STUDI META-ANALISIS PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI
Abstract
ABSTRACT
This research aimed to find out the impact of using computer, printed media, games, and audio-visual teaching media on cognitive, affective, and psychomotor learning outcomes in accounting at the senior high school/vocational high school and university. The data were taken from experimental research articles about learning media on learning outcomes in accounting which have been published in the national journal and also it has an ISSN. The researcher used 25 articles as the sample which the effect size has been counted by using the eta squared formula (η2/r2). The result of this research showed that teaching media gives a big impact on learning outcomes, with 0.264 effects on cognitive learning outcomes, 0.277 on the affective learning outcomes, and 0.512 on psychomotor learning outcomes. The type of teaching media which has the biggest impact is audio-visual media with 0.3959. Moreover, it is followed by printed media and computer-based media, and game included in the average of impact category. Based on the educational background, university has the biggest impact with 0.369.
Keywords: Meta-Analysis, Teaching Media , Learning Outcomes
ABSTRAK
Tujuan dari penelitian meta analisis ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis komputer, media cetak, media permainan dan media audiovisual terhadap hasil belajar kognitif, afektif dan psikomotorik pada mata pelajaran akuntansi pada jenjang pendidikan SMA/SMK dan Perguruan Tinggi. Pengumpulan data dilakukan dengan mencari artikel penelitian eksperimen yang berkaitan dengan berbagai media pembelajaran terhadap berbagai hasil belajar akuntansi kemudian diseleksi apakah sudah terpublikasi di jurnal nasional dan memiliki ISSN. Peneliti menggunakan 25 artikel sebagai sampel yang kemudian diperhitungkan effect size nya menggunakan rumus eta square (). Hasil penelitian secara keseluruhan menunjukkan bahwa media pembelajaran memberi pengaruh yang besar terhadap hasil belajar, dengan efek terhadap hasil belajar kognitif 0.264, hasil belajar afektif 0.277, dan hasil belajar psikomotorik 0.512. Jenis media pembelajaran yang menghasilkan efek terbesar adalah media audio visual dengan efek sebesar 0.3959, kemudian diikuti media cetak dan media berbasis komputer yang termasuk dalam kategori pengaruh besar, dan terakhir media permainan termasuk kedalam kategori berpengaruh sedang. Berdasarkan jenjang pendidikan yang memberikan efek lebih besar adalah di jenjang perguruan tinggi dengan efek sebesar 0.369.
Kata Kunci : Meta analisis, Media Pembelajaran, Hasil Belajar
Full Text:
PDFReferences
Anwar, R. (2005). Meta Analisis. Pertemuan Fertilitas Endokrinologi Reproduksi bagian Obstetri dan Ginekologi RSHS/FKUP, 1-18. Bandung : Universitas Padjajaran. Diakses pada tanggal 10 September 2020, dari http://pustaka.unpad.ac.id/wp-content/uploads/2010/05/meta_analisis.pdf.
Anadiroh, M. (2019). Studi Meta-Analisis Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Skripsi. Jakarta : Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.
Arsyad, A. (2013). Media Pembelajaran. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.
Chandra, E. (2011). Efektivitas Media Pembelajaran Dalam Pembelajaran Biologi (Meta Analisis Terhadap Penelitian Eksperimen Dalam Pembelajaran Biologi). Holistik, 12(1), 103–128.
Kadir. (2017). Statistik Terapan Konsep Contoh dan Analisis Data dengan Program SPSS/Liseral dalam Penelitian. Depok : PT Raja Grafindo Persada.
Komalasari, K. (2013). Pembelajaran Kontekstual: Konsep dan Aplikasi. Bandung: PT Refika Aditama.
Nopriadi. (2018). Efektifitas Edmodo sebagai Media Pembelajaran di Perguruan Tinggi. CBIS Journal, 06(01), 40-47.
Sadiman, A.S. (2011). Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Tumangkeng, Y.W. (2018). Meta-Analisis Pengaruh Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 7(6), 1-15.
Widiyanto, E. (2015). Pengaruh Aktifitas, Kreatifitas, dan Motivasi Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Kompetensi Alat Ukur di SMK Institut Kotoarjo. Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo, 5(1), 70-74.
Winkel, W.S. (2009). Psikolog Pengajaran. Yogyakarta : Media Abadi.
DOI: https://doi.org/10.20961/jppak.v1i2.59253
Refbacks
- There are currently no refbacks.
|