PENERAPAN GIVING QUESTIONS AND GETTING ANSWER (GQGA) BERBANTUAN PODCAST UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ETIKA PROFESI
Abstract
Abstract
The purpose of this research is to improve the learning outcomes of cognitive and affective aspects in the subject of accounting professional ethics through the application of the GQGA learning strategy assisted by podcast media class X Accounting at SMK. This research is a classroom action research conducted in two cycles. Each cycle consists of planning, implementing, observing and reflecting. The subjects of this study were 20 students of class X AKL SMK. The data collection techniques used were tests, questionnaires, observation and documentation. Content validity is used to test the validity of the generating data. The data analysis technique used is descriptive qualitative analysis techniques and quantitative descriptive analysis. The results of this study concluded that the learning outcomes of accounting profession ethics in cognitive and affective aspects of class X AKL students at SMK increased after the application of the GQGA learning strategy assisted by podcast media. The percentage of achievement indicators of learning outcomes in the cognitive aspects increased by 45% (from 40% to 85%) and the average score of learning outcomes in the cognitive aspects increased by 20 points (from 56.5 to 81.5) in cycle II. Meanwhile, the percentage of learning outcomes in the affective aspect increased by 55% in the high category (from 25% to 80%) and the average score of learning outcomes in the affective aspect increased by 15 points (from 42.9 to 58.25) in the second cycle. This increase was statistically significant at α = 0.05 with t = 3.889 (p-value 0.001) for cognitive aspects and t = 5.358 (p-value 0.000) for affective aspects.
Keyword: Learning Outcomes, GQGA, Podcast.
AbstrakTujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar aspek kognitif dan aspek afektif pada mata pelajaran etika profesi akuntansi dengan penerapan strategi pembelajaran GQGA berbantuan media podcast kelas X Akuntansi di SMK. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X AKL SMK yang berjumlah 20 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, angket, observasi dan dokumentasi. Validitas isi digunakan untuk menguji validitas data yang dihasilkan. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kualitatif dan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa hasil belajar etika profesi akuntansi aspek kognitif dan aspek afektif siswa kelas X AKL di SMK meningkat setelah penerapan strategi pembelajaran GQGA berbantuan media podcast. Persentase capaian indikator hasil belajar aspek kognitif meningkat 45% (dari 40% menjadi 85%) dan skor rata-rata hasil belajar aspek kognitif meningkat 20 poin (dari 56,5 menjadi 81,5) pada siklus II. Sementara, persentase capaian indikator hasil belajar aspek afektif meningkat 55% dengan kategori tinggi (dari 25% menjadi 80%) dan skor rata-rata hasil belajar aspek afektif meningkat 15 poin (dari 42,9 menjadi 58,25) pada siklus II. Peningkatan tersebut signifikan secara statistik pada α = 0,05 dengan t = 3,889 (p-value 0,001) untuk aspek kognitif dan t = 5,358 (p-value 0,000) untuk aspek afektif.
Kata kunci: Hasil Belajar, GQGA, Podcast.
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Adisusilo, S. (2013). Pembelajaran Nilai-Karakter: Konstruktivisme dan VCT sebagai Inovasi Pendekatan Pembelajaran Afektif. Jakarta: Rajawali Pers.
Andriani, E., & Batubara, M. S. (2020). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Biologi dengan Menggunakan Metode Pembelajaran (GQGA) Giving Question and Getting Answer di SMA Negeri 1 Muara Batang Gadis. PeTeKa, 2(2), 52-58.
Anggriarti, M. S. (2019). Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Sumber Daya Alam Melalui Strategi Giving Question and Getting Answer dengan Media Papan Flanel pada Siswa Kelas III di MI Ma’arif Jambu Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi (Doctoral dissertation, IAIN Salatiga).
Aryana, I. M. P. (2019). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Siswa. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 61-72.
Ashari, Muhammad Fatkhan. (2012). Model Pembelajaran Giving Question and Getting Answer. Diperoleh 20 Desember 2020, dari http://fatkhan-ashari-fisip11.web.unair.ac.id/
Asmi, A.R., Dhita, A.N., Supriyanto. (2019). Pengembangan media pembelajaran audio berbasis podcast pada materi sejarah lokal di Sumatera Selatan. HISTORIA: Jurnal Pendidik dan Peneliti Sejarah, 3(1),1-12.
Avana, N. (2018). Pengaruh Pembelajaran Aktif Tipe Giving Question and Getting Answer terhadap Pemahaman Konsep Mahasiswa pada Pembelajaran Statistik. Jurnal Tunas Pendidikan, 1(1), 91-100.
Azwar, S. (2013). Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Bolliger, D. U., Supanakorn, S., & Boggs, C. (2010). Impact of podcasting on student motivation in the online learning environment. Computers & Education, 55(2), 714-722.
Dania, R., Wahyunib, P., & Istikomahb, E. (2020). Pembelajaran Kooperatif dengan Strategi Giving Question and Getting Answer untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII2 SMPN 21 Pekanbaru. Sumber, 9(29), 17.
Daryanto. (2011). Penelitian Tindakan Kelas dan Penelitian Tindakan Sekolah. Yogyakarta: Gaya Media.
Mayangsari, D., & Tiara, D. R. (2019). Podcast Sebagai Media Pembelajaran Di Era Milenial. Jurnal Golden Age, 3(02), 126-135.
Firoozehchian, F., Ghasab Shirazi, M., & Atrkarroushan, Z. (2019). The effects of video podcast on learning among midwifery students: A randomized controlled trial. Nursing and Midwifery Studies, 8(4), 183-188.
Hilmiatussadiah, K. G. (2020) Hasil Belajar Mahasiswa Pendidikan Ekonomi dengan Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Ekonomi Indonesia, 1(2).
Mark, J. W., & Anthony, C. H. A. N. (2007). Reducing the effects of isolation and promoting inclusivity for distance learners through podcasting. Turkish online journal of distance education, 8(1), 85-105.
Nursalim, M., dkk. 2007. Psikologi Pendidikan. Surabaya: Unesa University Press.
Popenici, S., & Millar, V. (2015). Writing learning outcomes. A practical guide for academics. University of Melbourne, Australia.
Rehalat, A. (2014). Model Pembelajaran Pemrosesan Informasi. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 23(2), 1-10.
Ricardo, R., & Meilani, R. I. (2017). Impak minat dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran (JPManper), 2(2), 188-201.
Riduwan. (2011). Belajar Mudah Penelitian untuk Guru-Karyawan dan Penelitian Pemula. Bandung: Alfabeta.
Rostami, M. A., Azarnoosh, M., & Abdolmanafi, S. J. (2017). The effect of podcasting on iranian EFL learners' motivation and attitude. Theory and Practice in Language
Studies, 7(1), 70-78.
Silberman, Mel. (2009). Active Learning`101 Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Pustaka Insan Mandiri (Alih Bahasa: Sarjuli dkk).
Siswanto, V. (2016). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Praktik Kelistrikan Otomotif SMK di Kota Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Vokasi, 6(1).
Suminah, S., Gunawan, I., & Murdiyah, S. (2018). Peningkatan Hasil Belajar dan Motivasi Belajar Siswa melalui Pendekatan Behavior Modification. Ilmu Pendidikan: Jurnal Kajian Teori dan Praktik Kependidikan, 3(2), 221-230.
Tanujaya, B., & Mumu, J, (2016). Penelitian Tindakan Kelas; Panduan Belajar Mengajar, dan Meneliti. Yogyakarta: Media Akademi.
Wilson, B. G., Teslow, J. L., & Taylor, L. (1993). Instructional design perspectives on mathematics education with reference to Vygotsky's theory of social cognition. Focus on Learning Problems in Mathematics, 15, 65-65.
Yanti, L. (2020). Pengaruh Penggunaan Strategi Giving Question and Getting Answer pada Pembelajaran Daring Biologi Via Whatsapp. ALVEOLI: Jurnal Pendidikan Biologi, 1(2), 101-108.
Zaini, Hisyam dkk. (2008). Strategi Pembelajran Aktif. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani.
DOI: https://doi.org/10.20961/jppak.v2i1.60522
Refbacks
- There are currently no refbacks.
|