PENGARUH PERMAINAN SIRKUIT TERHADAP PERKEMBANGAN GERAK LOKOMOTOR ANAK USIA 5-6 TAHUN

Ratih Indah Permatasari, Adriani Rahma Pudyaningtyas

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh permainan sirkuit terhadap gerak lokomotor anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini merupakan pendekatan penelitian kuantitatif jenis eksperimen denggan metode kuasi eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah One Group Pretest-Posttest Design desain ini terdapat pretest sebelum diberi perlakuan dan posttest sesudah diberi perlakuan. Populasi pada penelitian ini berjumlah 20 anak. Penelitian ini menggunakan teknik pengambilan sampel probability sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti dalam penelitian ini adalah tes unjuk kerja. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa observasi, peneliti akan mengamati secara langsung terhadap aspek gerak lokomotor anak. Uji validitas dan reliabilitas menggunakan SPSS 25 for Windows dengan rumus Cronbach’s. Uji normalitas menggunakan Kolmogorov Smirnov dan Shapiro Wilk menunjukkan bahwa data berdistribusi normal. Uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan Paired Samples Statistics untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh dari permainan sirkuit terhadap fisik motorik khususnya pada gerak lokomotor anak. Berdasarkan analisis penelitian ini, menunjukkan bahwa terdapat peningkatan rata-rata nilai pada kelas eksperimen yaitu ketika pretest sebesar 13.95 menjadi 14.70 ketika posttest. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh permainan sirkuit ini terhadap perkembangan gerak lokomotor anak usia 5-6 tahun

Keywords

anak usia dini; fisik motorik; gerak lokomotor; permainan sirkuit

References

Andika, K. F., Basori, & Efendi, A. (2018). Pengaruh Keaktifan Mahasiswa Dalam Organisasi Dan Prestasi Belajar Terhadap Kesiapan Kerja Mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Informatika Dan Komputer Universitas Sebelas Maret Surakarta. Jurnal Ilmiah Edutic, 4(2). Apriliani, A. M., Yasbiati, & Elan. (2019). Meningkatkan Keterampilan Gerak Lokomotor Anak Usia 5-6 Tahun Di Kelas B Hijau Melalui Permainan Engklek Rintangan Di TK Negeri Pembina Kota Tasikmalaya. Jurnal PAUD Agapedia, 3(2), 178–190. Azwar, S. (1997). Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2018). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. Retrieved from https://spada.uns.ac.id/pluginfile.php/510378/mod_resource/content/1/creswell .pdf Fatimah, F. N., Ulya, H., Afifah, N., Auliani, R., & Larasati, S. A. (2023). Alat Permainan Edukatif Sebagai Sumber Dan Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 7(1). https://doi.org/10.19109/ra.v75i1.15436 Gatot, J., Nugroho, H., Hermawan, I., Fachrezzy, F., & Maslikah, U. (2021). The Effect of Circuit Learning on Improving The Physical Fitness of Elementary School Students. International Journal of Education Research & Social. https://ijersc.org Hatta, M. (2021). Pengembangan Alat Permainan Edukatif Berbasis Model. Aura: Jurnal Pendidikan Aura, 13(1), 2477–5002. Hidayah, R. L., & Khan, R. I. (2021). Pemanfaatan Permainan Sirkuit Sebagai Pengasah Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia Dini. 646–654. Kamaliah, L., Hapsari, M. T., Herliana, W., & Sianturi, R. (2024). Manfaat Penerapan Sistem Belajar Di Luar Kelas (Outdoor learning) Untuk Anak Usia Dini. Jurnal Raudhah, 12(2). http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/raudhah Laili, R. A., Mintarsih, Masrurroh, M. B., Astuti, M. D., & Susanti, M. T. (2017). Memingkatkan Kreativitas Anak Usia Dini Melalui Pembuatan Alat Permainan Edukatif (APE). Penamas Adi Buana, 02(2). Monicha, N. (2020). Peningkatan Kemampuan Motorik Kasar Melalui Permainan Sirkuit. Jurnal Cikal Cendekia, 01(01), 33–42. Nugraheni, S. E., Wulandari, R. T., Anisa, N., Studi, P., Guru, P., Anak, P., Dini, U., Kependidikan, J., Dasar, S., & Prasekolah, D. (2019). Efektivitas Permainan Sirkuit Mahkota Untuk Menstimulus Kemampuan Motorik Kasar Anak TK A. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 124–131. Pulungan Mardhiyah Sumarni. (2019). Pengaruh Perapan Permainan Sirkuit Terhadap Kecerdasan Kinestetik Anak Usia 5-6 Tahun di RA (RAUDHATULATHFAL) AL-WASHLIYAH DESA JANJI MATOGU. Riswandi, F. N. (2021). Peningkatan Kemampuan Motorik Kasar Melalui Pengembangan Model Permainan Sirkuit Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 8(1), 2407–4454. Roni, Y. S., Purwanti, & Miranda, D. (2016). Upaya Meningkatkan Gerak Lokomotor Melalui Permainan Atraktif dan Kompetitif pada Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Untan. Sulastri Neli. (2021). Permainan Sirkuit Dalam Mengembangkan Motorik Kasar Anak di TK HIP HOP BANDAR LAMPUNG. Yusmawiari, C., Ketut Suarni, N., Magta, M., & Paud, J. P. (2017). Pengaruh Metode Bermain Aktif Terhadap Kemampuan Gerak Lokomotor Anak Kelompok A PAUD Pelita Kasih Singaraja. EJournal Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Pendidikan Ganesha, 5(2).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.