Penanaman nasionalisme melalui pembelajaran budaya lokal di sekolah dasar Solafide Semarang

Welius Purbonuswanto, Mulyanto Darmowiyono

Abstract

 The research aims to instill Nationalist values through learning various local cultures of the local tribes in the Semarang Regency, West Nusa Tenggara. This research was conducted with a descriptive qualitative approach, and took the subject of primary school research at SD Solafide, Semarang Regency, by taking the school as a role model for inculcating the values of Nationalism through learning local culture. From the results of the study, it can be explained that the cultivation of nationalist values through learning local culture in elementary schools, especially Solafide Elementary School, is still not optimal and uneven. Most of the school teachers have not been conditioned to introduce the various cultures that are owned by the local tribes. This is evidenced that most elementary school students at SD Solafide are not familiar with the diverse local cultures. Elementary school students better understand and memorize dances of western, Indian, Korean and so on than local arts; then students are more familiar with various types of foreign food, more familiar with western culture than local local culture.

Keywords

local culture, nationalism, education, elementary school

Full Text:

PDF

References

Nurhakim, A. 2019. Peran Guru PAI Dalam Menanamkan Pengamalan Nilai-Nilai Pancasila dan Nasionalisme pada Siswa di SMAN 6 dan 18 Kabupaten Tangerang. UIN Smh Banten.

Aswasulsikin, A. 2017. Partisipasi Masyarakat Desa Dalam Pembangunan Pendidikan. Deepublish.

Gibson-Robinson, C., & Soedirdja, H. 2016. Transgressive development of Miocene reefs, Salawati Basin, Irian Jaya.

Haryono, A. 2009. Authentic assessment dan pembelajaran inovatif dalam pengembangan kemampuan siswa. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 2(1), 1–10.

Ramdhani, S., Yuliastri, N. A., Sari, S. D., & Hasriah, S. 2019. Penanaman Nilai- Nilai Karakter melalui Kegiatan Storytelling dengan Menggunakan Cerita Rakyat Lokal pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 153–160.

Anwar Rifai , Sucihatiningsih Dian Wisika Prajanti , Moh Yasir Alimi 2017. Pembentukan Karakter Nasionalisme melalui Pembelajaran Pendidikan Aswaja pada Siswa Madrasah Aliyah Al Asror Semarang. Journal of Educational Social Studies. VOL 6 NO 1: JUNI 2017

Siswoyo, D. 2013. Philosophy of education in Indonesia: Theory and thoughts of institutionalized state (Pancasila). Asian Social Science, 9(12), 136.

Alfaqi, M. Z. 2015. Memahami Indonesia Melalui Prespektif Nasionalisme, Politik Identitas, Serta Solidaritas. Jurnal Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 28(2).

Dewantara, A. W. 2016. Gotong-Royong Menurut Soekarno Dalam Perspektif Aksiologi Max Scheler, Dan Sumbangannya Bagi Nasionalisme Indonesia. Universitas Gadjah Mada.

Purwanto, B. 2011. Memahami Kembali Nasionalisme Indonesia. Jurnal Ilmu Sosial Dan Politik, 4(2001).

Kemendikbud, S. J. 2016. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar.

Affan, M. H. 2016. Membangun kembali sikap nasionalisme bangsa Indonesia dalam menangkal budaya asing di era globalisasi. Jurnal Pesona Dasar, 3(4).

Fibrianto, A. S., & Bakhri, S. 2017. Pelaksanaan Aktivitas Ekstrakurikuler Paskibra (Pasukan Pengibar Bendera) Dalam Pembentukkan Karakter, Moral Dan Sikap Nasionalisme Siswa Sma Negeri 3 Surakarta. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 2(2), 75–93.

Setiawan, D. 2017. Kontribusi Tingkat Pemahaman Konsepsi Wawasan Nusantara terhadap Sikap Nasionalisme dan Karakter Kebangsaan. JUPIIS: Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 9(1), 20–33.

Pawitro, U. 2011. Prinsip-Prinsip “Kearifan Lokal” Dan Kemandirian “Berhuni” Pada Arsitektur Rumah Tinggal “Suku Lokal” Di Kabupaten Semarang Barat. Simposium Nasional RAPI X FT UMS. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta, 1–9.

Murahim, N. F. N. 2019. Nilai-Nilai Budaya Lokal Kemidi Rudat Kabupaten Semarang: Perspektif Hermeneutika. Mabasan, 5(2)

Siregar, S. M., & Nadiroh, N. 2016. Peran Keluarga Dalam Menerapkan Nilai Budaya Suku Lokal Dalam Memelihara Lingkungan. Jurnal Green Growth Dan Manajemen Lingkungan, 5(2), 28–40.

Setyosari, H. P. 2016. Metode penelitian pendidikan & pengembangan. Prenada Media.

Sugiyono, P. 2011. Metodologi penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Alpabeta, Bandung.

Aswasulasikin, A, Ibrahim, D. S. M., & Hadi, Y. A. 2020. Menciptakan Lingkungan Ramah Literasi Melalui Pelibatan Masyarakat dan Orang Tua. Jurnal Dimaswadi, 1(1), 1–7.

Aswasulasikin, Dwiningrum, S. I. A., & Sumarno, S. 2015. Tuan Guru Sebagai Tokoh Pembangunan Pendidikan di Pedesaan. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi, 3(1), 1–10.

Indriani, S. 2013. Penanaman Nilai-Nilai Nasionalisme Melalui Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (Studi Kasus di MTs Negeri Surakarta II Tahun 2013). Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Marwati, E., Prihartanti, N., & Hertinjung, W. S. 2016. Pelatihan Berpikir Optimis untuk Meningkatkan Harga Diri pada Remaja di Panti Asuhan. Indigenous: Jurnal Ilmiah Psikologi, 1(1), 23–31.

Irhandayaningsih, A. 2012. Peranan Pancasila dalam menumbuhkan kesadaran nasionalisme generasi muda di era global. Humanika, 16(9).

Musafiyono, W., & Setyowati, R. N. 2014. Peran Orang Tua Dalam Menumbuhkan Nasionalisme Pada Anak Usia Sekolah Dasar (Di Perumahan Griya Kencana, Desa Mojosarirejo, Kecamatan Driyorejo, Kabupaten Gresik). Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 3(2), 1076–1094.

Muthoharoh, A. I. 2012. Pendidikan nasionalisme melalui pembiasaan di SD Negeri Kuningan 02 Semarang Utara. Universitas Negeri Semarang.

Putri, A. S. H. 2018. Penanaman nilai nasionalisme melalui kegiatan upacara hari senin pada siswa SMP negeri 3 Sawit kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2017/2018. Surakarta: Universitas Muhamadiyah Surakarta.

Ramdhani, S., Yuliastri, N. A., Sari, S. D., & Hasriah, S. 2019. Penanaman Nilai- Nilai Karakter melalui Kegiatan Storytelling dengan Menggunakan Cerita Rakyat Lokal pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 153–160.

Zubair, M., Ismail, M., & Alqadri, B. 2019. Rekonstruksi Nilai Pancasila Dengan Pendekatan Local Wisdom Masyarakat Lokal Sebagai Upaya Penyelamatan Identitas Nasional Melalui Mata Kuliah Kewarganegaraan Di Universitas Mataram (Studi deskriftif di Nusa Tenggara Barat). Jurnal Ilmiah Pena: Sains Dan Ilmu Pendidikan, 1(2), 1–8.

Faiziyah, A. 2017. Transforamsi Nilai-Nilai Religius dalam Pembentukan Karakter; Studi Kasus Pada Siswa Smk Arrahmah Purwotengah Papar Kediri. Jurnal Intelektual: Jurnal Pendidikan Dan Studi Keislaman, 7(1), 12–21.

Setiawan, D. 2017. Kontribusi Tingkat Pemahaman Konsepsi Wawasan Nusantara terhadap Sikap Nasionalisme dan Karakter Kebangsaan. JUPIIS: Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 9(1), 20–33

Refbacks

  • There are currently no refbacks.