Pengaruh Model Project Based Learning Berbasis Pembelajaran Diferensiasi Terhadap Creative Thinking Skill Dan Hasil Belajar Kognitif IPAS
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Putri, R. D. R., Ratnasari, T., Trimadani, D., Halimatussakdiah, H., Nathalia Husna, E., & Yulianti, W. (2022). Pentingnya Keterampilan Abad 21 Dalam Pembelajaran Matematika. Science and Education Journal (SICEDU), 1(2), 449–459. https://doi.org/10.31004/sicedu.v1i2.64 Lestari, S. (2021). Pengembangan Orientasi Keterampilan Abad 21 pada Pembelajaran Fisika melalui Pembelajaran PjBL-STEAM Berbantuan Spectra-Plus. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 6(3), 272–279. https://doi.org/10.51169/ideguru.v6i3.243 Itsnaini, N., Purwanto, P., & Ujianto, A. D. (2024). Classroom Innovation: A Study on the SPBL Model’s Role in Fostering Creative Thinking among Humanities Students Nurul. Future Space Studies in Geo-Education, 1(1), 31–45. http://ejurnal.budiutomomalang.ac.id/index.php/edubiotik/article/view/437 Setyawan, U. R., & Yuliani, Y. (2021). Pengembangan LKPD Berbasis Mind Mapping untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kreatif pada Materi Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 10(2), 412–417. https://doi.org/10.26740/bioedu.v10n2.p412-417 Pramestika, R. A., Suwignyo, H., & Utaya, S. (2020). Model Pembelajaran Creative Problem Solving pada Kemampuan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar Tematik Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 5(3), 361. https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i3.13263 Nurwahidin, M., Izzatika, A., Perdana, D. R., Haya, A. F., & Meilandari, A. (2024). Pengaruh Media Powerpoint Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Tematik. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 5, 17–23. https://doi.org/https://doi.org/10.37478/jpm.v5i1.3211 Nastiti, F. F., & Syaifudin, A. H. (2020). Hubungan Pemahaman Konsep Matematis Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Viii Smp N 1 Plosoklaten Pada Materi Lingkaran. PHI: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 8. https://doi.org/10.33087/phi.v4i1.80 Yuwanita, I., Dewi, H. I., & Wicaksono, D. (2020). Pengaruh Metode Pembelajaran Dan Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Ipa. Instruksional, 1(2), 152. https://doi.org/10.24853/instruksional.1.2.152-158 Putri, F. E., Hidayati, F., Lesmana S, O., Hubaybah, H., & Fitri, A. (2022). Penerapan Project Base Learning Dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar Untuk Mata Kuliah Pengendalian Vektor dan Binatang Penganggu. Biodik, 8(2), 128–135. https://doi.org/10.22437/bio.v8i2.17224 Ramadhani, A. (2023). Upaya Meningkatkan Sikap Disiplin Anak Usia Dini Melalui Pembelajaran Berbasis Project Based Learning Pada Kelompok A Di TK Trobayan Kalijambe Sragen Tahun 2022/2023. Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta. Tampubolon, R. A., Sumarni, W., & Utomo, U. (2021). Pengaruh Pembelajaran Daring dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3125–3133. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1291 Ramadhani, S. P., MS, Z., & Fahrurrozi, F. (2021). Analisis Kebutuhan Desain Pengembangan Model IPA Berbasis Project Based Learning Untuk Meningkatkan Berpikir Kritis Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 1819–1824. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1047 Dewi, M. R. (2022). Kelebihan dan kekurangan Project-based Learning untuk penguatan Profil Pelajar Pancasila Kurikulum Merdeka. Inovasi Kurikulum, 19(2), 213–226. https://doi.org/10.17509/jik.v19i2.44226 Hadi, W., Wuriyani, E. P., Yuhdi, A., & Agustina, R. (2022). Desain Pembelajaran Diferensiasi Bermuatan Problem Based Learning (Pbl) Mendukung Critical Thinking Skill Siswa Pada Era Kenormalan Baru Pascapandemi Covid-19. Basastra, 11(1), 56. https://doi.org/10.24114/bss.v11i1.33852 Rahayu, F. F., Shafira, I., Avivi, A. A., Saptariana, M., & Purnama, A. (2023). Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Mata Pelajaran Biologi Materi Ekosistem Kelas X Sma. Jurnal Pendidikan Sejarah Dan Riset Sosial Humaniora, 3(3), 244–250. https://ejournal.penerbitjurnal.com/index.php/humaniora/article/view/315 Alhafiz, N. (2022). Analisis Profil Gaya Belajar Siswa untuk Pembelajaran Berdiferensiasi di SMP Negeri 23 Pekanbaru. J-Abdi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(8), 1913–1922. Anggraini, P. D., & Wulandari, S. S. (2020). Analisis Penggunaan Model Pembelajaran Project Based Learning Dalam Peningkatan Keaktifan Siswa. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 9(2), 292–299. https://doi.org/10.26740/jpap.v9n2.p292-299 Naibaho, D. P. (2023). Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi Mampu Meningkatkan Pemahaman Belajar Peserta Didik. Journal of Creative Student Research (JCSR), 1(2), 81–91. Lema, Y., Nurwahyunani, A., Hayat, M. S., & Rachmawati, F. (2023). Pembelajaran Berdiferensiasi dengan Model PJBL Materi Bioteknologi Untuk Mengembangkan Ketrampilan Kreativitas Dan Inovasi Siswa SMP. Journal Of Social Science Research, 3(3), 7229–7243. Octaviyani, I., Kusumah, Y. S., & Hasanah, A. (2017). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Melalui Model Project-Based Learning Dengan Pendekatan STEM. The Encyclopedia of Medieval Literature in Britain, 1, 1–3. https://doi.org/10.1002/9781118396957.wbemlb237 Handhika, D., Santoso, & Ismaya, E. A. (2021). Pengaruh Model Project Based Learning dan Problem Based Learnng Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Educatio, 7(4), 1544–1550. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i4.1449 Oktaya, I., & Panggabean, E. M. (2022). Ketepatan dan Efektivitas Penggunaan Teori Belajar dalam Pembelajaran Matematika dengan Model Project Based Learning pada Kurikulum Merdeka Belajar. Journal of Mathematics in Teaching and Learning, 01(1), 10–14. Lailia, D. R., & Khuzaini, M. (2024). Penerapan Model Project Based Learning ( PjBL ) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Ciri- Ciri Makluk Hidup Kelas III SDN Sumberwangi. 1(2). https://doi.org/10.60041/ijisl Purwowidodo, A., & Zaini, M. (2023). Teori Dan Praktik Model Pembelajaran Berdiferensiasi Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar (M. Fathurroman (ed.); 1st ed.). Penebar Media Pustaka. Dewi, N., & Sari, P. (2022). Penggunaan Teori Kognitivisme dalam Proses Pembelajaran di MIN 1 Lebong. Darajat: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 5(2), 133–138. https://doi.org/10.58518/darajat.v5i2.1412 Muzakki, H. (2021). Teori Belajar Konstruktivisme Ki Hajar Dewantara serta Relevansinya dalam Kurikulum 2013. Southeast Asian Journal of Islamic Education Management, 2(2), 261–282. https://doi.org/10.21154/sajiem.v2i2.64 Pangestu, N. S., & Hasti Yunianta, T. N. (2019). Proses Berpikir Kreatif Matematis Siswa Extrovert dan Introvert SMP Kelas VIII Berdasarkan Tahapan Wallas. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 215–226. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i2.472 Suranti, N. M. Y., Gunawan, G., & Sahidu, H. (2017). Pengaruh Model Project Based Learning Berbantuan Media Virtual Terhadap Penguasaan Konsep Peserta didik pada Materi Alat-alat Optik. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 2(2), 73–79. https://doi.org/10.29303/jpft.v2i2.292 Insani, N., Fadiawati, N., Rudibyani, R. B., & Fauzi Syamsuri, M. M. (2018). Using Project-Based Learning in Improving Students’ Critical Thinking Skills to Separate of Mixtures. International Journal of Chemistry Education Research, 2(37), 84–88. https://doi.org/10.20885/ijcer.vol2.iss2.art5 Nagarajan, S., & Overton, T. (2019). Promoting Systems Thinking Using Project- And Problem-Based Learning [Research-article]. Journal of Chemical Education, 96, 2901–2909. https://doi.org/10.1021/acs.jchemed.9b00358 Nugroho, A. E., & Dewi, S. E. P. (2022). Implementation Of Project Based Learning (PjBL) Method On Music Learning In Junior High School Regina Pacis Surakarta. Jurnal Seni Musik, 11(1), 102–111. https://doi.org/10.15294/jsm.v11i1.56645 Ida, S., Aziz, R., & Irawan, W. H. (2021). Critical and Creative Thinking Skills To Solving Math Story Problems in Elementary School Students. Jurnal Tatsqif, 19(2), 98–113. https://doi.org/10.20414/jtq.v19i2.4069 Erika, E. (2020). Implementation Of Project Based Learning (PjBL) Models In Science Learning In Elementary Schools. In Social, Humanities, and Educational Studies (SHES): Conference Series, 5(July), 1–23. Niswara, R., Muhajir, M., & Untari, M. F. A. (2019). Pengaruh model project based learning terhadap high order thinking skill. Mimbar PGSD Undiksha, 7(2), 85–90. Amrilizia, N., Dewi, N. K., & Ratnawati, S. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas VII Menggunakan Model Project Based Learning ( PjBL ) dengan Strategi Diferensiasi Melalui Metode Lesson Study pada Topik Bumi dan Tata Surya. Seminar Nasional Sosial Sains, Pendidikan, Humaniora (SENASSDRA), 2(2), 107–120. Andriana, E., Rokmanah, S., & Aprilia, L. (2023). Analisis tingkat konsentrasi belajar peserta didik dalam proses pembelajaran di sd negeri tembong 2. Holistika Jurnal Ilmiah Pgsd, 7(1), 1–5. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/holistika/article/view/14653 Sopianti, D. (2023). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Mata Pelajaran Seni Budaya Kelas XI Di SMAN 5 Garut. KANAYAGAN Journal of Music Education, 1(1), 1–8. Irawati, I., Ilhamdi, M. L., & Nasruddin, N. (2021). Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Pijar Mipa, 16(1), 44–48. https://doi.org/10.29303/jpm.v16i1.2202 Levina, J., Yarmi, G., & Soekisno, R. B. A. (2022). Pengaruh Model Problem-Based Learning and Cooperative Learning Tipe Think-Pair-Share Ditinjau Dari Gaya Belajar Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas 2 Sd Abc [the Effect of the Think-Pair-Share Type of Problem-Based Learning and Cooperative Lear. Polyglot: Jurnal Ilmiah, 18(1), 97. https://doi.org/10.19166/pji.v18i1.4406
Refbacks
- There are currently no refbacks.