PENGARUH TEMAN SEBAYA DAN LITERASI KEUANGAN TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF PESERTA DIDIK AKUNTANSI KEUANGAN LEMBAGA DI SMK X
Abstract
ABSTRACT
This research aims to examine the influence of peers and financial literacy on consumptive behavior among students of Financial Accounting at SMK X. This is a descriptive quantitative research employing a questionnaire-based design distributed to respondents, and then the data will be statistically processed using SPSS V.29 for Windows software. The population of this study consists of 320 students of Financial Accounting at SMK X, with a sample size of 178 using Stratified Random Sampling technique. Based on the research findings, it can be concluded that (1) peers significantly influence consumptive behavior, as evidenced by the obtained t-value of 4.058 with a significance of 0.000, (2) financial literacy significantly influences consumptive behavior, as evidenced by the obtained t-value of 4.262 with a significance of 0.000, (3) peers and financial literacy simultaneously significantly influence consumptive behavior, as evidenced by the obtained F-value of 29.950 with a significance of 0.000. The regression line equation model for the three variables is Y = 23.893 + 0.295 X1 + 0.590 X2.
Keywords: Peer Influence, Financial Literacy, Consumptive Behavior
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh teman sebaya dan literasi keuangan terhadap perilaku konsumtif pada peserta didik Akuntansi Keuangan Lembaga di SMK X. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif dengan design menggunakan kuesioner yang disebarkan kepada responden kemudian data akan diolah secara statistik dengan menggunakan software SPSS V.29 for windows. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 320 peserta didik Akuntansi Keuangan Lembaga di SMK X dengan teknik pengambilan sampel menggunakan Stratified Random Sampling sebanyak 178 sampel. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa (1) teman sebaya memberikan pengaruh yang signifikan terhadap perilaku konsumtif. Hal ini dibuktikan dengan penilaian perolehan t hitung = 4,058 dengan signifikansi 0,000, (2) literasi keuangan berpengaruh secara signifikan terhadap perilaku konsumtif. Hal ini dibuktikan dengan penilaian perolehan t hitung = 4,262 dengan signifikansi 0,000, (3) teman sebaya dan literasi keuangan secara simultan berpengaruh secara signifikan terhadap perilaku konsumtif. Hal ini dibuktikan dengan penilaian perolehan F hitung = 29,950 dengan signifikansi 0,000. Model persamaan fungsi garis regresi dari ketiga variabel tersebut adalah Y = 23,893+ 0,295 X1 + 0,590 X2.
Kata Kunci: Teman Sebaya, Literasi Keuangan, Perilaku Konsumtif
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.20961/jppak.v5i1.102638
Refbacks
- There are currently no refbacks.

|