Upaya guru tahfidz dalam meningkatkan hafalan juz 30 siswa melalui pelajaran BTQ di smk Baitussalam Pekalongan
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan upaya guru tahfidz dalam meningkatkan hafalan juz 30 siswa melalui pelajaran Baca Tulis Al-Qur'an (BTQ) di SMK Baitussalam Pekalongan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru tahfidz menggunakan beberapa strategi dalam pembelajaran BTQ, antara lain metode talaqqi, muraja'ah, dan penguatan motivasi melalui pendekatan spiritual dan emosional. Selain itu, pemberian tugas hafalan secara terstruktur dan pengawasan yang ketat juga menjadi faktor penting dalam keberhasilan hafalan siswa. Guru juga memanfaatkan teknologi seperti aplikasi Al-Qur'an digital untuk mempermudah akses dan memotivasi siswa dalam menghafal. Upaya ini terbukti efektif dalam meningkatkan hafalan juz 30 siswa, yang ditunjukkan dengan peningkatan jumlah siswa yang mampu menghafal dengan baik dan memahami makna dari ayat-ayat yang dihafal. Penelitian ini menyarankan perlunya dukungan berkelanjutan dari pihak sekolah dan orang tua untuk mencapai hasil yang lebih optimal dalam pembelajaran tahfidz Al-Qur'an.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ansori, Afif dkk. 2023 Upaya Guru Dalam Meningkatkan Kualitas Hafalan Alquran Juz. 30 Mata Pelajaran Tahfidz Melalui Metode Talaqqi Siswa Kelas X di MA Maarif Bumirestu. Tarbiyah Jurnal. Vol1. No1.
Arum, R. P. (2019). Implementasi metode Taqror Al Manhajydalam meningkatkan kualitas hafalan Quran siswa: studi kasus di Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak Forum Pembinaan Umat Lamongan dan di Lembaga Pendidikan Tahfidz Al-Qur'an Indonesia Lamongan. UIN Sunan Ampel Surabaya.
Hani, R. A. (2018). Metode Perlafass Tipkas Dalam Meningkatkan Kualitas Hafalan Al-Qur'an Santri Di Pondok Pesantren Modern Al Azhar MengantiGresik. EDU-RELIGIA: Jurnal Keagamaan Dan Pembelajarannya, 1(2), 29±37.
Hardi Tias Wijaya, Rahendra Maya, Unang Wahidin. 2019. Upaya Guru Tahfidz Dalam Meningkatkan Hafalan Al-Qur'an Siswa Kelas XI SMA Al Minhaj Bogor Tahun Ajaran 2018/2019. Jurnal Prosa PAI. Vol.2. No1
Hasanah, U. (2022). Problematika Guru Bahasa Indonesia Dalam Menyiapkan Materi Bahan Ajar Pada Masa Pandemi Di SMA Negeri 2 Balige
Jalil, A. F., & Alfurqan, A. (2022). Proses Pembelajaran Tahfidz Alquran Terhadap Peserta Didik. An-Nuha, 2(1), 50±65.
Mujiono, M Dahlan, B. (2022). Peran Guru PAI dalam Meningkatkan Kualitas Akhlak Perspektif Siswa. Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 6(2), 293303.
Muslim, M., Mulyanto, M., & Tahyudin, D. (2020). Peran Ustadzah dalam proses bimbingan menghafal Al-Qur'an pada anak usia dini di griya Qur'an Al Madani Kota Palembang. NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 7(2), 246±260.
Normawati, S., Sudirman Anwar, M. P. I., & Selpi Indramaya, M. P. I. (2019). Etika dan Profesi Keguruan. PT. INDRAGIRI DOT COM.
Nujia, L. (2020). Upaya Guru Tahfidz Dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal Al-Qur'an pada peserta didik MAN 3 Tulungagung
Prameswati, L.N. 2019. Analisis Kemampuan Baca Tulis Al-Quran Siswa Mts Dalam Perspektif Taksonomi Bloom. IAIN Kediri. 69-70.
Sahal Muhammad, Abdul Jalil, Fita Mustafida. (2022) Upaya Guru Tahfidz Dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal Alquran Siswa siswa Melalui Metode metode Taqrir di SMP Muhammadiyah 06 Dau Malang. Vicratina: Jurnal Ilmiah Keagamaan. Vol 7. No 8
Salsabila, Unik Hanifah, Robit Azam Jaisyurohman, Muhammad Tedi Wardani, Alicia Anderson Yuniarto, and Ninda Budi Yanti. 2020. Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Pribadi Akhlakul Karimah. Bintang Jurnal Pendidikan dan Sains. Vol2.No3.
Suriansyah. (2018). Pengaruh intensitas menghafal al-Quran santri yang mengikuti program tahfidz terhadap kecerdasan emosional di yayasan Ali Maksum Pondok Pesantren Krapyak Yogyakarta. Yogyakarta: Universitas Islam Indonesia.[5] Milson R, Coley A, Pravda V and Pravdova A 2004
Refbacks
- There are currently no refbacks.