winegal, I., Sudarsini, S., & Adi, E. P. (2018). The effect of practical life activity towards the improvement of an autistic child’s fine motor skill. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Luar Biasa, 5(1), 67–71. http://journal2.um.ac.id/index.php/jppplb/article/view/4189
Yamin, M., & Sanan, J. S. (2013). Panduan PAUD: Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Gaung Persada Press Group.
Zahira, Z. (2019). Islamic Montessori Inspired Activity. Jakarta: Bentang Pustaka.
Refbacks
- There are currently no refbacks.