PENGARUH EKSPERIMEN MAGNET TERHADAP KEMAMPUAN SAINS DI TK NUR ILAAHI KOTA PADANG
Abstract
Keterbatasan fasilitas dalam kegiatan sains menyebabkan metode eksperimen jarang dilaksanakan. Hal ini menyebabkan anak-anak kurang memiliki kesempatan dalam mengembangkan kemampuan sains secara langsung. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh eksperimen magnet terhadap kemampuan sains anak di Taman kanak-kanak Nur Ilaahi Lubuk Buaya Kota Padang. Penelitian dilakukan melalui pendekatan kuantitatif dengan desain quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini ialah semua anak Taman Kanak-kanak Nur Ilaahi Lubuk Buaya Kota Padang, dengan jumlah 12 orang anak dari kelas B1 dan B3. Data dikumpulkan melalui lembar pernyataan. Selanjutnya, data diolah menggunakan uji hipotesis (uji t) dengan bantuan SPSS 30.0 for Windows. Hasil penelitian menyatakan bahwa nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0.002 < 0.05. Hasilnya, diperoleh perbedaan yang sangat besar antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Maka dari itu, eksperimen magnet berdampak pada kemampuan sains anak. Dapat disimpulkan Ha diterima dan H0 ditolak. Jadi, eksperimen magnet berpengaruh terhadap kemampuan sains anak.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ariska, D., & Yaswinda. (2023). Pengaruh percobaan magnet terhadap kemampuan berpikir kritis anak usia 5-6 tahun di Taman Kanak-kanak. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1).
Charlesworth, R., & Lind, K. (2010). Math & Science For Young Children. Boston: Cengage Learning.
Fauziyah, A. I., & Hasibuan, R. (2020). Pengaruh metode eksperimen tema gejala alam terhadap kemampuan kognitif mengenal sebab-akibat. Jurnal PAUD Teratai, 9(1).
Gustia, B. A., Yaswinda, Zulminiati, & Marlina, S. (2023). Pengaruh kegiatan eco enzyme terhadap keterampilan proses sains anak usia dini di Taman Kanak-kanak Ananda Maek. Ar-Raihanah: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3(2), 150–158.
Hakim, R. L. N., Nugraha, A., & Gustiana, A. D. (2020). Pengaruh pembelajaran sains berbasis eksperimen terhadap keterampilan proses sains pada anak usia dini. Edukids: Jurnal Pertumbuhan, Perkembangan, dan Pendidikan Anak Usia Dini, 17(1). https://doi.org/10.17509/edukid.v17i1.24186.
Handayani, P. H., & Srinahyanti. (2018). Literasi sains ramah anak usia dini. Early Childhood Education Journal of Indonesia, 1(2).
Hazhari, A., Magdalena, M., & Warsih. (2021). Analisis penggunaan metode eksperimen terhadap kemampuan mengenal warna pada anak usia dini. JoEE (Journal of Early Childhood Education), 2(1). https://doi.org/10.54438/joee.v2i1.242.
Husin, S. H., & Yaswinda. (2021). Analisis pembelajaran sains anak usia dini di masa pandemi COVID-19. Jurnal Basicedu, 5(2), 581–595. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.780.
Ismiyati, & Musi, M. A. (2019). Penerapan metode eksperimen berbasis scientific approach terhadap perkembangan kecerdasan logis matematis anak usia dini. Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Anak Usia Dini, 5.
Izzuddin, A. (2021). Upaya mengembangkan kemampuan kognitif anak usia dini melalui media pembelajaran sains. Edisi: Jurnal Edukasi dan Sains, 3(3), 542–557. https://doi.org/10.36088/edisi.v7i1.
Izzuddin, A., Palapa, S., & Lombok, N. (2019). Sains dan pembelajarannya pada anak usia dini. Jurnal Pendidikan dan Sains, 1(3), 353–365. https://doi.org/10.36088/bintang.v1i3.714.
Ma’viyah, A. (2021). Metode Eksperimen dalam Pembelajaran Sains untuk Anak Usia Din. Prosiding Konferensi Integrasi Interkoneksi Islam Dan Sains, 3, 2021.
Putri, C. H., Mutiawati, Y., & Fuad, Z. Al. (2021). Analisis pembelajaran sains di kelompok B1 Al-Khawarizmi Tk Al-Azhar Cairo Banda Aceh Aceh Besar. Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 2(2).
Safira, A. R., & Ifadah, A. S. (2020). Pembelajaran Sains dan Matematika Anak Usia Dini. Sukoharjo: Caramedia.
Samatowa, U. (2018). Metodologi Pembelajaran Sains untuk Pendidikan Anak Usia Dini. Tangerang: Tira Smart.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sulyandari, A. K. (2021). Perkembangan Kognitif dan Bahasa Anak Usia Dini. Bogor: Guepedia.
Suryana, D. (2021). Pendidikan Anak Usia Dini Teori dan Praktik Pembelajaran. Dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Paramedia.
Susanto, A. (2017). Pendidikan Anak Usia Dini (Konsep dan Teori). Bandung: Bumi Aksara.
Yaswinda, Nilawati, E., & Hidayati, A. (2019). Pengembangan media video tutorial pembelajaran sains berbasis multisensori ekologi untuk meningkatkan kogntif anak taman kanak-kanak. Jurnal Audi : Jurnal Ilmiah Kajian Ilmu Anak Dan Media Informasi PAUD, 4(2). https://doi.org/10.33061/jai.v4i2.3326.
Yaswinda, Yulsyofriend, & Mayar, F. (2018). Pengembangan bahan pembelajaran sains berbasis multisensori ekologi bagi guru PAUD Kecamatan Tilatang Kamang Kabupaten Agam. Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(11).
Refbacks
- There are currently no refbacks.