HUBUNGAN DAYA DUKUNG AKSIAL PONDASI TIANG TUNGGAL PADA TANAH LEMPUNG

Muh Rivai Miroj, Niken Silmi Surjandari, Bambang Setiawan

Abstract

Daya dukung pondasi tiang ditentukan berdasarkan pelekatan tiang dengan tanah dan tahanan ujung. Pada saat pemancangan nilai daya dukung dari masing – masing pondasi tiang tunggal dapat diketahui dengan cara melakukan pengujian beban tiang terhadap gaya aksial . Salah satu pengujian yang dapat dilakukan adalah tes PDA. Penelitian ini bertujuan untuk mencari persamaan daya dukung tiang berdasarkan hasil PDA dengan daya dukung tiang berdasarkan data SPT dan daya dukung tiang berdasarkan data laboratorium menggunakan metode elemen hingga dengan menggunakan tanah yang ada di wilayah Ngemplak Boyolali. Penelitian ini menggunakan data dari lapangan yang berupa data sekunder, kemudian dari data sekunder dianalisis dengan metode statistika untuk mendapatkan persamaan regresi linier. Dilanjutkan dengan uji statistik seperti uji t, uji normalitas, uji homogenitas dan uji linieritas. Hasil dari data yang dianalisis dengan metode statistika menghasilkan persamaan daya dukung tiang tunggal pada tanah lempung sebesar Qu(PDA) = 1,683*Qu(SPT) – 904,26 berdasarkan data SPT yang dianalisis menggunakan metode Briaud et Al (1985) dengan tingkat korelasi yang sangat kuat sebesar 81,44 %.

Full Text:

PDF

References

Arifin, Z. (2007). Komparasi Daya Dukung Aksial Tiang Tunggal Dihitung dengan Beberapa Metode Analisis. Tesis Fakultas Teknik Jurusan Teknik Sipil Universitas Diponegoro. Semarang


Boediono & Wayan Koster. (2008). Teori dan Aplikasi Statistika dan Probabilitas. Remaja Rosdakarya. Bandung.


Bowles, J. E. (1984). Sifat-sifat Fisis dan Geoteknis Tanah (Mekanika Tanah). Erlangga. Jakarta.


Das, B. M. (2011). Principle Of Foundation Engineering. Edisi 7. Cengage Learning. Stamford USA.
Das, B. M. (1995). Mekanika Tanah. Jilid 2. Erlangga. Jakarta.


Fellenius, B. H. (2004). Basics of Foundation Design. Elib Ab. Alberta


Hardiyatmo, H. C. (2015). Analisis dan Perancangan Fondasi II. Gadjahmada University Press. Yogyakarta.


Hardiyatmo, H. C. (2010). Mekanika Tanah II. Gadjah Mada University Press. Yogyakarta.


Plaxis 3D, Tutorial Manual. (2019). Connect Edition V20. Delft. Netherlands.


Yusa, M.,dkk. (2007). Korelasi Penentuan Daya Dukung Tiang Cara Empirik (CPT) dengan Pile Driven Analysis (PDA) Di Kota Pekanbaru . Media Teknik Sipil, Januari 2007, 41-48.


Yusti, A.,dkk. (2014). Analisis Daya Dukung Pondasi Tiang Pancang Diverifikasi Dengan Hasil Uji Pile Driving Analyzer Test Dan Capwap (Studi Kasus Proyek Pembangunan Gedung Kantor Bank Sumsel Babel di Pangkal pinang). Jurnal Fropil. 2(1): 19-31.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.