HUBUNGAN SOCIAL MEDIA PARENTING DENGAN HARGA DIRI PADA ANAK USIA DINI
Abstract
Harga diri merupakan sikap individu terhadap dirinya sendiri yang mencerminkan penilaian positif atau negatif secara keseluruhan. Anak-anak mulai mengembangkan harga diri sejak usia 3-6 tahun, orang tua memegang peran penting dalam perkembangan harga diri anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi hubungan antara social media parenting dengan harga diri pada anak usia dini. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Penelitian melibatkan 55 orang tua dengan anak usia 3-6 tahun yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Pengambilan data dilakukan di lima TK yang berada di Surakarta. Data dikumpulkan melalui kuesioner tertutup berbasis skala Likert. Instrumen alat ukur sebelum digunakan dilakukan uji validitas dan uji reliabilitas. Uji validitas dilakukan menggunakan metode Pearson Product Moment. Uji validitas menunjukkan hasil tidak ditemukan item gugur pada alat ukur skala social media parenting dan harga diri. Uji reliabilitas dilakukan dengan menggunakan Alpha Cronbach, yang menunjukkan bahwa kedua instrumen reliabel, dengan skor reliabilitas social media parenting 0,866 dan harga diri sebesar 0,612. Pengolahan data dilakukan dengan bantuan SPSS 25, dan hasil analisis menggunakan uji korelasi Pearson Product Moment. Uji korelasi Pearson Product Moment menunjukkan nilai signifikansi (Sig. 2-tailed) < 0,001, yang mengindikasikan adanya hubungan signifikan antara social media parenting dengan harga diri pada anak.
Full Text:
PDFReferences
Anggraeni, D., & Muchlisin, M. A. (2023). Penerapan self-esteem pada anak usia dini untuk meminimalisir kasus bullying di KB Riyadul Umat. Journal of Education Research, 4(3), 972–979. https://doi.org/10.37985/jer.v4i3.238.
Ariyanti, V., & Purwoko, B. (2023). Faktor-faktor yang memengaruhi self-esteem remaja: Literature review. TERAPUTIK: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 6(3), 362368. https://doi.org/10.26539/teraputik.631389.
Azwi, A. I., Yenni, Y., & Vianis, O. (2022). Hubungan pola asuh orang tua terhadap perkembangan sosial emosional anak yang menggunakan gadget pada anak usia dini. REAL in Nursing Journal, 5(1), 24. https://doi.org/10.32883/rnj.v5i1.1507.
Baumeister, R. F., Campbell, J. D., Krueger, J. I., & Vohs, K. D. (2003). Does high self-esteem cause better performance, interpersonal success, happiness, or healthier lifestyles? Psychological Science in the Public Interest, 4(1), 1–44. https://doi.org/10.1111/1529-1006.01431.
Beyens, I., Keijsers, L., & Coyne, S. M. (2022). Social media, parenting, and wellbeing. Current Opinion in Psychology, 47, 101350. https://doi.org/10.1016/j.copsyc.2022.101350.
Çoban, İ., & Doğan, A. (2022). Sosyal medya ebeveynliği, ebeveynlerin sosyal medya davranışları üzerine bir derleme. Nesne Psikoloji Dergisi, 10(24), 264-277. http://dx.doi.org/10.7816/nesne-10-24-06.
Daneels, R., & Vanwynsberghe, H. (2017). Mediating social media use: Connecting parents’ mediation strategies and social media literacy. Cyberpsychology, 11(3 Special Issue). https://doi.org/10.5817/CP2017-3-5.
Ergül, G., & Yıldız, S. (2021). Sosyal medyada sosyal annelik Instagram anneliği. Kırıkkale Üniversitesi Sosyal Bilimler Dergisi, 11(2), 611-627.
Fajrur, M., & Febriana, P. (2022). Penggunaan new media di kalangan orang tua golongan millenial sebagai media pengasuhan anak masa kini di era digital. Thufula: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 10(1), 1–12.
Fitri, A. Z., & Haryanti, N. (2020). Metodologi Penelitian Pendidikan: Kuantitatif, Kualitatif, Mixed Method, dan Research and Development. Banten: Madani Media.
Gallego, A. M., Torres-Hernández, N., & Pessoa, T. (2019). Competence of future teachers in the digital security area. Comunicar, 27(61), 53–62.
Gittins, C. B., & Hunt, C. (2019). Parental behavioural control in adolescence: How does it affect self-esteem and self-criticism? Journal of Adolescence, 73, 26–35. https://doi.org/10.1016/j.adolescence.2019.03.004.
Hagen, R., Havnen, A., Hjemdal, O., Kennair, L. E. O., Ryum, T., & Solem, S. (2020). Protective and vulnerability factors in self-esteem: The role of metacognitions, brooding, and resilience. Frontiers in Psychology, 11, 1–7. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2020.01447.
Hanafi, D., Sabara, & Patimah. (2024). Social media usage deviation and impact on muslim family dynamics in Makassar City, South Sulawesi. Samarah, 8(3), 1597–1622. https://doi.org/10.22373/sjhk.v8i3.24113.
Hastuti, D. (2016). Strategi pengembangan harga diri anak usia dini. JURNAL JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 2(2), 38. https://doi.org/10.26555/jpsd.v2i2.a5486.
Hidayatullah, R. M., & Alifah, N. (2022). Perilaku asertif dengan harga diri mahasiswa dalam melaksanakan pembelajaran daring. PSYCOMEDIA : Jurnal Psikologi, 2(1), 14–32. https://doi.org/10.35316/psycomedia.2022.v2i1.14-32.
Jung, J. H. (2020). An interaction between cognitive ability and personality on the performance of computer-based group idea generation. The Journal of Information Systems, 29(2), 265–286.
Khosibah, S. A. (2024). Pengaruh peran parent influencers media sosial pada pola asuh orang tua milenial. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8(5), 926–935. https://doi.org/10.31004/obsesi.v8i5.6025.
Konok, V., Bunford, N., & Miklósi, Á. (2020). Associations between child mobile use and digital parenting style in Hungarian families. Journal of Children and Media, 14(1), 91–109. https://doi.org/10.1080/17482798.2019.1684332.
Latipah, E., Adi Kistoro, H. C., Hasanah, F. F., & Putranta, H. (2020). Elaborating motive and psychological impact of sharenting in millennial parents. Universal Journal of Educational Research, 8(10), 4807–4817. https://doi.org/10.13189/ujer.2020.081052.
Muarifah, A., Mashar, R., Hashim, I. H. M., Hidayah, N., & Oktaviani, F. (2022). Aggression in adolescents: The role of mother-child attachment and self-esteem. Behavioral Sciences, 12(5). https://doi.org/10.3390/bs12050147.
Multasih, E., & Suryadi, B. (2019). Pengaruh self-esteem dan dukungan sosial terhadap optimisme masa depan anak jalanan di rumah singgah Jakarta Selatan. TAZKIYA: Journal of Psychology, 1(1), 67–78. https://doi.org/10.15408/tazkiya.v18i1.9377.
Olanrewaju, A. S. T., Hossain, M. A., Whiteside, N., & Mercieca, P. (2020). Social media and entrepreneurship research: A literature review. International Journal of Information Management, 50(May 2019), 90–110. https://doi.org/10.1016/j.ijinfomgt.2019.05.011.
Orth, U., & Robins, R. W. (2022). Is high self-esteem beneficial? Revisiting a classic question. American Psychologist, 77(1), 5–17. https://doi.org/10.1037/amp0000922.
Pinquart, M., & Gerke, D. C. (2019). Associations of parenting styles with self-esteem in children and adolescents: A meta-analysis. Journal of Child and Family Studies, 28(8), 2017–2035. https://doi.org/10.1007/s10826-019-01417-5.
Rahmi, A. A., Hizriyani, R., & Sopiah, C. (2022). Analisis teori hierarki of needs abraham maslow terhadap perkembangan sosial emosional anak usia dini. Aulad: Journal on Early Childhood, 5(3), 320–328. https://doi.org/10.31004/aulad.v5i3.385.
Siibak, A. (2019). Digital Parenting and the Datafied Child. Dalam Educating 21st Century Children: Emotional Well-Being in the Digital Age. (pp. 103–121). https://doi.org/10.1787/313a9b21-en.
Situmorang, E. L., Agustin, D., Butar-Butar, R. D., Siantajani, Y., S, L. D., Telaumbanua, F., & Waruwu, R. Y. (2021). Edukasi penggunaan gadget terhadap perkembangan sosial, emosional pada anak usia dini. REAL COSTER: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 4(1), 1–12. https://doi.org/10.53547/rcj.v4i1.95.
Subaşı, S., Korkmaz, Ö., & Kukul, V. (2024). Social media parenting scale: Validity and reliability study. Education and Information Technologies, 1-29.
Sukardi, H. M. (2019). Metodologi Penelitian Pendidikan: Kompetensi dan Praktiknya (Edisi Revisi). Bekasi Cahaya Prima Sentosa.
Tyarini, A. I., Setiawati, A., Septiyana Achmad, V., & Astuti, A. (2023). Improving healthy behavior in preventing stunting through digital media. Abdimas Polsaka, 2(2),97–103. https://doi.org/10.35816/abdimaspolsaka.v2i2.47.
Wood, C., Griffin, M., Barton, J., & Sandercock, G. (2021). Modification of the rosenberg scale to assess self-esteem in children. Frontiers in Public Health, 9(June), 1–7. https://doi.org/10.3389/fpubh.2021.655892.
Wulandari, S., & Sakti, H. (2022). Hubungan antara harga diri dengan kecenderungan bullying pada siswa SMA Masehi 1 Yayasan Pengampu Sekolah Dan Asrama Kristen (PSAK) Semarang. Jurnal EMPATI, 11(1), 8–13. https://doi.org/10.14710/empati.2022.33355.
Yuliani, R., Amenike, D., & Murni, A. W. (2023). Strategi parental mediation mempengaruhi tingkat self disclosure remaja kepada orang tua terkait penggunaan media sosial? Biopsikososial: Jurnal Ilmiah Psikologi Fakultas Psikologi Universitas Mercubuana Jakarta, 7(1), 10. https://doi.org/10.22441/biopsikososial.v7i1.17502
Refbacks
- There are currently no refbacks.