HUBUNGAN FATHER INVOLVEMENT TERHADAP PERILAKU PROSOSIAL ANAK USIA 5-6 TAHUN
Abstract
Peran ayah dalam pengasuhan semakin diakui penting dalam mendukung perkembangan sosial dan emosional anak. Keterlibatan ayah yang positif dapat membantu anak mengembangkan kemampuan bersosialisasi, menunjukkan empati, serta membentuk perilaku prososial sejak usia dini. Penelitian ini bertujuan mengkaji hubungan antara father involvement dan perilaku prososial anak usia 5–6 tahun dengan pendekatan kuantitatif dan metode korelasional. Data dikumpulkan melalui kuesioner kepada 48 responden dan dianalisis menggunakan uji validitas, reliabilitas, normalitas, serta korelasi Pearson Product Moment dengan bantuan SPSS versi 27. Hasil menunjukkan adanya hubungan signifikan antara father involvement dan perilaku prososial anak dengan nilai r = 0,562 dan p < 0,001, yang termasuk dalam kategori sedang. Temuan ini menunjukkan bahwa father involvement berperan dalam meningkatkan sikap berbagi, bekerja sama, dan empati anak. Oleh karena itu, peningkatan kesadaran orang tua, khususnya ayah, mengenai pentingnya keterlibatan dalam pengasuhan sangat diperlukan. Sekolah juga diharapkan dapat mengembangkan program yang mendorong partisipasi ayah dalam proses pendidikan anak, guna membentuk karakter positif sejak dini.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Azwar, S. (2015). Reliabilitas dan Validitas (4th Ed.). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Bussa, B. D., Kiling-Bunga, B. N., Thoomaszen, F. W., & Kiling, I. Y. (2018). Persepsi ayah tentang pengasuhan anak usia dini. Jurnal Sains Psikologi, 7(2), 126–135.
Carlo, G., Crockett, L. J., Wolff, J. M., & Beal, S. J. (2019). The role of emotional reactivity, self-regulation, and puberty in adolescents’ prosocial behaviors. Child Development, 90(6), 118-130. https://doi.org/10.1111/cdev.13139.
Eisenberg, N., Spinrad, T. L., & Knafo-Noam, A. (2015). Prosocial development. Dalam Handbook of Child Psychology and Developmental Science, 6, 610–656. New Jersey: Wiley.
Fajriati, R. D. (2021). Peran mindful parenting terhadap keterlibatan ayah dalam pengasuhan. Jurnal Sains Psikologi,10(2), 80–92.
Grusec, J. E., & Davidov, M. (2010). Integrating different perspectives on socialization theory and research: A domain‐specific approach. Child Development, 81(3), 687-709. https://doi.org/10.1111/j.1467-8624.2010.01426.x
Gymnastia, H. N., Sundari, N., & Mashudi, E. A. (2025). Dampak co-parenting orang tua terhadap perkembangan sosial-emosional anak usia dini: Sebuah studi kasus. AULAD: Journal on Early Childhood, 8(1), 525–541. https://doi.org/10.31004/aulad.v8i1.1079
Hasanah, N., & Drupadi, R. (2020). Perilaku prososial anak selama pandemi covid-19. BUANA GENDER : Jurnal Studi Gender dan Anak, 5(2), 97–107. https://doi.org/10.22515/bg.v5i2.2819
Huang, Y., Wang, Y., & Zhang, L. (2022). The impact of father involvement on children's social skills: A meta-analysis. Journal of Family Psychology, 36(1), 45-56. https://doi.org/10.1037/fam0000860.
Jeynes, W. H. (2015). A meta-analysis on the relationship between father involvement and student academic achievement. Urban Education, 50(4), 387-423. https://doi.org/10.1177/0042085914525789.
Kim, J. H., & Wang, S. (2021). Birth order effects, parenting style, and son preference (No. 1007). GLO Discussion Paper.
Lamb, M. E. (2010). How do fathers influence children's development? Let me count the ways. The Role of the Father in Child Development, 1(1), 1-26. https://doi.org/10.1002/9780470759183.
Lubis, M. Y. (2019). Mengembangkan sosial emosional anak usia dini melalui bermain. Generasi Emas, 2(1), 47–58. https://doi.org/10.25299/ge.2019.vol2(1).3301.
Lusi, U & Rinaldi. (2014). Perbedaan keterlibatan ayah dalam pengasuhan anak pada etnis minang ditinjau dari tingkat pendapatan. Jurnal RAP UNP, 5(1), 43–52.
Matondang, E. S. (2017). Perilaku prososial (prosocial behavior) anak usia dini dan pengelolaan kelas melalui pengelompokan usia rangkap (multiage grouping). EduHumaniora: Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 8(1), 34. https://doi.org/10.17509/eh.v8i1.5120.
Mayangsari, D., Sari, E. D. N., & Munaila, N. (2017). Peningkatan perilaku prososial pada anak usia 4-5 tahun melalui kegiatan outbond fun estafet di TK PGRI Langkap Burneh Bangkalan. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 4(2), 115. https://doi.org/10.21107/jpgpaud.v4i2.3574.
Mufarrohah, A. F., & Diana, R. R. (n.d.). Peran Ayah dalam Mendukung Perkembangan Sosial. 501–510.
Muslimah, I. H., Rosalina, A., Desiderawi, A. K. M., Loviona, L., & Sari, L. (2023). Identitas sosial dan perilaku prososial pada anggota fandom k-pop. PSYCHOPEDIA: Jurnal Psikologi Universitas Buana Perjuangan Karawang, 8(2), 31–38. https://doi.org/10.36805/psychopedia.v8i2.6121.
Papalia, D. E., Olds, S. W., & Feldman, R. D. (2009). A Child's World: Infancy Through Adolescence. New York: McGraw-Hill Education.
Ramadhani, N. (2020). Father Involvement Sebagai Prediktor Terhadap Psychological Well Being pada Remaja. Skripsi Sarjana, Universitas Bosowa.
Rohmah, S. (2021). Implementasi metode bermain peran dalam mengembangkan sikap prososial anak usia dini pada masa pembelajaran jarak jauh. Jurnal CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 4(6), 679–686.
Rudi, R., Hanita, H.,Suryani,R. (2022). Hubungan keterlibatan orang tua terhadap perilaku prososial pada anak usia 5-6 tahun. Jurnal Program Studi PGRA, 8(1), 9–17.
Saharani, S., Iriyanto, T., & Anisa, N. (2021). Perkembangan perilaku prososial anak usia 4-5 tahun di TK Mardi Putra 01 Kota Batu. JP2KG AUD (Jurnal Pendidikan, Pengasuhan, Kesehatan dan Gizi Anak Usia Dini), 2(1), 19–30. https://doi.org/10.26740/jp2kgaud.2021.2.1.19-30.
Santrock, J. W. (2007). Child development. New York: McGraw-Hill Education.
Septiningsih, D. S., Nur’aeni., &, & Rahardjo, P. (2019). Father involvement pada keluarga untuk menghindarkan anak dari perilaku disruptive. LPPM: Ump, 2, 405–411
Sitepu, J. M., Masitah, W., Nasution, M., & Hasibuan, L. P. L. (2023). Perbedaan perilaku prososial anak usia dini ditinjau dari jenis kelamin. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(3), 3618–3626. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i3.4786.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suryani, Setyaningsih, K., Murtopo, ali-U. A. J., & 2022, U. (2022). Hubungan interaksi teman sebaya dengan perilaku sosial pada anak usia 4-6 tahun di RA An-naba Banyuasin. ULIL ALBAB: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(4), 712–727.
Wijayanti, R. M., & Fauziah, P. Y. (2020). Keterlibatan Ayah Dalam Pengasuhan Anak. JIV-Jurnal Ilmiah Visi, 15(2), 95–106. https://doi.org/10.21009/jiv.1502.1
Refbacks
- There are currently no refbacks.