Penerapan Bimbingan Kelompok Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amalia, Galuh Rizky & Tyas, Agustina. (2020). Efektivitas Model Problem Based Learning Berbasis Daring terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V Sekolah Dasar. Maluku Utara: Universitas Bumi Hijrah.
Anggreani, Meylinda. (2015). Pengaruh Penerapan Metode Diskusi Kelompok dalam Pembelajaran Matematika Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VII SMP Negeri 5 Kota Cirebon. Cirebon: IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
Cottrell, Stella. (2012). Palgrave Study Skills, Critical Thinking Skills: Developing Effective Analysis and Argument, Second Edition. New York: Palgrave Mac Millan
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. (2008). Penataan Pendidikan Profesional Konselor dan Layanan Bimbingan dan Konseling dalam Jalur Pendidikan Formal. Diperbanyak oleh
Jurusan PPB FIP UPI untuk lingkungan terbatas.
Fisher, A. (2009). Berpikir Kritis Sebuah Pengantar. Jakarta: Penerbit Erlangga
Glazer, Evan. (2001). Problem Based Instruction. In M. Orey (Ed) Emerging Perspective On Learning, Teaching, and Technology. (Online) http://www.coe.uga.edu/epltt/Proble
mBasedInstrct.htm
Hadi Maula, MH. (2016). Peningkatan Hasil Belajar dan Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Kelas V pada Materi Satuan Jarak dan Kecepatan Melalui Pembelajaran Kontekstual SDN Jamus 2. Jogyakarta: Universitas Sanata Dharma Jogjakarta
Harnes, Nindia. (2013). Penerapan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Diskusi Kelompok untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII di SMP Negeri Ngariboyo. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.
Haryanti, D.Y. (2017). Model Problem Based Learning Membangun Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Majalengka: Jurnal Cakrawala Pendas Universitas Majalengka
Kemmis, Stephen. & Mc. Taggart, Robin. (1992). The Action Research Planner. Victoria: Deakin University Press.
Kurniawati, Z. L. (2015). Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA Negeri Kota Batu pada
Mata Pelajaran Biologi. Prosiding Seminar Nasional Biologi/ IPA dan Pembelajarannya
(pp. 1677-1684). Malang: Universitas Negeri Malang.
M. Ibrahim dan Nur. (2005). Pengajaran Berdasarkan Masalah. Surabaya: University Press.
Direktorat Jenderal GTK. (2016). Pedoman Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling di SMA. Jakarta: Direktorat Jenderal GTK Kemdikbud RI
PJJ Universitas Indonesia. (2020). Pendidikan Jarak Jauh Universitas Indonesia, (online), https://pjj.ui.ac.id/ufaqs/sinkronus-atau-asinkronus/
Rusman, (2011). Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajagrafindo Persada
Subekti, Lilik. (2018). Penggunaan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Ketermapilan Berpikir Kritis Siswa SMP. Yogyakarta: Pohon Cahaya
Sucirahayu, Siska. (2015). Penerapan Model Problem Based Learning Pada Konsep Usaha dan Energi Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Berpikir Kreatif Siswa SMA. Aceh : Jurnal Pendidikan Sains Indonesia Universitas Syiah Kuala Banda Aceh
Susilowati. (2017). Analisis Keterampilan berpikir kritis Siswa Madrasah Aliyah Negeri di
Kabupaten Magetan. Seminar Nasional Pendidikan Sains Surakarta: Universitas Sebelas Maret, 223-231
Tan, O.S. (2003). Problem Based Learning Innovasion: Using Problem to Power Learning in 21 First Century. Singapore: Thomson Learning
Tan, O.S. (2004). Thinking about Thinking: Reflective Practice and Self Regulation, Walking the Talk Through PBL in Teacher Education. Singapore: Thomson Learning
Worrel, Judith. A. (2006). Critical Thinking As An Outcome of Context Based Learning Among Post RN Students: A Literature Review. Canada: Faculty of Nursing, University of Alberta
Zamroni & Mahfudz. (2009). Panduan Teknis Pembelajaran yang Mengembangkan Critical Thinking. Jakarta: Depdiknas
Refbacks
- There are currently no refbacks.