Kesulitan konsep materi keanekaragaman suku bangsa dan budaya pada pembelajaran daring peserta didik kelas IV sekolah dasar
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
[1] L. Qurrotaini, N. Khusnussyifa, V. H. Sundi, &, and L. Nurmalia, “Analisis Faktor Hambatan Penerapan IPS di SD pada Pembelajaran Daring,” Semin. Penelit. LPPM UMJ, vol. 1, no. 1, pp. 1–10, 2020, [Online]. Available: https://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaslit/article/view/7871/4683.
[2] H. A. Rigianti, “Kendala Pembelajaran Daring Guru Sekolah Dasar di Banjarnegara,” Elem. Sch. J. Pendidik. dan Pembelajaran ke-SD-an, vol. 7, no. 2, 2020.
[3] K. A. Winata, Q. Y. Zaqiah, Supiana, and Helmawati, “Kebijakan Pendidikan di Masa Pandemi,” Adm. Pendidik. J., vol. 4, no. 1, pp. 1–6, 2021, [Online]. Available: http://dx.doi.org/10.1016/j.encep.2012.03.001.
[4] W. A. F. Dewi, “Dampak COVID-Dewi, W. A. F. (2020). Dampak COVID-19Dewi, W. A. F. (2020). Dampak COVID-Dewi, W. A. F. (2020). Dampak COVID-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55–61. https://doi.org/10.31,” Edukatif J. Ilmu Pendidik., vol. 2, no. 1, pp. 55–61, 2020.
[5] E. M. Yeni, “Kesulitan Belajar Matematika Di Sekolah Dasar,” Jupendas, vol. 2, no. 2, pp. 1–10, 2015.
[6] I. U. Wedarijaksa, J. Erifka, and T. Makhshun, “Terhadap Prestasi Belajar Fiqih Siswa Ma Ihyaul Ulum Wedarijaksa , Pati Difficulty of Learning and Its Effect on Student Achievement of Achievement in Ma,” pp. 137–151, 2019.
[7] G. C. Nurani, I. G. Meter, and I. G. A. O. Negara, “ANALISIS KESULITAN-KESULITAN BELAJAR IPS SISWA KELAS IV DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DI SD PILOTING Universitas Pendidikan Ganesha e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha,” e-Journal PGSD Univ. Pendidik. Ganesha, vol. 3, no. 1, 2015.
[8] K. Utomo, A. Y. Soegeng, I. Purnamasari, and H. Amaruddin, “Pemecahan Masalah Kesulitan Belajar Siswa pada Masa Pandemi Covid19,” Mimb. PGSD Undiksha, vol. 9, no. 1, p. 1, 2021, doi: 10.23887/jjpgsd.v9i1.29923.
[9] Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta, 2011.
[10] M. Rahardjo, “Studi Kasus Dalam Penelitian Kualitatif: Konsep dan Prosedurnya,” Article, pp. 6–18, 2017.
[11] U. Prihatsanti, S. Suryanto, and W. Hendriani, “Menggunakan Studi Kasus sebagai Metode Ilmiah dalam Psikologi,” Bul. Psikol., vol. 26, no. 2, p. 126, 2018, doi: 10.22146/buletinpsikologi.38895.
[12] dan S. H. Angi St. Anggari, Afriki, Dara Retno Wulan, Nuniek Puspitawati, Lely Mifthachul Khasanah, Buku Guru SD/MI Kelas IV Tema 1 Indahnya Kebersamaan Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud, 2017.
[13] E. K. Hasibuan, “Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa Pada Pokok Bahasan Bangun Ruang Sisi Datar Di Smp Negeri 12 Bandung,” AXIOM J. Pendidik. dan Mat., vol. 7, no. 1, pp. 18–30, 2018, doi: 10.30821/axiom.v7i1.1766.
[14] Rahmah, “Studi Deskriptif tentang Faktor Penyebab Kesulitan Belajar pada Siswa Kelas X IPS 1 di SMA Negeri 4 Banjarmasin,” J. Pelayanan Bimbing. dan Konseling, vol. 2, no. 2, 2020.
[15] I. A. Mu’arifah, “Upaya Meningkatkan Keterampilan dan Prestasi Belajar Siswa dengan Metode Make a Match dan Picture and Picture pada Mata Pelajaran IPS Kelas I Sekolah Dasar,” J. Pendidik. Dasar, vol. 9(2), pp. 1–5, 2021.
[16] D. Ayuni, T. Marini, M. Fauziddin, and Y. Pahrul, “Kesiapan Guru TK Menghadapi Pembelajaran Daring Masa Pandemi Covid-19,” J. Obs. J. Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 5, no. 1, p. 414, 2020, doi: 10.31004/obsesi.v5i1.579.
[17] Z. A. Basa and H. Hudaidah, “Perkembangan Pembelajaran Daring terhadap Minat Belajar Matematika Siswa SMP pada Masa Pandemi COVID-19,” Edukatif J. Ilmu Pendidik., vol. 3, no. 3, pp. 943–950, 2021, doi: 10.31004/edukatif.v3i3.461.
[18] Y. Khurriyati, F. Setiawan, and L. B. Mirnawati, “Dampak Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar Siswa Mi Muhammadiyah 5 Surabaya,” J. Ilm. Pendidik. Dasar, vol. 8, no. 1, p. 91, 2021, doi: 10.30659/pendas.8.1.91-104.
[19] A. S. Syarifudin, “Impelementasi Pembelajaran Daring Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Sebagai Dampak Diterapkannya Social Distancing,” J. Pendidik. Bhs. dan Sastra Indones. Met., vol. 5, no. 1, pp. 31–34, 2020, doi: 10.21107/metalingua.v5i1.7072.
[20] S. M. Saputri, Rukayah, and Matsuri, “Analisis kesulitan belajar melalui pembelajaran daring di kelas IV sekolah dasar,” J. Ilm. Pendidik., vol. 7, no. 4, 2021.
[21] M. Turmuzi, A. S. H. Dasing, Baidowi, and Junaidi, “Analisis Kesulitan Belajar Mahasiswa Secara Online (E-Learning) Selama Masa Pandemi Covid-19,” Edukatif J. Ilmu Pendidik., vol. 3, no. 3, pp. 900–910, 2021.
[22] D. H. Schunk, Learning Theories an Educational Perspective Sixth Edition. Pearson, 2012.
[23] A. Rahmawati, Chumdari, and Karsono, “Analisis Penggunaan Media Dalam Pembelajaran Tematik Ditinjau Dari Teori Belajar Konstruktivisme Di Kelas V Sekolah Dasar,” Didakt. Dwija Indria, vol. 9, no. 1, pp. 1–6, 2021, [Online]. Available: https://jurnal.uns.ac.id/JDDI/article/view/48975.
Refbacks
- There are currently no refbacks.