MODEL LOGIT DAN PROBIT DALAM ANALISIS SENSITIVITAS TARIF TOLO SOLO-NGAWI RUAS KARTASURA-PALANG JOGLO BERDASARKAN WILLINGNESS TO PAY (WTP)

Dewi Handayani, Hera Cahyaning Putri, Amirotul M HM

Abstract

Proyek jalan tol Solo-Ngawi merupakan bagian dari proyek mega pembangunan jalan tol Trans Jawa yang diprakarsai oleh pemerintah dan saat ini masih dalam proses pembangunan. PT Solo Ngawi Jaya (SNJ) selaku perusahaan pengelola tol Solo-Ngawi perlu menentukan tarif tol yang sesuai dengan rencana bisnis sekaligus realisasi kemampuan calon pengguna pulsa pada saat beroperasi. Penentuan tingkat suku bunga yang sesuai akan mempengaruhi kemajuan pembangunan ekonomi daerah. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana sensitivitas tarif tol tol Solo-Ngawi berdasarkan potensi pengguna Wajib bayar (WTP). Data primer diperoleh dengan membagikan kuesioner preferensi yang telah diajukan kepada pengguna kendaraan roda empat di segmen jalan arteri Kartasura-Palang Joglo. Data lebih lanjut yang diperoleh akan dianalisis dengan model logit dan probit. Berdasarkan hasil analisis, ditemukan bahwa pengaruh perubahan tarif pada jumlah WTP pada model logomial binomial lebih sensitif daripada model probit pada kondisi perjalanan yang sama. Rentang tarif dari perubahan tarif ke WTP pada model log binomial lebih besar daripada kisaran nilai dalam model probit.

References

Al-Ghuraiz, Y., and A. Enshassi. 2005. Ability And Willingness To Pay For WaterSupply Service In The Gaza Strip.Building and Environment 40: 1093–1102.

Breidert, Cristoph. 1995. Theory, Measurement and Application of Willingness to Pay. Wina: Vienna University of Economic and Business.

Bruton, M.J.1985. Introduction To Transportation Planning. London: Hutchinson & Co Ltd.

F. Panjaitan, Indra, 2013. Analisis Tarif Jalan Tol Medan-Binjai berdasarkan Pendekatan Willingness To Pay (WTP) dan Ability To Pay (ATP). Universitas Sumatera Utara. Medan.

Hensher, David A.1993. Stated Preference Analysis Of Travel Choice: The State Of Practice. Netherland.

Kanafani , A, 1983, Transportation Demand Analysis , Mc. Graw Hill Book Co, New York.

Kerf, M., Gray, R.D., Irwin, T., Levesque, C. & Taylor, R.R., 1998, “Concessions for Infra-structure : A Guide to Their Design and Award, World Bank Technical Paper No. 399, IBRD, Washington, DC, 1998.

M. Panjaitan, Imelda. 2012. Pemodelan Pemilihan Moda Angkutan Penumpang Karya Agung & KBT (Koperasi Bintang Tapanuli) dengan ketetapan Model Probit dan Logit, Studi Kasus : Medan – Balige. Skripsi. Program Studi Teknik Sipil. Universitas Sumatera Utara. Medan.

Muhammad, Ryan, dan Medis S.Surbakti.2013.Analisa Pemilihan Moda Transportasi untuk Perjalanan antara Shuttle Service dan Kereta Api dengan Menggunakan Metode Stated Preference.Jurnal Universitas Sumatera Utara.

Oktavia, Futri Fajriani, dan Indra Jaya Pandia.2014.Analisa Pemilihan Moda Transportasi untuk Perjalanan Kerja dengan studi kasus Kelurahan Mabar, Medan Deli. Jurnal Universitas Sumatera Utara Vol.3 No.1

Ortuzar, J.D. and Willumsen, L.G. (1994), Modelling Transport, Third Edition, Jhon Wiley & Sons

Parikesit, Danang.1993.Kemungkinan Penggunaan Teknik Stated Preference dalam Perencanaan Angkutan Umum. Forum Teknik Sipil No II/I – Agustus 1993. UGM Yogyakarta.

Rahardjo, Edy. 2001. Perbandingan Model Probit dan Model Logit dalam Menghitung Probabilitas Pilihan Menggunakan Kendaraan Pribadi dan Angkutan Umum. Tesis, Magister Teknik Sipil, Universitas Indonesia. Depok

Ryandika. 2011. Analisis Tarif Tol JORR II Segmen Serpong-Cinere dengan Menggunakan Metode Stated Preference. Skripsi. Program Studi Teknik Sipil. Universitas Indonesia. Depok

Supriyanto, M.A, 2003, Analisis Pemilihan Moda antara Busway dan Kendaraan Pribadi, Dengan Model Logit – Probit, Tesis, Magister Teknik Sipil, UI

Simanjutak, Rizyak Wale, dan Medis S.Surbakti.2013.Analisa Pemilihan Moda Transportasi Medan-Rantau Prapat dengan Menggunakan Metode Stated Preference. Jurnal Universitas Sumatera Utara Vol.2 No.1

Undang-Undang Republik Indonesia no. 38 tahun 2004 tentang Jalan Pasal 43 Ayat 1

Vuchic, Vulkan R.2004. Urban Transit: Operations, Planning, and Economics. United Stated of America.

Whitehead, J.C. 2005. CombiningWillingness To Pay And Behavior Data With Limited Information. Resource and Energy Economics 27: 143–155.

Widjajanti, Endang, 2015. Studi Willingness to Pay (WTP) dan Ability to Pay (ATP) Ruas Jalan Tol di Luar Pulau Jawa. Institut Sains dan Teknologi Nasional. Jakarta.

Refbacks