HUBUNGAN ANTARA LITERASI INFORMASI DAN PARTISIPASI PADA MGMP DENGAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DI KABUPATEN SUKOHARJO
Abstract
ABSTRACT
The aim of this study was to determine the relationship between information literacy and participation in MGMP with the professional competence of SMK teachers of the Sukoharjo regency. This research is descriptive quantitative. The study subjects were 180 vocational skills teachers at the Sukoharjo Regency State Vocational High School. Data collection techniques using questionnaires, interviews and documentation. The data analysis technique used descriptive statistical analysis and inferential statistics. The results showed that information literacy was partially positively related to the professional competence of SMK teachers of the Sukoharjo regency. This variable has a correlation coefficient of 0.378 in the low category and a significance value of 0.000. The results also showed that participation in MGMP was partially positively related to the professional competence of teachers, the correlation coefficient value of 0.803 which was classified as very strong and the significance value was 0.000. Information literacy and participation in MGMP have a significant positive correlation simultaneously with the professional competence of SMK teachers of the Sukoharjo regency. This means that to support professional competence it is necessary to master information literacy and participate in MGMP.
Keywords: Information literacy, participation in MGMP, professional competence of teachers.
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah mengetahui adanya hubungan antara literasi informasi dan partisipasi pada MGMP dengan kompetensi profesional guru SMK di Kabupaten Sukoharjo. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian adalah 180 guru kompetensi keahlian SMK Negeri Kabupaten Sukoharjo. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa literasi informasi secara parsial berhubungan positif dengan kompetensi profesional guru SMK Di Kabupaten Sukoharjo. Pada variabel ini memiliki nilai koefisiensi korelasi sebesar 0,378 masuk kategori rendah dan nilai siginifikansi 0,000. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa partisipasi pada MGMP secara parsial berhubungan positif dengan kompetensi profesional guru nilai koefisian korelasi 0,803 yang masuk kategori sangat kuat dan nilai signifikansi 0,000. Literasi informasi dan partisipasi pada MGMP berhubungan positif siginifikan secara simultan dengan kompetensi profesional guru SMK di Kabupaten Sukoharjo. Hal tersebut mengartikan bahwa untuk menunjang kompetensi profesional perlu menguasai literasi informasi dan berpartisipasi pada MGMP.
Kata kunci: Literasi informasi, partisipasi pada MGMP, kompetensi profesional guru
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Association of College & Research Libraries (ACRL). (2016). Discipline Specific Information Literacy Standards. Diperoleh 18 Oktober 2020, dari http://www.ala.org/acrl/issues/infolit/resources/inaction/disciplines.
Departemen Pendidikan Nasional. (2009). Prosedur Standar Pengembangan KKG dan MGMP. Jakarta: Direktorat Profesi Pendidik.
Feng, L. & Ha, J.L. (2016). Effects of Teachers’ Information Literacy on Lifelong Learning and School Effectiveness. Eurasia Journal of Mathematics, Science & Technology Education, 12(6), 1654-1663. Diperoleh 5 Oktober 2020, dari https://www.semanticscholar.org.
Iskandar, S., Darmanto., & Suryani, E. (2019). Assessing the Implementation of Teachers’ Community (MGMP) as a Medium for Ongoing Professional Development to Enhance English Teachers’ Professional Competense. Proceedings of the 1st Annual Conference on Education and Social Sciences, hlm 363-367. Sumbawa Besar: Samawa University
Kusumawati, R., Pitoewas, B, & Yanzi, H. (2017). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Rendahnya Nilai pada Uji Kompetensi Guru (UKG). Jurnal Kultur Demokrasi. 5(4), 1-12 . Diperoleh pada 18 Oktober 2020, dari http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JKD/article/view/13347/9591.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2019). Hasil PISA Indonesia 2018: Akses Makin Meluas, Saatnya Tingkatkan Kualitas. Diperoleh 12 Desember 2020, dari https://www.kemdikbud.go.id/main/blog.htm.
Muhajirin, Prihatin, T., & Yusuf, A. (2017). Pengaruh Supervisi Akademik dan Partisipasi Guru pada MGMP Melalui Motivasi Kerja Terhadap Profesionalisme Guru SMA/MA. Journal Education Management, 6 (2), 170-177. Diperoleh 14 September 2020, dari http://journal.unnes.ac.id.
Mulyasa. (2012). Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Ningrum, V. N. I, & Prasetyawan, Y. Y. (2016). Kemampuan Literasi Informasi Guru Dalam Upaya Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru : Studi Kasus SD Negeri Rejosari 01 Semarang. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 5(2), 41-50. Diperoleh 15 September 2020, dari https://www.neliti.com/id/.
Neraca Pendidikan Daerah (NDP). (2020). Data UKG. Diperoleh 12 September 2020, dari http://npd.kemendikbud.go.id.
OECD. (2016). Skills matter: further results from the survey of adult skills. Diperoleh 13 Juli 2021, dari https://www.oecd.org/skills/skills-matter.htm.
Patton, K., & Parker, M. (2017). Teacher Education Communities of Practice: More Than a Culture of Collaboration. Journal Teacher and Teacher Education. 67, 351-360. Diperoleh 14 September 2020, dari www.elsevier.com/locate/tate.
Pratama, S.,Yuzrizal, & Niswanto. (2018). Manajemen Musyawarah Guru Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Peningkatan Profesional Guru Pada Forum MGMP SMK di Kabupaten Aceh Jaya. Jurnal Administrasi Pendidikan, 6 (1), 24-29. Diperoleh 25 Oktober 2020, dari http://202.4.186.66/JAP/article/view/11735.
Prihatin, T. (2015). Model Supervisi Akademik Terpadu Berbasis Pemberdayaan MGMP Untuk Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru Matematika. Jurnal Penelitian Tindakan Sekolah dan Kepengawasaan, 2(1), 27-34. Diperoleh 26 Mei 2021, dari https://journal.unnes.ac.id.
Pusat Penilaian Pendidikan. (2018). Laporan Hasil Ujian Nasional. Diperoleh 14 Januari 2021, dari http://hasilun.puspendik.kemdikbud.go.id.
Sağlam, A. C., Çankaya, I., Üçer, H., & Çetin, M. (2017). The Effect of Information Literacy on Teacher’ Critical Thinking Disposition. Journal of Education and Learning, 6 (3), 31-40. Diperoleh 15 September 2020, dari https://eric.ed.gov/?id=EJ1139190.
Seftiawan, D. (2019, 22 Agustus). 70 Persen Guru Tidak Kompeten. Pikiran Rakyat.com. Diperoleh 12 September 2020, dari https://www.google.com/amp/s/www.pikiran-rakyat.com/.
Suroya, H. A,. (2021). Pengaruh Literasi Informasi, Literasi Media dan Literasi Digital Terhadap Kompetensi Pedagogik Guru PAI SMAN Se-Kabupaten Blitar. Skripsi. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, Malang.
Sulistiyarini, D. & Sabirin, F. (2018). Pengaruh Information, Media, Dan Technology Literacy Terhadap Kompetensi Pedagogik Guru. Jurnal Teknologi Informasi dan Pendidikan, 11(2), 29-35. Diperoleh pada 5 Oktober 2020, dari http://tip.ppj.unp.ac.id/index.php/tip/article/view/1338.
Sunaga, K. (2016). The Survey Of The Information Literacy Among Students And Teachers. Education Reform Journal, 1(2), 49-55. Diperoleh 5 Oktober 2020, dari https://eric.ed.gov/?id=ED574564.
Steeg, S. (2016). A Case Study of Teacher Reflection: Examining Teacher Partisipation ini a Video-based Professional Learning Community. Journal of Language and Literacy Education, 12 (1), 123-141. Diperoleh 15 September 2020, dari https://eric.ed.gov/?id=EJ1101024.
Uno, H., & Lamatenggo, N. (2016). Tugas Guru Dalam Pembelajaran : Aspek Yang Memengaruhi. Jakarta: Bumi Aksara.
Wiwi, S., & Rahayu. (2019). Hubungan Keterampilan Literasi Informasi terhadap Kompetensi Guru SMK Negeri 1 Pancung Soal Kabupaten Pesisir Selatan. Kumpulan abstrak hasil penelitian, Universitas Islam Negeri Imam Bonjo, Hlm. 8. UINIB
Welle, D. (2019, 06 Desember). Peringkat 6 Terbawah, Indonesia Diminta Tinggalkan Sistem Pendidikan ‘Feodalistik’. Detik.com. Diperoleh 12 September 2020, dari https://news.detik.com/dw/d-4811907/peringkat-6-terbawah-indonesia-diminta-tinggalkan-sistem-pendidikan-feodalistik.
Xu, A., & Chen, G. (2015). A Study on the Effect of Teachers’ Information Literacy on Information Technology Integrated Instruction and Teaching Effectivness. Eurasia Journal of Mathematics, Science & Technology Education, 12 (2), 335-346. Diperoleh 15 September 2020, dari https://www.ejmste.com/.
DOI: https://doi.org/10.20961/jppak.v2i2.60537
Refbacks
- There are currently no refbacks.
|