ESTIMASI BIAYA KONSTRUKSI GEDUNG DENGAN COST SIGNIFICANT MODEL

I Nyoman Yudha Astana

Abstract

Estimasi biaya proyek sangat diperlukan dalam perencanaan sebuahproyek. Pada tahap awal, estimasi biaya digunakan untuk mengetahui berapabesar biaya yang dibutuhkan untuk mewujudkan suatu proyek. Denganketerbatasan waktu dan informasi maka Cost Significant Model merupakan metode estimasi yang mudahdan efektif untuk memberikan gambaran awal biaya proyek.Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan suatu model estimasi biayakonstruksi gedung pemerintah di Kabupaten Jembrana, Provinsi Bali, dengan mengambil data sekunder dari lima belas proyek gedungpemerintah. Prinsip yang digunakan untuk mendapatkanmodel biaya adalah identifikasi cost significant item yang berpengaruh terhadaptotal biaya pekerjaan, kemudian dianalisis untuk menghasilkan rumusanpersamaan regresi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa komponen pekerjaan yang secarasignifikan mempengaruhi biaya konstruksi gedung pemerintah di KabupatenJembrana adalah biaya pekerjaan beton, biaya pekerjaan kap/atap, biayapekerjaan finishing/style Bali, dan biaya pekerjaan pintu & jendela. Model estimasi dinyatakan dalam persamaanY=510,481+0,888X5+1,385X6+1,328X12+1,726X8,dimana Y=Biaya pembangunan gedung (Rp/m2), X5=Biaya pekerjaan beton (Rp/m2), X6=Biaya pekerjaan kap (Rp/m2), X12=Biaya pekerjaan finishing/style Bali (Rp/m2), dan X8=Biaya pekerjaan pintu dan jendela (Rp/m2). Penyimpangan model biaya konstruksi gedung dengan cost significantmodel adalah rata-rata 1,81% untuk yang bernilai positif dan 2,06% untuk yangbernilai negatif.

 

Kata kunci : Estimasi Biaya, Cost Significant Model, Konstruksi Gedung

Full Text:

PDF

References

Soeharto, Imam. 1995. Manajemen Proyek dari Konseptual sampai Operasional. Jakarta: Erlangga.

Ervianto, Wulfram I. 2002. Teori-Aplikasi Manajemen Proyek Konstruksi. Yogyakarta: Andi Offset.

Dipohusodo, Istimawan. 1996. Manajemen Proyek dan Konstruksi Jilid 2. Yogyakarta: Kanisius.

Poh, Paul SH dan Horner R Malcolm W .1995. “Cost-Significant Modelling-Its Potential For Use In South-East Asia” : Paper in Engineering, Construction and Architectural Management. 85

Kushartini, M G Wara. 2002. Pengembangan Cost Significant Modelling untuk Estimasi Biaya Proyek Pengairan (tesis).Yogyakarta: Universitas Atma Jaya.

Budi, Triton Prawira. 2006. SPSS 13.0 Terapan: Riset Statistik Parametrik. Yogyakarta : Andi.

Giatman, M. 2007. Ekonomi Teknik. Jakarta : Raja Grafindo Persada