PENGARUH PEMANFAATAN SARANA PRASARANA DAN ATMOSFER AKADEMIK TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) UNS
Abstract
ABSTRACT
This research aims to examine: (1) the influence of the use of infrastructure on the learning achievement of FKIP UNS students (2) the influence of the academic atmosphere on the learning achievement of FKIP UNS students (3) the influence of the use of infrastructure and academic atmosphere on the learning achievement of FKIP UNS students. This research uses quantitative descriptive methods. The population of this study included FKIP UNS students with a total of 7,472 students. The sampling technique in this research used proportionate random sampling technique and a research sample of 380 students was obtained. The data collection technique used in this research uses a questionnaire. The data analysis technique uses correlation regression analysis, namely multiple linear regression analysis. This is indicated by the F test significance value of 0.000 (Sig < 0.05). The regression equation model for these three variables is Y= 16,537+ 0.77X1+ 0.574X2.
Keywords: Facilities, Academic Atmosphere, Academic Achievement
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menguji: (1) pengaruh pemanfaatan sarana prasarana terhadap prestasi belajar mahasiswa FKIP UNS (2) pengaruh atmosfer akademik terhadap prestasi belajar mahasiswa FKIP UNS (3) pengaruh pemanfaatan sarana prasarana dan atmosfer akademik terhadap prestasi belajar mahasiswa FKIP UNS. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini meliputi mahasiswa FKIP UNS dengan total sebanyak 7.472 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik proportionate random sampling dan diperoleh sampel penelitian sebanyak 380 mahasiswa. Teknik pengambilan data yang digunakan penelitian ini menggunakan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi korelasi yaitu analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian ini adalah terdapat pengaruh signifikan antara pemanfaatan sarana prasarana dan atmosfer akademik terhadap prestasi belajar mahasiswa FKIP UNS. Model persamaan regresi dari ketiga variabel tersebut adalah Y = 16,537 + 0,077 X1 + 0,574X2.
Kata Kunci: Sarana Prasarana, Atmosfer Akademik, Prestasi Belajar
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.20961/jppak.v5i1.102652
Refbacks
- There are currently no refbacks.

|