Pengembangan Panduan Perilaku Melayani dengan Teknik Self Monitoring Siswa SMA

Hendi Wahyu Pradana, Chadidjah Husain Abdat, Edy Legowo

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan prototipe-1 panduan pengembangan kebiasaan perilaku melayani dengan teknik self monitoring berbasis kajian teoritik dan empirik yang siap diuji validitas, kepraktisan dan keefektifannya: untuk siswa SMA. Penelitian ini menggunakan desain penelitian pengembangan (Research and Develpoment), namun hanya sampai pada tahap pra-pengembangan yaitu tahap pembuatan produk. Subjek penelitian ini adalah peserta didik SMA Negeri kelas X, XI dan XII se-eks Karesidenan Surakarta. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data tingkat kebutuhan dan kepentingan pengembangan diri peserta didik dan data mengenai perilaku melayani. Selain itu diperoleh pula data mengenai pengembangan kebiasaan perilaku melayani dan teknik self monitoring melalui studi literatur. Data yang didapatkan dari lapangan berupa data kebutuhan dan kepentingan peserta didik, perolehan data berdasarkan tiga responden yang terdiri dari peserta didik, guru bimbingan dan konseling serta orang tua. Hasil persentase kebutuhan dan kepentingan tertinggi akan dijadikan judul penelitian ini. Hasil penelitian ini terbagi menjadi tiga yaitu: Pertama, kajian empirik diperoleh data tingkat kebutuhan dan kepentingan peserta didik dari 3389 responden menghasilkan persentase 62,59% merasa sangat butuh, 35,05% merasa butuh dan 63,51% merasa sangat penting, 34,55% merasa penting terhadap pengembangan kebiasaan perilaku melayani terhadap orang tua, guru dan teman sebaya. Kedua, mengenai self monitoring meliputi pengertian self monitoring, tujuan self monitoring, langkah-langkah self monitoring, serta teknik pengumpulan data self monitoring. Ketiga, berdasarkan kajian empirik dan teoritis tersebut penelitian ini menghasilkan prototipe satu berupa“Panduan Pengembangan Kebiasaan Perilaku Melayani dengan Teknik Self Monitoring pada Peserta Didik Sekolah Menengah Atas”.

Keywords

Perilaku Melayani, Self Monitoring, Siswa SMA

Full Text:

PDF

References

Bakhtiar. (2003). Self Monitoring sebagai Strategi Belajar Metakognitif. Jurnal Ilmiah Guru COPE, 7(1), 1 - 6

Barbuto, J.E & Wheeler, D.W. (2006). Scale Development and Construct Clarification of Servant Leadership. Group & Organization Management, 31, 300 - 326. Dipetik 12 Oktober 2016 dari, http://leadershipeducators.org/

Baron, R.A. & Byrne, D. (2003). Social Psychology. Terj. Djuwita Ratna. Jakarta: Erlangga

Borg, W.R & Gall, M.D. (1983). Educational Research: An introduction (4th. ed). New York:

Longman Fiske, S.T & Taylor, S.E. (1991). Social Cognition (2nd. ed). Singapore: Mc Graw Hill International Editions

Gysbers, N.C. & Henderson, P. (2012). Developing & Managing Your School Guidance and Counseling Program (Fifth Edition). Alexandria: American Counseling Association

Kemendikbud. (2014). Lampiran Permendikbud Nomor 111 Tahun 2014 Tentang Bimbingan dan Konseling pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI

Nursalim, Mochamad. (2013). Strategi dan Intervensi Konseling. Jakarta Barat: Akademia Permata

Plomp. (2007). Educational Design Research:An Introduction to Educational Research. Enschede. Netherland: National Institute for Curriculum Development

Rafferty, L.A. (2010). Step-by-Step: Teaching Students to Self Monitor. Jurnal Teaching Exceptional Children, 43 (02), 50 - 58. Dipetik 14 Juni 2016 dari, https://spedchat.wikispaces.com

Robbins, S. P. (1996). Perilaku Organisasi: Konsep-Kontroversi-Aplikasi (Jilid 2). Jakarta: PT Prenhallindo Sarwono, S.W. & Meinarno, E.A. (2009). Psikologi Sosial. Jakarta: Salemba Humanika

Sears, D.O, Freedman J.L, & Peplau L.A (1994). Social Psychology 5th ed. Terj. Adryanto M. Jakarta: Erlangga

Sendjaya, S. & Sarros, J.C (2002). Servant Leadership:Its, origin, development, and application in organizations. Journal of Leadership and Organization Studies, 9. 57 - 64 Dipetik 12 Oktober 2016 dari, http://www.lead.fju.edu.tw

Snyder, M., & Gangestad, S. (1986). On The Nature of Self Monitoring: Matters of Assessment, Matters of Validity. Journal of Personality and Social Psychology, 51 (1), 125 - 135

Spears, L.C (2010). Character and Servant Leadership: Ten Characteristics of Effective, Caring Leaders. The Journal of Virtues & Leadership, 1. 25 - 30 Dipetik 12 Oktober 2016 dari, http://www.regent.edu

Sukmadinata, N.S. (2015). Metode Penelitian Pengembangan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset

Taylor, S.E, Peplau L.A, & Sears, D.O (1997). Social Psychology. New Jersey: Prentice-Hall Inc

Trompenaars, F. & Voerman, E (2010). Harnessing the strength of the world’s most powerful management philosophy: Servant Leadership across cultures. New York: McGraw-Hill

Workman, E.A. (1989). Teaching Behavioral Self Control to Student. Terj. Danusastro, S. Surakarta: Sebelas Maret University Press

Wright, Jim. (2013). How to Teach Students to Change Behaviors Through Self Monitoring. How the Common Core Works Series, 1 - 9. Dipetik 1 September 2016 dari, https://www.interventioncentral.org/

Refbacks

  • There are currently no refbacks.