PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG KETERAMPILAN MENGAJAR GURU, KEMANDIRIAN BELAJAR, DAN LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA SMK NEGERI X SURAKARTA
Abstract
Abstract
This research aims to examine the impacts of 1) student’s perception about teacher’s teaching competence on accounting motivation learning; 2) learning independence on accounting motivation learning; 3) peer environment on accounting motivation learning; and 4) student’s perception about teacher’s teaching competence, learning independence, and peer environment together on accounting motivation learning in SMK Negeri X Surakarta. The method of this research is descriptive quantitative with ex post facto approach. The sample in this study were 141 students of Accounting and Institution Finance in SMK Negeri X Surakarta. The data were collected using questionnaires. Instrument validity was proven using Product Moment Correlation. The data were analyzed by using inferential statistics analyze method. The result showed that 1) there was an impact of student’s perception about teacher’s teaching competence on accounting motivation learning; 2) there was an impact of learning independence on accounting motivation learning; 3) there was an impact of peer environment on accounting motivation learning; and 4) there was an impact of student’s perception about teacher’s teaching competence, learning independence, and peer environment together on accounting motivation learning.
Keywords: teacher;’s teaching competence, learning independence, peer environment, motivation learning
Abstrak
Tujuan penelitan adalah menguji pengaruh 1) persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru terhadap motivasi belajar akuntansi; 2) kemandirian belajar terhadap motivasi belajar akuntansi; 3) lingkungan teman sebaya terhadap motivasi belajar akuntansi; dan 4) persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru, kemandirian belajar, dan lingkungan teman sebaya secara bersama-sama terhadap motivasi belajar akuntansi siswa SMK Negeri X Surakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan pendekatan ex post facto. Subjek penelitian adalah 141 siswa Program Keahlian Akuntansi dan Keuangan Lembaga SMK Negeri X Surakarta. Teknik pengumpulan data adalah dengan kuesioner. Validitas instrumen dibuktikan dengan rumus korelasi Product Moment. Analisis data menggunakan teknik analisis statistik inferensial. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan antara 1) persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru terhadap motivasi belajar akuntansi; 2) kemandirian belajar terhadap motivasi belajar akuntansi; 3) lingkungan teman sebaya terhadap motivasi belajar akuntansi; dan 4) persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru, kemandirian belajar, dan lingkungan teman sebaya secara bersama-sama terhadap motivasi belajar akuntansi.
Kata kunci: keterampilan mengajar guru, kemandirian belajar, teman sebaya, motivasi belajar
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Crotty, J.M. (2013, 13 Maret). Motivation matters: 40% of high school students chronically disengaged from school. Diperoleh 13 Maret 2021, dari http://www.forbes.com/sites/
jamesmarshallcrotty/2013/03/13/motivation-matters-40-of-high-school-students-chronically-disengaged-from-school/?sh=7fe1ba6a6594.
Dimyati & Mudjiono. (2009). Belajar & Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2020). Rencana Strategis Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi Tahun 2020-2024. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Dirgayunita, A. (2016). Depresi: Ciri, Penyebab dan Penangannya. Journal An-nafs: Kajian dan Penelitian Psikologi, 1 (1), 1-14. Diperoleh 7 Maret 2021, dari http://ejournal.iai-tribakti.ac.id/index.php/psikologi/article/download/235/447/.
JPNN. (2019, 7 Mei). Ini daerah ’jawara’ kasus kecurangan UN. Diperoleh 14 Maret 2021, dari http://www.jpnn.com/news/ini-daerah-jawara-kasus-kecurangan-un.
Khotimah, K. (2017). Pengaruh Keterampilan Mengajar Guru terhadap Motivasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Aqidah Akhlak MTS Ma’arif 13 Hargomulyo Lampung Timur. Skripsi Tidak Dipublikasikan, Institut Agama Islam Negeri Metro, Lampung.
Kusumadewi, R.R. (2014). Hubungan Efikasi Diri, Kemandirian Belajar dan Motivasi Berprestasi dengan Prestasi Belajar Mahasiswa. Skripsi Tidak Dipublikasikan, Universitas Sebelas Maret Surakarta, Surakarta.
Lestari, P. & Sumarsih. (2018). Pengaruh Aspirasi Siswa, Lingkungan Teman Sebaya, dan Pemanfaatan Sumber Belajar terhadap Motivasi Belajar Akuntansi Perusahaan Jasa Siswa Kelas X Akuntansi SMK Negeri 2 Purworejo Tahun Ajaran 2016/2017. Jurnal Kajian Pendidikan Akuntansi Indonesia, 7 (1), 1-17. Diperoleh 7 Maret 2021, dari http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/kpai/article/view/13946.
Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan Provinsi Riau. (2016, 24 Juli). 8 Keterampilan Mengajar yang Wajib Dimiliki Guru. Diperoleh 27 April 2021, dari http://lpmpriau.kemdikbud.go.id/8-keterampilan-mengajar-yang-wajib-dimiliki-guru/.
Madjid, A. (2019). Kompetensi Profesional Guru: Keterampilan Dasar Mengajar. Journal Peqguruang: Conference Series, 1 (1), 1-10. Diperoleh 5 Maret 2021, dari http://journal.lppm-unasman.ac.id/index.php/peqguruang/article/view/327.
Republik Indonesia. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Sabrina, R. & Yamin, M.F. (2017). Faktor-faktor Penyebab Rendahnya Motivasi Belajar Siswa dalam Proses Pembelajaran Matematika di Kelas V SD Negeri Garot Geuceu Aceh Besar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2 (4), 108-118. Diperoleh 27 April 2021, dari http://www.jim.unsyiah.ac.id/pgsd/article/download/7736/3350.
Santosa, D.T. & Us, T. (2016). Faktor-faktor Penyebab Rendahnya Motivasi Belajar dan Solusi Penanganan pada Siswa Kelas
XI Jurusan Teknik Sepeda Motor. Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif, 12 (2), 14-21. Diperoleh 14 Maret 2021, dari http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/otomotif-s1/article/view/2896.
Saptono, Y.J. (2016). Motivasi dan Keberhasilan Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Agama Kristen Regula Fidei, 1 (1), 189-212. Diperoleh 27 April 2021, dari http://christianeducation.id/e-journal/index.php/regulafidei/article/download/9/9.
Siregar, E. & Nara, H. (2014). Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.
Triansari, N. & Widayati, A. (2019). Pengaruh Lingkungan Teman Sebaya, Kinerja Mengajar Guru, dan Kemandirian Belajar terhadap Motivasi Belajar Dasar-dasar Akuntansi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 17 (2), 101-116. Diperoleh 5 Maret 2021, dari http://journal.uny.ac.id/index.php/jpakun/article/view/28697/12812.
Uno, H.B. (2019). Teori Motivasi & Pengukurannya: Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Valentin, R.R. & Hadi, N.U. (2018). Analisis Keyakinan Diri (Self Efficacy) Akademik dan Pola Asuh Orang Tua terhadap Kemandirian Belajar Siswa Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X SMA Negeri 1 Tulungagung Tahun Pelajaran 2017/2018. Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi, dan Ilmu Sosial, 12 (1), 142-154. Diperoleh 31 Maret 2021, dari http://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPE/article/download/7749/5682/.
Wijaya, C. (2021, 18 Februari).
Covid-19: ‘Stres, mudah marah, hingga dugaan bunuh diri’, persoalan mental murid selama sekolah dari rumah. Diperoleh 7 Maret 2021, dari http://www.bbc.com/indonesia/indonesia-55992502
DOI: https://doi.org/10.20961/jppak.v2i2.60554
Refbacks
- There are currently no refbacks.
|