PENERAPAN MODEL ARGUMENT DRIVEN INQUIRY (ADI) BERBANTUAN E-LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK SMK

Nabella Visi Diana Puteri, Sri Sumaryati, Jaryanto Jaryanto

Abstract


Abstract

This research was aimed to obtain empirical evidence regarding the application of Argument Driven Inquiry (ADI) assisted by e-learning to improve critical thinking skills of students of Vocational High School class X AKL 2. This research is a classroom action research (CAR). The subjects of this research were 34 students. Data collection techniques used were tests, observations, and documentation. Data validity test used were content validity and triangulation method. Data analysis techniques used were qualitative data analysis and quantitative data analysis. This research was conducted in two cycles consisting of planning, implementation, observation, reflection. The results showed that the application of Argument Driven Inquiry assisted by e-learning can improve critical thinking skills. Increased critical thinking skills can be seen from the percentage of students who scored above 71,5. In the first cycle, only 19 students or by 55.99% who got score above ≥ 71,5. In the second cycle the number of students who got score of ≥ 71,5 increased to 28 students or by 82.35%.

Keywords: Argument Driven Inquiry, E-Learning, Critical Thinking Skills.

 

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bukti empiris mengenai penerapan model pembelajaran Argument Driven Inquiry (ADI) berbantuan e-learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik SMK kelas X AKL 2. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah 34 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi dan dokumentasi. Uji validitas data yang digunakan adalah validitas isi dan triangulasi metode. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Argument Driven Inquiry berbantuan e-learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Peningkatan kemampuan berpikir kritis terlihat dari persentase jumlah peserta didik yang memperoleh nilai diatas 71,5. Pada siklus I terdapat 19 peserta didik atau sebesar 55,99% yang mendapat nilai ≥ 71,5. Pada siklus II jumlah peserta didik yang memperoleh nilai ≥ 71,5 meningkat menjadi 28 peserta didik atau sebesar 82,35%.

Kata kunci: Argument Driven Inquiry, E-Learning, Kemampuan Berpikir Kritis.

 


Full Text:

PDF
rticle

References


Adijaya, N & Santoso, L.P. (2018). Persepsi Mahasiswa dalam Pembelajaran Online. Jurnal Wanastra. Vol. 10(2): 105-110.

Azhari. (2013). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematik Siswa melalui Pendekatan Konstruktivisme di Kelas VII Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 22 Banyuasin III. Jurnal Pendidikan Matematika. Vol.7 (2). 1-12.

Brooks, J. G. & Brooks, M. G. 1993. In Search of Understanding The Case for Constructivist Classrooms. Alexandria. VA: Association for Supervision and Curriculum Development.

Cottrell, S. (2005). Critical thinking skills. Developing effective analysis and argument. Basingstoke: Palgrave Macmillan.

Demircioglu, T dan Ucar, S. (2015). Investigating the Effect of Argument-Driven Inquiry in Laboratory Instruction. Educational Sciences: Theory and Practice. 15 (1): 267-283.

Departemen Pendidikan Nasional. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003, Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.

Azhari. (2013). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematik Siswa melalui Pendekatan Konstruktivisme di Kelas VII Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 22 Banyuasin III. Jurnal Pendidikan Matematika. Vol.7 (2). 1-12.

Brooks, J. G. & Brooks, M. G. 1993. In Search of Understanding The Case for Constructivist Classrooms. Alexandria. VA: Association for Supervision and Curriculum Development.

Cottrell, S. (2005). Critical thinking skills. Developing effective analysis and argument. Basingstoke: Palgrave Macmillan.

Demircioglu, T dan Ucar, S. (2015). Investigating the Effect of Argument-Driven Inquiry in Laboratory Instruction. Educational Sciences: Theory and Practice. 15 (1): 267-283.

Departemen Pendidikan Nasional. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003, Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.

____________________________. (2007). Kurikulum Berbasis Kompetensi Mata Pelajaran Ilmu IPA. Jakarta: Depdiknas.

Facione. (2013). Critical Thinking: What It Is and Why It Count. Insight Assessment.

Faiz, Fahruddin. (2012). Thinking Skill, Pengantar Menuju Berpikir Kritis. Yogyakarta: SUKA-Press.

Ginanjar, W.S. Utari, S. Muslim. (2015). Penerapan Model Argument Driven Inquiry dalam Pembelajaran IPA untuk Meningkatkan Kemampuan Argumentasi Ilmiah Peserta didik SMP. Jurnal Pengajaran MIPA. 20 (1): 32-37.

Heidare, A., Poor, S.B., & Poor, F.N. (2011). Effect and Evaluation Of Creativity Instructional Methods On Creativity Of Students. Life Science Journal, 8 (4), 402-408.

Kadayifci, H. Atasoy, B. Akkus, H. (2012). The Correlation Between The Flaws Students Define in Argument and Their Creative and Critical Thinking Abilities. Social and Behavioral Sciences. 47 (2): 802-806.

Lau, J. Y. F. (2011). An Introduction to Thinking Critically and Creativity: Think More, Think Better. New Jersey: John Wiley & Sons.

Madya, Suwarsih. (2006). Teori dan Praktik Penelitian Tindakan. Bandung: Alfabeta.

Marttunen, M., Laurinen, L., Litosseliti, L., & Lund, K. (2005). Argumentation skills as prerequisites for collaborative learning among Finnish, French, and English secondary school students. Educational Research and Evaluation, 11(4), 365–384. https://doi.org/10.1080/13803610500110588.

Maspaeni, Wibawa, B., & Yusuf, H. (2017). Model Pembelajaran E–learning Berbasis Learning Management System. Jurnal Explore STMIK Mataram, Vol. 7(2).

Mulyasa. (2006). Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Peter, E E. (2012). Critical Thinking: Essence for Teaching Mathematics and Mathematics Problem Solving Skill. African Journal of Mathematics and Computer Science Research. 5(3): 39-43. doi: 10.5897/AJMCSR11.161.

Pujiono, Setyawan. (2012). Berpikir Kritis dalam Literasi Membaca dan Menulis untuk Memperkuat Jati Diri Bangsa. Prosiding Bahasa dan Sastra Indonesia, 778-783. Purwokerto: UNSOED.

Rasyid, Harun dan Mansyur. 2009. Penilaian Hasil Belajar. Bandung: CV Wacana Prima

Riduwan. (2004). Metode dan Teknik Menyusun Tesis. Bandung: Alfabeta.

Salim, H.A. Santosa, Slamet & Fatmawati, Umi. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa X MIPA 2 SMA Negeri 6 Surakarta. Jurnal Bio Pedagogi, 4 (2), 15-19: Universitas Sebelas Maret.

Sampson, V., and Gerbino, F. (2010). Two Instructional Models That Teachers Can Use to Promote & Support Scientific Argumentation in the Biology Classroom. The American Biology Teacher. Vol. 72 (7): 427–431.

Sampson, V., Grooms, J., Walker, J.P.. (2012). Using Laboratory Activities That Emphasize Argumentation dan Argument to help High School Students Learn how to engage in Scientific Practices and Understand the Nature of Scientific Inquiry. In the annual international conference of the National Association for Research in Science Teaching (NARST). Indianapolis, ID, 1–11.

Santoso, H. (2010). Pembelajaran Konstruktivistik untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Metro.

Sindu, I.G. Partha, dkk. (2013). Pengaruh Model E-Learning Berbasis Masalah dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar KKPI Siswa Kelas X di SMK Negeri 2 Singaraja. E-journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha. Vol. 3: 1-10.

Sutisna, Y. 2013. Penerapan Pendekatan Konstruktivisme untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Skripsi. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Suwarna, dkk. (2006). Pengajaran Mikro: Pendekatan Praktis dalam Menyiapkan Pendidik Profesional. Yogyakarta: Tiara Wacana

Trianto. (2011). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Prenada Media.

Surat Edaran Mendikbud Nomor: 36962/MPK.A/HK/2020 tentang Pembelajaran secara Daring dan Bekerja dari Rumah dalam Rangka Pencegahan Penyebaran Coronavirus Disease (COVID-19)




DOI: https://doi.org/10.20961/jppak.v1i2.59246

Refbacks

  • There are currently no refbacks.






JPPAK
Print ISSN: 
Online ISSN: 2807-6575
Website: 
Email: 
Published by: Universitas Sebelas Maret
Jl. Ir. Sutami Street, No. 36A, Surakarta, Jawa Tengah 57126