PENGARUH MODEL FLIPPED CLASSROOM DAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR KOMPUTER AKUNTANSI
Abstract
Abstract
This research aims to investigate: (1) the effect of flipped classroom model on student learning outcomes of accounting computer, (2) the effect of STAD model on student learning outcomes of accounting computer, and (3) the differences effect between the flipped classroom and STAD models on student learning outcomes of accounting computer. This type of research was a quasi experimenta design. The population of this research were the class XI of Accounting at a Vocational High School amounting to 105 students. The sample was the class XI of Accounting 2 and 3 with a purposive sampling technique. Data obtained from a cognitive, psychomotor, and an observed affective learning outcomes then analyzed using t-test. The conclusion of research show: (1) there is significant effect of flipped classroom model to student learning outcomes of accounting computer, with sig.0.000<0.05, (2) there is significant effect of STAD model to student learning outcomes of accounting computer, with sig.0.000<0.05, and (3) there is a significant difference effect between the flipped classroom and STAD models of students cognitive and psychomotor learning outcomes of accounting computer, with sig.<0.05, but there is no difference effect between the flipped classroom and STAD models of students affective learning outcomes of accounting computer.
Keywords: Flipped Classroom, Student Team Achievement Division (STAD), Learning Outcomes, Accounting Computer
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menguji: (1) pengaruh model flipped classroom terhadap hasil belajar komputer akuntansi, (2) pengaruh model STAD terhadap hasil belajar komputer akuntansi, dan (3) perbedaan pengaruh antara model flipped classroom dan model STAD terhadap hasil belajar komputer akuntansi. Jenis penelitian ini adalah quasi experimental. Populasi penelitian ini adalah kelas XI Akuntansi SMK yang berjumlah 105 siswa. Sampel adalah kelas XI Akuntansi 2 dan 3 dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Data yang diperoleh dari tes hasil belajar kognitif, unjuk kerja hasil belajar psikomotor, dan observasi hasil belajar afektif yang dianalisis menggunakan uji-t dengan SPSS. Hasil penelitian menyimpulkan: (1) ada pengaruh signifikan model flipped classroom terhadap hasil belajar komputer akuntansi, dengan sig.0.000<0.05, (2) ada pengaruh signifikan model STAD terhadap hasil belajar komputer akuntansi, dengan sig.0.000<0.05, dan (3) ada perbedaan signifikan pengaruh antara model flipped classroom dan model STAD terhadap hasil belajar kognitif dan psikomotor komputer akuntansi, dengan sig<0.05 tetapi tidak ada perbedaan pengaruh antara model flipped classroom dan model STAD terhadap hasil belajar afektif komputer akuntansi.
Kata Kunci: Flipped Classroom, Student Team Achievement Division (STAD), Hasil Belajar, Komputer Akuntansi
Full Text:
PDFReferences
Abidin, M. (2019). Model Pembelajaran Flipped classroom Sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Penguasaan Rumus Transformasi Geo-metri. Jurnal on Pedagogical Mathematics. 01(02), 49-60.
Alamri, M.M. (2019). Students’ Academic Achievement Performance and Satisfaction in a Flipped Classroom in Saudi Arabia [Electronic version]. Int. J. Technology Enhanced Learning, 11(01), 103-19.
Bergmann, J. & Sams, A. (2012). Flip Your Classroom: Reach Every Student in Every Class Every Day. Washington, DC: International Society for Technology in Education.
Busyaeri, A., Tamsik, U. & Zaenuddin. (2016). Pengaruh Penggunaan Video Pembelajaran terhadap Peningkatan Hasil Belajar Mapel IPA di MIN Kroya Cirebon. Al Ibtida, 03(01), 116-137.
Cabi, Emine. (2018). The Impact of the Flipped classroom Model on Students' Academic Achievement [Electronic version]. International Review of Research in Open and Distributed Learning, 19(03).
Cahyani, R., Sarwono & Puguh, K. (2016). Penggunaan Media Video Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil belajar Materi Biosfer pada Siswa Kelas XI IPS MAN 2 Pontianak Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal GeoEco, 02(02), 198-207.
Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan. (2013). Komputer Akuntansi Jilid 1. Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta. 201 hal.
Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan. (2015). Panduan Penilaian pada
Sekolah Menengah Kejuruan. Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta.103 hal.
Garza, S.A. (2014). The Flipped Classroom Teaching Model and Its Use for Information Literacy Instruction [Electronic version]. Communications In Information Literacy, 08(01), 7-22.
Isjoni. (2009). Pembelajaran Kooperatif Meningkatkan Kecerdasan Komunikasi Antar Peserta Didik. Yogjakarta: Pustaka Pelajar.
Iswinar. (2018). Penerapan Strategi Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Komputer Akuntansi Kelas XI Akuntansi SMK Negeri 1 Banda Aceh Tahun Pelajarajan 2016/2017. Jurnal Media Inovasi Edukasi, 04(12).
Khasanah, F. (2016). Meningkatakan Keaktifan Belajar Siswa Melalui Model Kooperatif tipe STAD (Students Teams Achievement Division). Likhitaprajna. 18(02), 48-57.
Kurniasih, I. & Berlin, S. (2014). Implementasi Kurikulum 2013: Konsep dan Penerapan. Kata Pena: Surabaya.
Ozdamli, F & Asiksoy, G. (2016). Flippes Classroom Approach [Electronic version]. World Journal on Educational Technology: Current Issues, 08-(02), 98-105.
Patiung, A., Sri, M,. & Akbar S,. (2017). Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Matematika Siswa Melalui Pembelajaran STAD. Jurnal Pendidikan, 02(04), 540-549.
Ridho, M.R.A., Susilaningsih, & Sri S. (2015) Studi Komparasi Kemampuan Siswa dengan Menggunakan Model Direct Learning dan Model Problem Based Learning pada Mata Pelajaran Komputer Akuntansu Kelas XI Akuntansi Di SMKN 1 Sukoharjo. Tata Arta. 01(01), 59-72.
Saimun, Hanafi, & Alkusaeri. (2019). Implementation of Cooperative Learning Type STAD in Increasing Student Independence and Learning Outcomes [Electronic version]. International Journal Of Scientific & Technology Research, 08(01).
Sanjaya, W. (2009). Strategi Pembelajaran. Jakarta: Penanda Media Group.
Shohib, & Yeni A. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Flipped classroom terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Rancang Bangun Jaringan di SMK Negeri 3 Buduran Sidoarjo. Jurnal IT–Edu, 02(02), 26-35.
Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Subakti, A., & Cucu, S. (2018). Pengaruh Penggunaan Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Division) & Problem Solving Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Equilibrium, 15, 9-17.
Sudjana, N. (2014). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Trianto. (2007). Model Pembelajaran Terpadu Dalam Teori dan Praktis. Jakarta: Prestasi Pustaka
Umam, K.A., & Fakhruddin. (2016). Pengaruh Kesiapan Belajar terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Program Paket C. Jurnal of Non Forman Education. 2(02).
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Wahana Komputer. (2015). Langsung Praktik Komputerisasi Akuntansi dengan MYOB. Yogyakarta : ANDI.
Widowati H. (2016). Meningkatkan Prestasi Belajar Komputer Akuntansi (MYOB Accounting) dengan Metide Drill and Practice. Edudikara, 01(02), 24-33.
Yasir, M., & Elin K. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran STAD terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Akuntansi. Research and Development Journal Of Education, 02(01).
Yildirim, F. S., & Kiray, S. A. (2016). Flipped Classroom Model in Education. Research Highlights in Education and Science, 2, 1–8.
Yulietri, F., Mulyoto, & Leo A.S. (2015). Model Flipped Classroom dan Discovery Learning Pengaruhnya terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau Dari Kemandirian Belajar. Jurnal Teknologi Pendidikan Pasca Sarjana UNS, 13(02).
Zikri S, Amay S, & Tatang P. (2017). Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Latihan terhadap Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Teknologi Dasar Otomotif. Journal of Mechanical Engineering Education, 04(02).
DOI: https://doi.org/10.20961/jppak.v1i2.59243
Refbacks
- There are currently no refbacks.
|